Blogging & Writing

Menerbitkan Buku Best – Seller dari Sebuah Blog

HijUP Talk 2
Written by Arry Rahmawan

Sekitar tahun 2008, pada waktu itu saya sedang berjalan – jalan di sebuah toko buku di Jakarta. Mata saya tertuju pada sebuah buku humor best – seller dengan judul ‘Kambing Jantan’. Saya mengambil sebuah buku yang sudah terbuka, dan menyadari bahwa dari gaya tulisannya buku ini diangkat dari sebuah blog personal dari seseorang bernama Raditya Dika.

“Wah, ternyata menerbitkan buku best – seller itu bisa berawal dari sebuah blog ya?” Kemudian muncul di pikiran saya, kelak suatu saat saya ingin deh membuat sebuah blog yang kemudian diangkat juga jadi sebuah buku. Tapi, mungkin ga ya? Ya namanya juga mimpi, boleh dong. Hehehe…

Sampai akhirnya saya memulai sebuah blog yang sederhana di awal tahun 2012. Tepatnya pada waktu itu bulan Januari. Di blog tersebut saya mulai mencurahkan segala perasaan, perkataan, uneg – uneg, namun tetap dibungkus dengan gaya bahasan inspirasi (biar bisa diserap juga manfaatnya kepada pembaca). Saya pun lupa bahwa pernah memiliki impian menerbitkan buku dari blog.

Hingga akhirnya pada pertengahan 2012, di mana saya sedang aktif dalam Komunitas Tangan Di Atas dan menjadi seorang praktisi bisnis perlahan sedikit demi sedikit mulai mengarahkan isi blog saya pada tips dan trik bisnis. Namun, tips dan trik bisnis ini tidak sembarangan. Tips dan trik bisnis yang saya tuliskan adalah bagaimana caranya kita bisa menyeimbangkan prestasi bisnis dan kuliah. Karena pada waktu itu saya juga sedang aktif – aktifnya kuliah sambil berbisnis. Di situlah kemudian saya menuliskan suatu istilah baru : ‘Studentpreneur’. Yap, blog saya banyak tentang tips dan trik Studentpreneur karena waktu itu saya hanya menuliskan apa yang saya pelajari sehari – hari.

Beberapa tulisan yang populer pada waktu itu adalah:

Serta masih banyak lagi tulisan – tulisan mengenai studentpreneur yang menarik lainnya. Bagi Anda yang ingin membaca arsip tulisan saya tentang Studentpreneur dan Entrepreneurship, silakan buka saja bagian Productive Entrepreneur. Ada banyak tulisan mengenai entrepreneurship di blog ini, bahkan lebih dari 100.

Pada akhir tahun 2012, tiba – tiba saya mendapatkan email dari salah satu editor penerbit terkemuka di Indonesia. Dalam email tersebut, editor menyatakan tertarik untuk membukukan blog saya, mengenai Studentpreneur! Wah, benar – benar rezeki yang tidak disangka – sangka. Mungkin ini kali ya yang dinamakan rezeki anak soleh, hehehe… ^^

Tentu saja, saya mau sekali untuk menjadikan apa yang ada di blog ini menjadi sebuah buku fisik yang keren. Langsung deh pada waktu itu saya targetkan bahwa buku ini menjadi best-seller. Dengan perjuangan ‘mengandung’ selama 10 bulan, akhirnya lahir juga buku saya yang berjudul ‘Studentpreneur Guidebook’ pada bulan Oktober 2013. Pada pertengahan tahun 2014, buku ini dinyatakan best-seller di berbagai kota di Indonesia dan dalam waktu singkat sudah terjual sebanyak lebih dari 3,500 eksemplar dan bisa dikatakan sebagai sebuah buku best-seller (alhamdulillah). Mengenai buku saya, silakan baca selengkapnya di sini:

Oke deh, mungkin ceritanya cukup sampai di sini. Karena dalam tulisan ini sebenarnya justru saya ingin berbagi kepada Anda mengenai bagaimana cara agar kita bisa mengubah blog menjadi sebuah buku best-seller. Tulisan ini merupakan intisari dari sebuah Twittalk yang saya lakukan bersama dengan @HijUp, di mana pada 25 Juni 2015 lalu saya diwawancara dengan topik yang sama: ‘Dari Blog Menjadi Buku Best Seller’. Saya pikir jika saya menuliskannya kembali manfaatnya menjadi lebih luas bagi pembaca semuanya.

Untuk melihat pertanyaan aslinya, Anda bisa mengunjungi Favorites akun Twitter saya di @ArryRahmawan lalu mencari entri dengan hashtag #HijUpTalk.

HijUP Talks

Apa aja sih isi wawancaranya? Berikut ini adalah petikan – petikannya.

Kak @ArryRahmawan, bisa ceritakan bagaimana bisa ‘kecanduan’ nge-blog? Mulainya dari kapan?

Awal ketertarikan saya dengan blogging itu sebenarnya dimulai dari tahun 2007. Pada waktu itu saya memulai blog tentang ilmu komputer karena passion. Pengunjungnya lumayan banyak pada waktu itu sampai akhirnya mati di tahun 2009 karena tidak sempat saya urus. Pada tahun 2012 saya mulai banyak sharing tentang entrepreneurship dan di tahun 2015 saya ganti brand blog saya jadi ngebahas tentang produktivitas hidup. Intinya sih blog pengembangan diri.

Saya berpikir, dalam hidup ini kita harus banyak berkarya. Namun, karena saya tidak punya banyak modal dan cuma bisa nulis – nulis ringan, akhirnya saya putuskan bahwa blogging jadi ajang saya berkarya. Di awal ngeblog karena blognya masih sepi tulisan, akhirnya saya buat program One Day One Article di mana saya menulis blog setiap hari satu artikel. Karena program itulah, selama 3 bulan saya jadi memiliki kebiasaan menulis blog. Awal mula pengunjung itu cuma ada 1 – 3 orang, sekarang sudah lebih dari 1,000 orang per harinya.

Berawal dari One Day One Article dan sekarang jadi kecanduan nge-blog! Lalu, adakah role model penulis atau blogger favorit @ArryRahmawan?

Sejak dulu sebelum blog saya seperti sekarang, saya banyak belajar dari kak @salsabeela tentang bagaimana menjadi seorang blogger yang keren. Saya juga terinspirasi dari penulis muda, @alandakariza. Bahkan kalau dilihat, model buku Studentpreneur Guidebook saya agak mirip dengan buku Dream Catcher nya Alanda. Hehe..

Lalu, bagaimana hanya dengan blog, kak @ArryRahmawan bisa menjadi seorang penulis buku best-seller?

Sejak awal, memang saya ingin bisa membuat sebuah blog yang outstanding atau dilirik oleh banyak orang, atau penerbit. Jadi memang sejak awal kita perlu punya impian yang jelas. Maka dari itu, saya banyak berguru dari Darren Rowse, seorang blogger Australia yang banyak membantu saya membuat blog yang layak ‘dilirik’. Mulai dari mencari ide, membuat tulisan yang baik, sampai memasarkan tulisan tersebut. Pelajari caranya di sini. Intinya sih ya kerja keras juga, mengiringi doa dan impian dengan usaha.

Hingga akhirnya usaha itu membuahkan hasil pada November 2012 saya dihubungi oleh GagasMedia untuk menerbitkan sebuah buku best-seller, Studentpreneur Guidebook.

Intinya memang kita perlu fokus, konsisten, sabar, serta menawarkan keunikan di blog kita. Kerapian desain blog kita juga penting. Semua itu butuh proses dan tidak instan. Kebanyakan kesalahan fatal dari seorang blogger pemula adalah tidak sabaran dan ingin dapat hasilnya langsung. Saat hasilnya belum muncul, maka yang ada adalah rasa kecewa. Saya sendiri menanti 12 – 16 bulan agar blog ini kemudian dilirik penerbit untuk bisa diterbitkan.

Maka dari itu, meluruskan niat juga memegang kunci penting dalam keberlangsungan sebuah blog. Luruskan niat untuk berbagi manfaat kepada orang banyak. Sehingga apapun yang terjadi, blog kita akan terus-menerus update.

Menarik sekali! Jadi intinya kita harus konsisten dan sungguh yah, karena memang tidak ada sesuatu yang instan! Kalau begitu, sejak 2007, apa aja sih suka dan duka yang dialami sebagai seorang blogger?

Banyak sekali suka duka yang saya alami sebagai seorang blogger. Namun, agar lebih menarik dan menimbulkan rasa penasaran, saya menyimpan jawaban saya untuk pertanyaan ini dan jawaban dari 3 pertanyaan lanjutan di tulisan sambungannya : Menerbitkan Buku Best – Seller dari Sebuah Blog Bagian 2 yang insyaAllah akan saya terbitkan pada hari Senin (13/7) nanti.

Kalau dari Anda sendiri, apakah memiliki jawaban lain dari pertanyaan – pertanyaan di atas? Silakan share pengalaman Anda pada kotak komentar di bawah, siapa tahu banyak dari pembaca yang terbantu untuk menjadi seorang penulis blog atau buku yang lebih produktif dari sebelumnya.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan. Anda juga bisa curhat atau konsultasi langsung dengan saya melalui halaman berikut ini.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan memiliki impian menjadi pendidik inovatif dan berdampak untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia Indonesia. Aktivitasnya saat ini adalah sebagai dosen di Universitas Indonesia, pengembang pembelajaran kreatif di SignifierGames.com, dan konseptor pelatihan inovatif di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!