Akademik Pengembangan Diri Pengembangan Karir Produktivitas Hidup

Mengenal Konsep the Compound Effect dalam Bekerja

Hai sahabat pembaca, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang aktivitas saya di CerdasMulia Institute. Jadi bagi pembaca yang belum tahu, selain saat ini saya beraktivitas sebagai PhD Candidate di TU Delft, saya juga membina sebuah lembaga pengembangan diri untuk anak muda yaitu CerdasMulia Institute.

Pada Bulan ini, alhamdulillah CerdasMulia Institute berhasil meluncurkan salah satu program pengembangan diri yaitu GrowME Incubation Program. GrowME Incubation Program adalah program mentoring intensif untuk membantu anak – anak muda meningkatkan kapasitas spiritual, intelektual, dan emosional mereka. Program ini diselenggarakan selama satu bulan penuh yang terdiri dari pemaparan materi, coaching, serta penugasan – penugasan untuk mendukung peningkatan kapasitas diri.

Kegiatan mentoring online GrowME Incubation Program

Saat ini program tersebut baru berjalan satu pekan dan kemarin saya beserta istri melakukan monitoring peserta apakah mengerjakan tugas – tugas mereka dengan baik. Salah satu tugas yang diberikan adalah membuat grateful notes selama 7 hari berturut-turut. Grateful notes adalah catatan berisi rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang kita terima hari ini, dan itu terus-menerus dilakukan selama 7 hari dengan menyebutkan sedikitnya 5 hal yang bisa disyukuri.

Ketika saya mengevaluasi progress peserta, alhamdulillah dampaknya amat sangat positif. Beberapa peserta memberikan testimoni bahwa selama 7 hari ke belakang perasaan mereka jauh lebih bahagia. Bahkan, ada peserta yang bercerita sangat tertolong karena dengan membuat grateful notes ini mampu mengangkat kesedihan dirinya yang sedang tertimpa musibah. Ada juga yang bercerita bahwa dirinya sejak dulu menginginkan sesuatu dan karena membuat grateful notes ini nikmat tersebut akhirnya datang, persis seperti firman Allah dalam QS. Ibrahim ayat 7.

Grateful notes ini hanya dilaksanakan 7 hari berturut-turut, namun sudah memiliki banyak sekali ‘khasiat’ untuk orang – orang yang menjalankannya.

Anda pun bisa mencobanya, karena praktik grateful notes ini sangat sederhana dan mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah buku catatan dan alat tulis. Lalu di setiap hari sebelum Anda tidur, tuliskan 5 hal yang bisa Anda syukuri di hari pada buku catatan Anda. Berterima kasihlah kepada Allah SWT sebelum Anda tidur dan berdoa agar hari esok Anda dapat menjadi lebih baik dari hari ini.

Hal di atas sepertinya mudah, namun silakan coba melakukannya selama 7 hari berturut-turut. Ternyata, menuliskannya selama 7 hari berturut-turut, walaupun sederhana, membutuhkan kedisiplinan tinggi untuk dapat menuntaskannya.

Apa yang coba kami ajarkan melalui tugas tersebut dalam program GrowME Incubation program sebenarnya adalah sebuah konsep pengembangan diri yang oleh Darren Hardy disebut sebagai “The Compound Effect.” The Compound Effect adalah suatu konsep di mana kita akan mendapatkan hasil yang sangat besar di masa depan karena mengerjakan hal – hal kecil secara konsisten dan disiplin sejak sekarang. Konsep ini dianalogikan seperti 2 orang yang bekerja selama 30 hari namun mendapatkan 2 bayaran berbeda.

A mendapatkan bayaran sebesar $3,000,000 secara langsung pada hari ini.

B mendapatkan bayaran sebesar $0.01 di hari pertama, namun setiap harinya bayaran akan dilipatgandakan.

Pertanyaannya, manakah yang Anda pilih?

Kebanykan orang secara tidak sadar akan cenderung memilih menjadi A karena bayarannya besar sekali, $3,000,000!

Namun, coba silakan Anda hitung sendiri berapa pendapatan yang akan Anda dapatkan di hari ke-30 jika menjadi si B. Jika dihitung, maka inilah yang akan Anda dapatkan:

The Compound Effect = Amazing Results - David Thompson Now
Sumber: The Compound Effect, Darren Hardy

Di hari ke-30, Anda akan mendapatkan $5,000,000++, jauh lebih banyak dibandingkan yang hanya $3,000,000.

Pelajaran penting yang bisa diambil dari the Compound Effect ini adalah jangan pernah meremehkan suatu usaha kecil yang terus konsisten ditingkatkan setiap harinya. Bayangkan jika Anda membuat grateful notes di mana setiap harinya membuat rasa syukur Anda meningkat.

Saya sudah mencoba menggunakan the Compound Effect ini dalam membuat blog di arryrahmawan.net. Dulu blog ini hanya dikunjungi oleh 1-5 orang saja per harinya. Namun saya memutuskan untuk menulis dan membagikan apa yang saya tulis di Social Media selama 200 hari berturut – turut. Alhamdulillah, di hari ke 200, pengunjung blog saya menembus angka 10,000 per harinya.

The Compound Effect ini juga mengajarkan kepada saya untuk jangan meremehkan rutinitias kecil yang kita lakukan dalam pekerjaan kita. Karena, jika setiap hari kita tingkatkan kualitasnya 1% saja, maka siapa tahu hasilnya akan di luar dugaan!

Ketika awal mula saya menjalankan hidup sebagai PhD Candidate, saya sempat kagum dengan banyak teman saya yang sudah memiliki kapasitas ilmu yang lebih maju dibandingkan dengan diri saya. Namun alih – alih menjadi minder yang juga tidak berguna buat saya, maka saya gunakan the Compound Effect ini untuk meningkatkan kapasitas diri saya. Salah satunya saya gunakan untuk melatih diri saya agar lebih mahir menulis karya ilmiah (scientific writing). Saya mulai mengagendakan untuk menulis 1 paragraf berbahasa Inggris dalam sehari, dan meningkatkan kualitas tulisan saya 1-2% setiap harinya. Alhamdullillah dari yang tadinya supervisor saya mengatakan bahwa tulisan saya berantakan, akhirnya saya bisa berhasil menghasilkan beberapa publikasi karya ilmiah dengan predikat sangat baik dari reviewer.

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat dan membuat sahabat semuanya semaking bersemangat dalam beramal serta berbuat baik. Sekali lagi, ketika kita mulai meremehkan amalan kecil yang kita lakukan maka ingatlah the Compound Effect. Lakukan hal positif yang terus ditingkatkan setiap harinya, maka kelak akan ada keajaiban luar biasa yang akan datang ke hidup kita, insyaAllah.

Salam,
Arry Rahmawan

Dosen, Universitas Indonesia
PhD Candidate, Delft University of Technology

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar