High Performance Me

Mengikuti Passion : Saran yang Baik atau Tidak, ya?

valentine heart shape made by dollars isolated
Written by Arry Rahmawan

Sebagai seorang yang memandu orang lain untuk bisa hidup lebih bermakna, saya menyarankan orang untuk menemukan serta hidup sesuai dengan apa passion mereka.

Saya menyarankan hal tersebut karena saya percaya bahwa manusia memiliki potensi dan kelebihan dalam hidupnya masing – masing. Setiap manusia unik. Jadi, mengapa kita harus mengikuti jejak orang lain apabila kita bisa menjadi diri kita sendiri?

Secara logika, saya berpikir seperti ini :

“Hasil hidup yang terbaik adalah apabila kita mengerjakan sesuatunya dengan hati. Untuk bisa mengerjakan sesuatu dengan hati, maka kita perlu mencintai apa yang kita kerjakan.”

That’s passion! Itulah definisi passion menurut saya, di mana ketika kita mengerjakan segala sesuatunya dengan hati, maka kita bisa mengeluarkan potensi yang terbaik dalam diri kita.

Namun, selalu ada orang yang bilang bahwa tidak selamanya mengikuti passion adalah saran yang baik. Bahkan, ada yang bilang hidup dengan passion adalah sebuah saran yang bodoh, hanya sekedar luxury talk (khayalan belaka), dan menyampingkan realita.

Menurut saya, orang yang berkata hal tersebut adalah mereka yang menganggap bahwa mengikuti passion sudah pasti seseorang akan langsung mendapatkan hidup yang mereka inginkan. Padahal, justru mengikuti passion akan memunculkan risiko – risiko baru di awal. Mulai dari pendapatan yang sedikit tidak stabil, hingga orang – orang di sekitar kita yang menganggap diri kita aneh.

Namun, sebagai gantinya kita bisa mendapatkan sesuatu yang selama ini banyak dicari orang, yaitu : kebahagiaan dan hidup menjadi lebih berdaya.

Apa sih yang Dimaksud dengan Passion itu?

Passion menurut saya adalah suatu hal yang kita enjoy dan memang senang dalam melakukannya. Orang awam mungkin akan melihat bahwa passion hanya sebatas hal yang kita enjoy saja. Apabila kita lihat lebih dalam, sebenarnya passion adalah segala aktivitas yang membuat hidup kita:

  1. Lebih bermakna;
  2. Lebih berdaya;
  3. Lebih bermanfaat;
  4. Lebih berkembang;
  5. Lebih

Sekali lagi, mengikuti passion tidak berarti bahwa segala sesuatunya langsung menyenangkan dan menjadi jalan pintas menuju kebahagiaan. Semua ada prosesnya. Bisa jadi mengikuti passion membuat kita bekerja lebih keras dibandingkan dengan pekerjaan kita sebelumnya. Namun yang pasti, walaupun kita bekerja lebih keras, justru kita bisa bekerja dengan lebih enjoy dibanding dengan sebelumnya.

Passion bisa berupa sebuah topik, bisa juga tidak. Seperti contoh saya memiliki passion terkait dengan topik people empowerment, yaitu segala macam topik yang membuat seseorang bisa hidup lebih baik dan berdaya dibandingkan sebelumnya. Maka saya memilih menjadi seorang dosen, entrepreneur, penulis, dan juga trainer. Empat profesi tersebut sangat erat kaitannya dengan ‘pengembangan orang’.

Teman saya Henri memiliki passion yang unik : Belajar dan meningkatkan kualitas dari apa yang sudah ada. Dia sangat enjoy untuk mengamati dan meningkatkan kualitas dari sistem yang telah ada.

Saran saya, sebelum Anda memutuskan untuk hidup berdasarkan passion Anda, maka pastikan bahwa Anda bisa mendefinisikan apa itu passion. Anda boleh menggunakan definisi passion dari saya. Namun, jika Anda memiliki definisi passion sendiri, mengapa tidak?

Catatan: Silakan bagikan definisi Anda tentang apa itu passion pada kotak komentar yang ada di bawah, ya! :)

“Mengikuti Passion Hanya untuk Orang yang Bodoh”, apakah itu Benar?

Kalau menurut saya pribadi, orang yang bisa hidup berdasarkan passion atau potensi yang mereka miliki adalah mereka yang cerdas. Namun, saya juga tidak menyatakan bahwa semua orang yang mengikuti passion mereka adalah orang yang cerdas.

Bahkan, ada orang yang bilang bahwa mengikuti passion adalah something stupid. Mengapa?

Setelah saya pelajari, sebenarnya mereka tidak benar – benar mengatakan bahwa mengikuti passion adalah suatu hal yang bodoh. Mereka hanya mengkritik yang bodoh adalah mereka yang ingin mendapatkan hidup yang sempurna dengan mengikuti passion.

Itu benar.

Banyak orang menganggap bahwa dengan mengikuti passion, hidup akan menjadi:

  1. Lebih mudah, tidak perlu bekerja keras
  2. Selalu menyenangkan dan enjoy
  3. Cukup sekali menemukan passion, maka dia akan berkembang dengan sendirinya.

Lihatlah, betapa sempurnanya hidup yang seperti itu, bukan? Kenyataannya, tidak ada hidup yang seperti itu, sekalipun kita sudah mengikuti passion kita.

Saya akan memberikan sebuah pengalaman diri saya sendiri. Setelah mengetahui bahwa saya memiliki passion dalam people development, saya membangun sebuah lembaga bisnis, CerdasMulia Group. Saya senang sekali sewaktu membangunnya karena dengan bisnis tersebut saya bisa membantu banyak orang dan pemuda hidup lebih baik lagi. Namun, di perjalanannya seringkali ada hal – hal yang tidak menyenangkan seperti karyawan yang berulah, kerugian besar yang didapat, pelanggan yang komplain, hingga salah kalkulasi keuangan yang menyebabkan kesalahan fatal. Seringkali saat down seperti itu saya bertanya kepada diri saya, “apakah ini benar – benar passion saya?”

Jika saya seperti orang kebanyakan, saya akan pindah passion karena merasa passion saya tidak sempurna. Namun dalam kasus di atas, saya tetap tegar dan mengikuti kata hati bahwa memang itulah passion saya dan hal tidak menyenangkan tadi adalah sebuah proses yang harus saya jalani untuk membuat diri saya berkembang menjadi lebih baik.

Banyak orang terjebak dalam Passion Moving Trap, yaitu sebuah jebakan di mana kita akan berusaha terus – menerus berpindah passion karena merasa bahwa passion kita tidak sempurna. Kenyataannya bahwa memang tidak ada passion yang sempurna. Agar tidak menjadi orang bodoh, syukurilah atas passion yang kita miliki, lakukan aksi nyata secepat dan sebanyak mungkin, dan lakukan evaluasi secara berkala.

Jadi jika Anda berharap bahwa dengan mengikuti passion, hidup Anda benar – benar perfect, sebaiknya Anda tetap melakukan aktivitas dan pekerjaan Anda saat ini saja.

Mengapa Kita Perlu Mengetahui serta Mengikuti Passion Kita?

Dalam pengalaman saya, hal yang paling penting dalam memahami passion bukanlah pada poin kita harus mengikutinya, namun kita puas dan bersyukur dengan hidup yang kita lakukan. Passion membantu kita agar kita senantiasa senang, puas, dan memiliki rasa syukur bahwa kita diberikan kehidupan di dunia ini.

Passion akan membantu Anda untuk membuat Anda enjoy terhadap apa yang Anda kerjakan. Mengikuti passion bisa membuat Anda lebih cepat bahagia, sekarang dan saat ini juga.

Tentu kita semua tidak ingin terjebak dalam pekerjaan yang kita tidak enjoy di dalamnya bukan? Sebuah pekerjaan yang kita lakukan hanya sekedar rutinitas dan formalitas, membuat kita mengeluh dan menggerutu terus – menerus terhadap apa yang kita kerjakan.

Namun ingat, walaupun kita mengikuti passion, tidak ada pekerjaan yang sempurna dan benar – benar fit dengan diri kita. Kita masih harus senantiasa belajar, menghadapi tantangan, dan menyesuaikan diri dengan apa yang ada.

Passion bukan hanya sekedar mengikuti atau menciptakan pekerjaan sesuai dengan yang kita inginkan, namun juga menghadapi realita yang ada sesuai dengan kelebihan diri kita.

Apakah saya selalu mendapatkan apa yang saya dambakan dalam pekerjaan saya? Tidak juga. Namun, dengan mengetahui passion, kita bisa tahu di mana arah minat diri kita, ketertarikan kita, bahkan keahlian diri kita. Sehingga, dengan passion tersebut kita bisa tahu dengan siapa kita harus berkolaborasi, bekerjasama, atau mendelegasikan pekerjaan kita.

“Orang – orang yang hebat bukanlah mereka yang berusaha unggul di berbagai macam bidang. Mereka yang hebat adalah mereka yang terus mengasah passion mereka, dan mengurangi kekurangan – kekurangan yang ada dalam diri mereka.

Apakah untuk Mengikuti Passion Saya Harus Keluar dari Pekerjaan Saya Saat ini?

Jawabannya : tergantung. Satu hal yang pasti, keamanan finansial menjadi salah satu kunci penting untuk mengembangkan passion kita.

Apabila kita merasa bahwa pekerjaan kita saat ini sudah cukup berkontribusi untuk memberikan pendapatan yang cukup, maka jangan korbankan apa yang sudah Anda mulai dan mengulangi kembali dari nol hanya karena passion (banyak teman saya yang melakukan hal tersebut).

Anda bisa memulai mengembangkan passion Anda sebagai hal sampingan. Jika Anda ingin mengembangkan passion Anda secara serius dan full time, beberapa hal dalam blog ini akan membantu Anda. Namun ingat, lakukan dengan mempertimbangkan berbagai risiko dan keberanian menanggung risiko tersebut.

Jadi, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Lakukan sesuatu yang memang ‘Anda banget’, atau kalau bahasanya saya, ‘Gue banget’.

‘Gue banget’ itu termasuk apakah Anda percaya bahwa Anda orang yang cocok mengikuti passion atau tidak. Jika Anda sudah merasa enjoy dengan apa yang Anda lakukan sekarang, walaupun Anda merasa belum menemukan passion Anda, maka janganlah mencari – cari hal yang sebenarnya tidak perlu.

Jika Anda adalah orang seperti saya, yang terbiasa mengenali diri sendiri terlebih dahulu baru melakukan apa yang Anda cintai maka Anda bisa mencoba menemukan passion yang cocok dan menciptakan pekerjaan yang cocok pula.

Jika memang terdapat hal – hal yang bertentangan dengan passion, misalkan saya berkata follow your passion dan orang lain yang Anda percaya berkata following passion is stupid, hal ini akan selalu ada. Solusinya adalah kembalikan semuanya kepada kata hati Anda. Hentikan sejenak pendapat dari orang luar, dan listen to yourself (dengarkan diri Anda sendiri).

Do what you love OR love what you do”.

Jika kita membicarakan passion, maka hal paling penting adalah kita enjoy dengan perjalanan hidup kita. Detik demi detik, menit demi menit, hingga hari demi hari.

Ada pendapat lain tentang passion? Yuk sharing di kotak komentar di bawah. Salam passion!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!