Tips Akselerasi Prestasi

Mengapa Memilih Jalan Sebagai Entrepreneur?

SATU PER SATU teman saya yang memutuskan menjadi entrepreneur berguguran. Mereka tidak sanggup menyelami kenyataan bahwa menjadi entrepreneur memang sulit. Bukan memulainya, tetapi mempertahankannya. Ketika badai itu menerpa bisnis yang sedang mereka geluti, mereka pun tidak sanggup untuk menjawab sebuah pertanyaan penting, “kenapa kamu memilih jalan sebagai entrepreneur?”

Rata-rata orang ingin menjadi seorang entrepreneur karena ingin menjadi kaya. Ingin bisa membuka lapangan kerja, tetapi apakah cuma itu saja?

Selama bergabung dengan Komunitas TDA dan menggawangi bahkan memimpin Komunitas TDA Kampus, banyak sekali pengalaman yang membuat saya mengerti dan terus bertahan untuk menjadi seorang entrepreneur. Berikut ini adalah alasan dan visi-visi yang harus diperhatikan sebagai seorang entrepreneur.

Financial Freedom

Menjadi seorang entrepreneur harus memiliki visi menjadi seorang yang bebas finansial. Maksudnya adalah kita sudah tidak lagi mempermasalahkan besok ingin makan apa? Bagaimana dengan biaya sekolah dan biaya kuliah? Dan sebagainya. Maka, jangan malu apabila ditanya berapa omzet usaha sekarang. Kita juga harus bisa membuat sebuah usaha yang memberikan cashflow yang positif.

Time Freedom

Menjadi seorang pengusaha juga harus memiliki visi untuk bebas secara waktu. Ini adalah salah satu hal yang sangat mendorong saya kenapa ingin jadi pengusaha. Pernah dulu saya mencoba untuk magang di sebuah perusahaan BUMN terkemuka dan bekerja mulai pukul 8.00-16.30 setiap hari! Saya merasa bosan, padahal pekerjaannya menantang. Bagaimana dengan para petugas operator atau buruh yang hanya melakukan pekerjaan yang sama setiap harinya? Sementara menjadi pengusaha, kita bisa membuat berapa lama waktu kerja kita, atau bahkan mendelegasikan bisnis kita kepada yang lain dan menghabiskan waktu untuk melakukan apa yang kita suka.

Kualitas dan Gaya Hidup Meningkat

Pengusaha yang konsisten akan dapat memiliki kualitas dan gaya hidup yang meningkat. Saya yang bisa dikategorikan sebagai pengusaha startup sudah bisa menggaji untuk diri saya sendiri sekitar 5 juta per bulan di saat saya masih harus menyelesaikan kuliah 2 tahun lagi. Alhamdulillah, walaupun kecil tapi ini merupakan peningkatan bagi diri saya pribadi. Bagaimana jika memang kita terus-menerus konsisten?

Bermanfaat Bagi Orang Lain

Seorang pengusaha yang pemasukannya tidak pasti, memiliki sisi positif di mana sewaktu-waktu penghasilannya dapat menjadi puluhan bahkan ratusan kali lipat dalam dua tahun ke depan dibandingkan dengan saat ini. Nah, untuk itu dampak yang bisa diberikan orang lain pun meningkat. Saya senang sekali melihat banyak kemudian NGO-NGO penyaluran sedekah dan zakat terpercaya yang muncul dari kalangan pengusaha dan saya yakin entrepreneur bisa memberikan kontribusi yang sangat signifikan bagi pengembangan bangsa ini.

Mengisi Misi di Bumi Allah

Ini adalah alasan terakhir dan paling pamungkas. Steve Jobs sudah tiada, tetapi selama Apple yang dia dirikan dan produknya yang sangat bermanfaat itu ada, maka namanya akan selalu terkenang. Yap, mirip seperti itulah pengusaha. Seorang manusia, siapapun, ditentukan untuk hidup demi sebuah misi. Misi untuk mengabdi kepada Tuhan dan memimpin yang lain dalam kebaikan. Bagaimana cara melaksanakan misi tersebut? Salah satunya adalah menjadi pengusaha yang mampu meninggalkan legacy, sehingga nanti kita bisa siap untuk menjawab bahwa kita meninggalkan manfaat untuk orang banyak, saat ditanya oleh Sang Pencipta apakah misi kita telah selesai dan berhasil menjalankannya?

Memulai suatu usaha tidaklah sulit, yang sulit adalah mempertahankannya. Poin-poin di atas adalah sebuah visi dan ‘bagian enaknya’ saat kita menjadi pengusaha sukses. Salah satu hal yang harus kita pegang adalah kita memiliki alasan yang kuat mengapa memilih jalan menjadi pengusaha itu. Tapi tentu saja, ada harga mahal yang harus dibayar. Perjuangan, kerja keras, dan lain sebagainya karena setiap kesuksesan itu tidak ada yang dibayar instan.

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Follow aja @ArryRahmawan

 

 

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah direktur dan trainer pengembangan diri di CerdasMulia Institute, sebuah lembaga pelatihan untuk membantu setiap orang meraih hidup yang bahagia, berprestasi, dan berdampak secara nyata sejak tahun 2011. Arry juga merupakan direktur eksekutif di PortalStudentpreneur.com, sebuah portal belajar untuk anak muda yang ingin memulai bisnis secara mandiri. Arry berpengalaman menginspirasi ratusan ribu orang melalui blognya dan telah membawakan pelatihan kepada ribuan orang untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Untuk informasi lebih lengkap, silakan KLIK DI SINI

3 Comments

Leave a Reply

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!