System Modeling

Mengenal Konsep Discrete Event Modeling dalam Pemodelan Sistem

Buat kamu yang ngikutin perjalanan blog ini sejak awal hingga sekarang, pasti tahu bahwa hampir semua tulisan yang ada di blog ini adalah tentang pengembangan diri. Karena memang, pada tahun 2012 lalu saat saya baru membuat blog ini, saya sedang fokus menjadi trainer di CerdasMulia Institute. Tidak heran, apa yang saya bagikan adalah ilmu sehari – hari saya sebagai seorang trainer, hehe.

Alhamdulillah, sejak tahun 2014 lalu, saya ditambah amanahnya untuk mengajar dan mengampu beberapa mata kuliah di Teknik Industri Universitas Indonesia. Lebih tepatnya mata kuliah System Modeling, System Engineering, dan Industrial Simulation. Mata kuliah ini benar – benar beda banget dari ilmu pengembangan diri. Maka dari itu sejak tahun 2017 ini, saya ingin mencoba sharing juga tentang aktivitas saya sebagai seorang dosen. Saya akan coba menjelaskan tentang apa itu konsep Discrete Event Modeling dalam mata kuliah yang saya ajar di System Modeling.

Catatan : Tulisan ini lebih ditujukan kepada mahasiswa Departemen Teknik Industri, dengan kekhususan Modeling and Simulation. Tapi buat yang lain yang ingin tahu terkait bidang keilmuan saya, juga boleh kok. Hehe…

Apa itu Discrete Event Modeling?

Baik, saya akan membahas tentang apa itu discrete event modeling (DEM). DEM secara umum adalah konsep simulasi yang digunakan untuk sistem bersifat diskrit. Maksudnya apa? Yaitu sebuah sistem yang state nya berubah di titik waktu tertentu karena adanya trigger dari sebuah event.

Bingung? Saya akan berikan contoh sederhana.

Apakah kamu pernah antri untuk membuka rekening di bank? Coba ingat – ingat, waktu itu di ruang tunggu ada berapa orang ya? Ambillah contoh, misalkan ada 45 orang. Sementara itu ada 5 teller yang beroperasi. Teller tersebut penuh semua (busy). Jumlah orang sebanyak 45 orang yang menunggu ini kita anggap sebagai state. 

Selanjutnya, salah satu teller sudah selesai melayani nasabah. Maka ini dinamakan event. Event ini kemudian memicu 1 dari 45 orang yang menunggu untuk ke teller. Jadi, sekarang tinggal berapa jumlah yang antri? Yak, betul. Yang antri jadi 44 orang. State nya berubah karena dipicu event di satu waktu tertentu. Inilah kemudian yang dinamakan sistem diskrit.

Kalau dalam keilmuan teknik industri, seorang insinyur industri seringkali diminta memecahkan masalah atau melakukan peningkatan kualitas dalam sistem diskrit. Misalnya di sistem manufaktur untuk produksi massal sebuah produk, maka kita juga akan melihat sistemnya diskrit. Bahan baku diproses dari satu station ke station lain, menjadi barang setengah jadi, hingga barang jadi pada akhirnya. Ini juga merupakan salah satu contoh sederhana dari sistem diskrit. Perspektif discrete event modeling juga melihat sistem sebagai sebuah aliran (flow), terdiri dari serangkaian operasi yang bersifat berurutan (sequence), dan menggunakan resource untuk membuat operasi berjalan.

Manfaatnya apa sih belajar ini? Bagi insinyur industri, seringkali eksperimen – eksperimen untuk sistem tidak bisa dilakukan secara langsung ke sistem yang bersangkutan. Karena kalau salah, bisa berabe kan.. Sistemnya bisa porak poranda. Maka dari itu, buat sistem yang bersifat diskrit, coba kita modelkan ke dalam komputer, untuk kemudian kita “tes” berbagai macam alternatif solusi yang kita miliki sehingga kita tahu mana yang memberikan hasil terbaik. Decision yang kemudian didapatkan pun akan jadi lebih bijaksana, ketimbang trial and error.

Pada tahun 2016 kemarin, saya memberikan tugas kepada mahasiswa saya untuk melakukan presentasi tentang apa itu discrete event modeling, dan setelah saya lakukan penilaian, saya menemukan sebuah pemaparan yang bagus dari mahasiswa saya, Bhagas Aufa Handoyo dan Rayhan Sri Bayu. Videonya bisa dilihat di bagian atas posting ini. Lumayan, untuk nambah – nambah ilmu tentang Discrete Event Modeling, hehe…

Untuk lebih jauh lagi memahami konsep discrete event modeling ini, kamu juga bisa main ke situs laboratorium systems engineering, modeling, and simulation Teknik Industri UI.

Semoga bermanfaat ya.

Salam,
Arry Rahmawan

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!