High Performance Me

Mengoptimalkan Twitter untuk Memperkuat Branding

Sebelumnya apa yang saya tulis adalah hanya sebagai orang biasa. Bukan seorang pakar marketing pemasaran seperti @yuswohady atau kang @pakarseo. Tapi boleh dong kalau berbagi tips dan trik bagaimana memperkuat brand yang kita miliki dengan cara mengoptimalkan Twitter?

Sebelumnya nih, mungkin sahabat bisa membaca dulu artikel tentang Tweetmu, Citramu, Karaktermu. Artikel itu sebenarnya menyiratkan bahwa persepsi orang terhadap diri kita bisa dilihat dari bagaimana kita ngetweet. Maka dari itu kemudian dibuatlah artikel Good Twitter Habits. Artikel itu mengupas bagaimana mulai membiasakan ngetweet yang baik. Selanjutnya, ternyata jika kita mengoptimalkan Twitter kita dengan luar biasa, maka itu juga bisa memperkuat branding bahkan hingga mendapatkan order yang terus berulang.

Salah satu contoh yang dalam branding menggunakan Twitter adalah @GudangMadu dan @SemerbakCoffee. Mungkin sahabat bisa coba follow, dan mempelajari bagaimana cara mereka menciptakan branding. Sahabat juga bisa follow @CerdasMulia atau juga @ArryRahmawan (yah, ini mah namanya promosi), hehe..

Oke, jadi bagaimana cara memperkuat branding kita dengan menggunakan Twitter? Ini bisa berlaku untuk akun pribadi dan memang brand bisnis ya… Memperkuat brand, salah satunya dipatok dari berapa jumlah follower nya. Biarpun tidak selalu seperti itu, tetapi memang umumnya emang begitu kan?. Bagaimana caranya ya mengoptimalkan Twitter untuk branding? Berikut ini tipsnya:

1. Hindari Hard Selling, Jangan Jualan Langsung

Mungkin banyak yang terkaget-kaget ketika pertama kali melihat akun Twitter saya yang follower nya hingga 80 ribu lebih. Apa yang kemudian mereka pikirkan? Akun saya bisa buat jualan dan promosi! Tapi, bukan seperti itu. Hindari hard selling, seperti orang yang didatangi salesman, orang sudah malas melihat iklan, jika memang mereka tidak membutuhkan itu. Branding yang kacau adalah ketika sebuah akun Twitter hanya untuk jualan ini dan itu tanpa memberikan nilai tambah sama sekali bagi para follower nya.

2. Memberikan Informasi Edukatif Berkaitan dengan Brand Kita

Seperti @GudangMadu misalnya. Pasti produknya madu dong. Nah, @GudangMadu itu rajin sekali memberikan kultwit-kultwit tentang mitos-mitos madu, cara pemakaian madu untuk kecantikan, waktu terbaik minum madu, resep memanfaatkan madu. Orang akan merasakan manfaat ketika menjadi followernya. Ga usah disuruh deh, orang akan penasaran sendiri dan akan mencari tahu lebih lanjut tentang @GudangMadu. Bahkan tidak jarang orang akan senang ketemu dengan adminnya, siapa ya orang yang ada di balik @GudangMadu?

3. Membuat Landing Page yang Memukau

Saya sudah mencobanya sendiri, manfaatkan kolom URL/Website yang ada di profil Twitter. Orang banyak sekali yang penasaran dengan apa itu @CerdasMulia dan siapa itu @ArryRahmawan. Mereka akan saya bawa untuk menjelajahi http://cerdasmulia.com dan http://arryrahmawan.net. Ini adalah kolaborasi yang dahsyat antara Twitter dengan Website. Saya lebih suka menyebutnya dengan landing page. Kamu tidak perlu berjualan, biar orang yang datang dengan sendirinya. Saya tidak mengatakan situs saya memukau, tetapi dari situ saya mendapatkan ribuan traffic yang kemudian nge follow saya di Twitter. Rata-rata setelah membaca apa yang saya tulis.

4. Follow Up dan Jalin Persahabatan

Pengguna Twitter dengan follower banyak tu biasanya males buat nge-follow orang lain. Saya belajar banyak dari akun Twitter @MerryRiana. Akun Twitter mbak @MerryRiana, itu isinya benar-benar inspiring dan mencerahkan. Motivator banget deh pokoknya. Ketika saya follow, 5 menit kemudian saya di follow balik! Bayangkan saya di follback oleh mbak @MerryRiana. Mungkin ada yang mengatakan, yang manage akun mbak Merry ada orangnya sendiri. Tapi dari situ saya mendapat pelajaran dan itu yang kemudian saya lakukan. Bagi mereka yang kemudian nge-follow saya, saya follow balik dan kemudian saya jadikan teman. Dampaknya luar biasa, mereka yang baru menjalin persahabat dengan saya via Twitter ini malah langsung sering mention dan nge RT apa yang saya tweet. Menyebarkan tweet saya, dan menambah follower. Bertambahnya follower, maka semakin kuat brand yang kita miliki.

5. Pisahkan Akun Pribadi dengan Akun Bisnis

Kamu pengusaha dan memiliki akun bisnis tentang produk yang kamu jual? Jangan dicampur dengan akun pribadi. Pisahkan. Ini pernah kejadian di suatu akun Twitter produk apa saya lupa. Dia mencampur emosi pribadinya dengan brand prduknya yang sebenarnya sudah cukup baik terbentuk. Langsunglah kehilangan ratusan follower. Sayang sekali, kehilangan kesempatan untuk memperkuat brand hanya karena Tweet yang tidak tepat.

Oke, jadi itulah 5 cara mengoptimalkan Twitter untuk memperkuat branding. Semoga bermanfaat buat kamu yang saat ini punya akun Twitter dan sedang membentuk brand kamu di dunia maya. Karena banyak banget nih teman-teman yang bertanya, bagaimana sih kok @CerdasMulia follower nya bisa sampai 6000 orang? Bagaimana @GudangMadu bisa sampai 18.000 an orang? Nah semoga tips di atas bisa membantu.

Ada yang punya tips-tips lain? Yo ayo dishare.. ūüôā

NB: Thanks for masbro @WahyuAwaludin yang udah ngasih inspirasi apa yang bisa ditulis untuk hari ini. Hehe.. ūüôā

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!