Life Skills

Menginspirasi Dengan Cara yang Sederhana (Writing Challenge #16)

Written by Arry Rahmawan

“Kak Arry, terima kasih banyak ya atas Writing Challenge ya. Tulisannya sangat menginspirasi saya untuk menjadi lebih baik.”

Beberapa hari terakhir ini, senang sekali rasanya saya mendapatkan beberapa pesan dengan nada yang serupa seperti di atas. Jujur, saya tidak menyangka bahwa dampak dari rutinitas menulis yang saya lakukan sejak dua minggu lalu (baca : menjadi penulis yang konsisten menulis) mendapatkan reaksi yang positif dari pembaca. Lebih senangnya lagi, ternyata ada pembaca tulisan saya yang ingin menjadikan hal tersebut “sebuah gerakan!”

Padahal, kalau boleh cerita, asal muasal saya ingin terus – menerus dapat menulis setiap hari adalah agar saya dapat terus bertumbuh. Maksudnya memastikan agar setiap harinya diri kita dapat ‘mengalahkan’ diri kita sendiri untuk terus menjadi lebih baik. Dua tahun lalu, sewaktu awal blog ini dibuat, saya pernah menulis setiap hari! Namun, seiring berjalannya waktu semangat saya mulai pudar. Saya mulai malas sekali menulis. Menulis hanya sekali – sekali saja, hehe…

Inilah yang kemudian menyadarkan saya, bahwa saya harus bertumbuh! Saya harus menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Begitupun dengan menulis artikel di blog saya, saya harus bisa meningkat atau setidaknya tetap konsisten dengan yang saya lakukan dulu. Jadilah kemudian saya mencoba untuk membuat 30 Days Writing Challenge.

Tidak disangka, percobaan saya untuk mendisiplinkan diri sendiri ini ternyata dibaca oleh salah satu penulis muda paling passionate yang pernah saya kenal, Rezky Firmansyah. Rezky pun kemudian terinspirasi dari gerakan yang saya lakukan ini dan membuat program hashtag #30DWC yang berarti 30 Days Writing Challenge. Melalui #30DWC, kami mencoba untuk mengenalkan sebuah cara sederhana agar setiap anak muda berani menginspirasi, yaitu melalui tulisan – tulisan yang dibuatnya.

Berani ikutan? Ini dia langkah – langkahnya:

Apa itu #30DWC?

#30DWC adalah singkatan dari 30 Day Writing Challenge. Sebuah social campaign untuk membangun kebiasaan menulis yang kreatif dan aplikatif oleh Passion Writing Academy .

Bagaimana caranya mengikuti #30DWC?

1. Pasang niat yang kuat bahwa kamu akan melakukan #30DWC. Lalu post di social media fotomu dengan kertas yang bertuliskan : I am ready for #30DWC!

2. Bebaskan imajinasimu untuk menulis apapun. Pasang target minimal 1 halaman 1 hari

3. Tuliskan rencana 30 judul yang akan kamu tulis di kertas pribadi

4. Mulailah membuat blog pribadi. Posting karya #30DWC di blog tersebut

5. Share link blog yang kamu buat ke social media yang kamu punya

6. Setiap beberapa share link tulisan yang kamu lakukan, tag akun social media saya dan Rezky dan gunakan #30DWC (pilih salah satu saja)

• Facebook : Arry Rahmawan / Rezky Firmansyah Adm

• Twitter : @ArryRahmawan / @rezkyrf9
• Instagram
: @ArryRahmawan & @rezkypassionwriter

7. Bagi kamu yang konsisten menjalankan#30DWC, akan dipilih tulisan terbaik untuk diterbitkan di buku ke-6 Rezky sekaligus buku pertama edisi Passion Writing dengan Tema : Kumulai Karyaku Dengan Diari Harian

Bagaimana tertarik kan?

Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak memulai social campaign #30DWC ini. Menulis untuk kehidupan dan Indonesia yang lebih baik

Kapan #30DWC dimulai?

Gak usah terlalu lama menunggu. Kita mulai BESOK dari tanggal 21 Oktober hingga 20 November

Keep Writing, Always Inspiring! Jika kamu ingin turut serta dalam #30DWC silahkan CHAT dan SHARE info ini lalu hubungi Rezky melalui BBM 76B4BF69 atau WA 085363949899. Ini bertujuan agar saya mampu mendata dan memberi masukan selama 30 hari kedepan.

Tutorial selengkapnya bisa kamu baca di bit.ly/Tutorial30DWC

WOW! Ternyata apa yang saya lakukan alhamdulillah bisa menginspirasi yang lain untuk berbuat hal yang sama. Ada rasa bahagia yang sangat ketika kebaikan apa yang kita lakukan ditiru dan dibuat gerakan yang lebih masif oleh orang lain.

Berani menerima tantangan #30DWC? Tulisan ini sekaligus menunjukkan bahwa saya sudah menulis selama 16 hari berturut – turut. Sobat muda mau coba juga? Silakan ikuti langkah – langkahnya seperti di atas.

Menginspirasi itu sederhana, bukan?

Semoga bermanfaat untuk membuat hidupmu lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!