Quantum Learning

Meningkatkan Daya Ingat? Gampang!

Catatan Kepala: “Daya ingat bukan didasari karena faktor keturunan, tetapi bagaimana cara kita merawat otak dan tahu bagaimana cara otak bekerja.”

Bingung bagaimana caranya menghafal dan mengingat sesuatu dengan cepat? Frustrasi karena segalanya cepat lupa dan merasa tidak dapat mengingat apa-apa? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara yang bisa digunakan yang dapat membantu daya ingat. Jangan pernah menyalahkan atau meremehkan daya ingat Anda, karena bisa jadi bukan kapasitas otak kita yang tidak mampu mengingat, tetapi karena kita belum tahu caranya. Pada artikel saya sebelumnya yang menjadi top-entri di pekan kedua November, yaitu Cara Mudah Mengingat dan Menghafal, dijelaskan dengan gamblang teknik-teknik untuk mengingat materi. Sementara ini adalah cara yang lebih praktis lagi untuk meningkatkan kapasitas dan konsentrasi. Mau tau? Baca kelanjutannya.

1. Kreatif dalam Menghafal
Kreativitas dalam menghafal dan mengingat harus dibiasakan sejak dini. Cara yang bisa dilakukan bisa melalui banyak hal, seperti mengganti font bagian yang ingin diingat, memberikan garis warna pada bagian yang ingin diingat, membesarkan ukuran bagi hal yang ingin diingat, dan memberikan istilah-istilah sendiri untuk sesuatu yang ingin diingat itu. Biarkan saja kreativitas Anda mengalir. Gunakan juga sarana audio selain sarana visual. Otak suka sekali dengan penekanan-penekanan yang tidak biasa, karena bagi otak sesuatu itu dianggap informasi menarik jika berbeda dari biasanya. Otak menyukai hal-hal seperti:

* Tidak masuk akal/ekstrem berlebihan
* Seksi
* Penuh warna
* Multi sensori (dilihat, didengar, dikecap, dan diraba)
* Lucu
* Melibatkan Emosi

Nah, kebanyakan orang tidak mengembangkan daya ingatnya karena hanya menghafal secara linier, secara pelan-pelan, dan mengikuti baris demi baris tanpa menyangkutkan keterlibatan emosi, kreativitas, dan ketertarikan di dalamnya sehingga menjadi cepat lupa. Cobalah tingkatkan daya ingat dengan berlaku lebih kreatif dan unik.

2. Memperhatikan Nutrisi Otak
Ada beberapa makanan khusus yang setelah melalui penelitian sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan dan daya ingat, seperti: ikan yang berlemak (sardine, tuna, dll), roti panggang,  sayuran hijau, alpukat, buah beri, dan banyak minum air putih (6-8 gelas/hari). Silakan cari referensinya dan banyak sekali penelitian tentang hal tersebut. Selain itu Anda juga harus mengurangi makanan yang berdampak buruk bagi kesehatan otak, seperti makanan cepat saji, yang mengandung pengawet, MSG, pewarna makanan, yang dapat merusak kesehatan otak Anda.

3. Menggunakan Terapi Gelombang Otak (Brainwave)
Tahukah Anda bahwa secara umum, ada 4 gelombang otak yang bekerja pada manusia? Gelombang otak tersebut adalah alfa, beta, theta, dan gamma. Untuk mengingat, yang paling baik adalah pada saat kondisi otak sedang dalam kondisi alfa, yaitu suatu kondisi yang rileks, santai, dan bersemangat untuk belajar. Saat ini sudah banyak sekali situs yang menyediakan audio/video gelombang alfa yang bisa didapat secara gratis. Contohnya youtube. Luar biasanya, gelombang otak ini bisa diatur. Biasakan untuk mendengarkan alunan musik/lagu yang merangsang otak dalam kondisi alfa agar Anda dapat mengoptimalkan daya ingat Anda. Cukup 10-15 menit per hari agar gelombang otak menjadi lebih rileks dan nyaman. Lebih lanjut lagi mengenai Brainwave akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Demikian 3 Cara Praktis Meningkatkan Daya Ingat Anda yang sangat luar biasa. Sekali lagi, jangan remehkan potensi dan kapasitas otak Anda, karena jika Anda menemukan cara membangkitkan kekuatannya maka sesungguhnya otak Anda sama luasnya dengan alam semesta. Maha Besar Allah atas segala ciptaanNya.

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan memiliki impian menjadi pendidik inovatif dan berdampak untuk memaksimalkan potensi sumber daya manusia Indonesia. Aktivitasnya saat ini adalah sebagai dosen di Universitas Indonesia, pengembang pembelajaran kreatif di SignifierGames.com, dan konseptor pelatihan inovatif di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!