Innovation & Entrepreneurship

Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis (Writing Challenge #6)

Mengatasi Rasa Takut dalam Bisnis
Written by Arry Rahmawan

Bagaimana Cara Mengatasi Rasa Takut untuk Memulai Bisnis?

Sahabat pembaca ArryRahmawan.Net, bagaimana kabarnya? Kalau kabar saya, pada hari Sabtu ini sedang berada di Jogjakarta. Tentu saja, seperti yang sudah saya ceritakan pada tulisan – tulisan sebelumnya, bahwa kedatangan saya ke Jogja ini adalah untuk mengisi seminar kewirausahaan sebagai narasumber yang diadakan oleh E2C (Engineering Entrepreneurship Center) Universitas Gadjah Mada. Seneng banget saat saya tahu kalo ternyata mahasiswa Fakultas Teknik saat ini sudah pada melek terhadap pentingnya karakter seorang entrepreneur untuk seorang engineer.

Hari ini saya membawakan materi untuk menata pola pikir dan memberikan paradigma baru mengapa entrepreneurship itu sangat penting. Setelah memberikan sesi ini selama 1,5 jam, sesi kemudian dilanjutkan dengan talkshow.

Kalau teman – teman ingin tahu apa yang saya sampaikan saat di UGM, saya sudah memberitahukannya di tulisan saya sebelumnya ketika saya sedang menunggu kereta ke Jogjakarta. Tulisan tersebut dapat diakses di artikel berjudul 5 Strategi Sukses Berbisnis Sambil Kuliah.

Apa yang ingin saya tuliskan kali ini adalah tentang sebuah pertanyaan dari peserta saat Talkshow berlangsung. Ada seorang peserta bernama Zaki dari Teknik Sipil UGM yang bertanya kepada saya,

“Kak, bagaimana ya caranya menghilangkan rasa takut untuk memulai bisnis? Karena dalam hati/pikiran saya seringkali muncul bisikan yang membuat saya tidak berani memulai bisnis. Seperti misalkan, “bagaimana kalau bisnis kamu gagal? Bagaimana apabila kamu merepotkan orang tua? Bagaimana jika kita memulai bisnis, namun IPK kita berantakan?”

Ingin tahu apa jawaban saya untuk pertanyaan ini?

Bagaimana Menghilangkan Rasa Takut untuk Memulai Bisnis?

Lalu, bagaimana caranya saya menghilangkan rasa takut untuk memulai bisnis ini? Saya ada beberapa tips praktis yang bisa Anda gunakan, terutama apabila Anda sedang dilanda rasa takut tertentu. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa takut selain rasa takut untuk memulai bisnis.

Jadi gini, saya mengibaratkan bahwa di dalam diri manusia itu ada dua ekor serigala. Serigala yang pertama adalah serigala positif, sementara serigala yang kedua adalah serigala negatif. Serigala positif adalah serigala yang selalu membuat Anda merasa berani dan percaya diri. Sementara serigala negatif adalah serigala yang selalu membuat Anda minder, takut, dan rendah diri.

Pertanyaan saya, apabila kedua serigala ini bertengkar, manakah yang akan menang di dalam diri Anda? Apakah serigala yang positif, atau serigala negatif?

Jawabannya adalah, serigala yang menang adalah serigala yang paling banyak Anda beri makan. Ya, serigala yang menang adalah dia yang makan paling banyak, dan yang kalah adalah serigala yang sedikit makan, kelaparan, bahkan sering berpuasa.

Pertanyaan saya adalah, dalam kehidupan sehari – hari Anda, manakah serigala yang paling sering Anda beri makan? Apakah itu adalah serigala positif atau justru serigala negatif?

Seringkali kita baik secara sadar maupun tidak, terlalu banyak memberi makanan kepada serigala negatif dalam diri kita. Sehingga, kita takut untuk berubah, mengambil berbagai macam keputusan yang sebenarnya membuat diri kita lebih baik. Termasuk itu adalah memulai bisnis. Apa makanan utama dari kedua serigala ini? Makanan utamanya adalah asupan kata – kata yang kita berikan kepada serigala tersebut.

Berikut ini adalah makanan dari serigala negatif,

“Jika saya memulai bisnis……….. Kalau saya gagal bagaimana? Jika saya tidak lulus bagaimana? Jika saya ditertawakan bagaimana? Jika orang tua saya marah bagaimana? Jika kuliah saya berantakan bagaimana?”

Hayo ngaku, apakah kita pernah mendengar kata – kata tersebut muncul dalam benak kita? Hampir sebagian besar dari kita pasti pernah mengalaminya, bukan?

Lalu, apa dong yang harus kita lakukan? Sebenarnya mudah. Hal yang perlu kita lakukan adalah memberi makan yang banyak kepada serigala yang positif. Serigala positif ini makanannya berbeda dengan serigala negatif. Asupan makanan serigala positif adalah kata – kata yang positif.

Berikut ini adalah contoh dari makanan serigala positif,

“Kalau saya berbisnis….. bagaimana jika saya berhasil? Bagaimana jika saya bisa membuat orang tua bahagia? Bagaimana jika saya bisa menjadi orang kaya? Bagaimana jika dampak yang saya berikan ke banyak orang bisa lebih banyak?”

Jika Anda memperbanyak makanan untuk serigala positif Anda, apa yang akan terjadi? Tentu, serigala positif dalam diri kita akan menjadi lebih kuat, lebih tangguh, dan memberikan dorongan kepercayaan diri kepada Anda.

“Namun kak, seringkali kata – kata negatif itu keluar di benak saya secara otomatis lho. Seolah – olah tidak bisa saya kontrol.”

Hmmm… Sebenernya bisa, namun kata – kata negatif itu umumnya sudah masuk ke alam bawah sadar kita. Kenapa? Karena kita sejak kecil terbiasa berada dalam lingkungan yang negatif, atau bahkan sering mendengar kata – kata negatif yang menyebabkan hal tersebut masuk ke dalam alam bawah sadar kita. Kata – kata negatif itu bisa berasal dari:

  • Orang tua/sahabat/teman/kerabat
  • Televisi atau Media
  • Social media atau informasi digital
  • Pergaulan
  • Buku atau majalah yang dibaca

Maka dari itu, bagaimana caranya agar kita bisa mengganti alam bawah sadar tersebut dengan hal yang positif? Berarti kita harus mengganti asupan informasi negatif ke dalam diri kita dengan positif. Maka saran saya mulai saat ini adalah,

  • Jadilah orang tua/kakak/sahabat/teman yang mengembangkan kepercayaan diri, bukan meruntuhkannya
  • Saksikanlah acara – acara televisi yang positif. Apabila menurut Anda tidak ada yang positif, maka sebaiknya ditinggalkan atau porsinya dikurangi
  • Follow akun – akun social media yang banyak menyebarkan berita baik, menyenangkan, dan menumbuhkan kepercayaan diri
  • Carilah teman – teman sepergaulan yang memiliki aura dan karakter positif. Contoh yang paling mudah adalah mereka percaya akan kekuatan mimpi dan mereka percaya bahwa setiap orang bisa menggapai impian mereka
  • Gantilah bacaan Anda mulai dari buku yang tidak bernilai tambah atau majalah gosip menjadi buku yang bermutu, memberikan wawasan, kepercayaan diri, atau motivasi bagi diri Anda untuk berbuat lebih.

Cara – cara di atas dapat Anda lakukan untuk mengganti asupan kata – kata negatif menjadi hal yang lebih positif. Apabila Anda membiasakan diri untuk terus – menerus dikelilingi oleh hal positif, maka peluang hal yang positif masuk dalam alam bawah sadar Anda akan jauh lebih besar. Jika Anda ingin mengetahui seperti apa contoh yang baik bagaimana seseorang memberi makan sangat banyak kepada serigala positif mereka, Anda bisa menonton film Tomorrow Land. Film ini sangat menginspirasi saya dan istri untuk bersama belajar agar terus – menerus memberi makan serigala positif yang ada pada diri kita.

Jadi, apabila Anda mengalami rasa takut untuk berubah menuju sesuatu yang lebih baik, ingat pesan saya : perbanyaklah memberi makan pada serigala positif dalam diri Anda. Saya sudah pernah membahas tentang 2 serigala ini yang bisa Anda baca pada tulisan berikut.

Bagaimana menurut Anda? Setujukah dengan saya?

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!