Life Skills

10 Sifat Wajib untuk Menjadi Seorang Trainer yang Baik (Writing Challenge #28)

Written by Arry Rahmawan

Saya Ingin Menjadi Seorang Trainer, Sifat Apa Saja yang Perlu Saya Miliki?

Saya bersyukur kepada Allah yang telah mempertemukan saya pada profesi yang bernama “Trainer”. Saya ingat sewaktu saya mengikuti sebuah pembekalan trainer di tahun 2010, di situ saya mendapatkan sebuah pemahaman bahwa menjadi seorang trainer adalah profesi yang sangat mulia. Trainer adalah sebuah profesi yang memaksa seseorang untuk terus – menerus memperbaiki dirinya sendiri dengan jalan memperbaiki orang lain. Sehingga selain profesi seorang trainer yang memang tugasnya membantu seseorang untuk berubah, trainer juga mau tidak mau harus selalu memastikan dirinya tumbuh dan terus – menerus belajar.

Sayangnya, akhir – akhir ini begitu banyak trainer karbitan yang muncul karena menganggap bahwa trainer adalah sebuah profesi yang mudah untuk mencari uang. Akhirnya banyak trainer yang dengan modal mulut pun akhirnya dengan percaya diri ‘mengajari’ orang untuk kaya, padahal dirinya belum kaya. Mengajari orang untuk mendapatkan peringkat teratas di kelas, padahal dirinya sewaktu sekolah atau kuliah biasa saja. Mengajari orang untuk menjadi pemimpin, padahal ketika dia memimpin organisasinya berantakan.

Saya punya beberapa mentor yang membimbing saya untuk menjadi seorang trainer. Suatu hari, mentor saya mengatakan,

“Banyak anak muda yang menganggap bahwa menjadi trainer bisa dengan hanya belajar otodidak. Padahal, menjadi trainer berdampak itu ada step – by – step nya. Salah satu yang penting adalah Sifat utama yang perlu dikuasai seorang trainer.

Inilah pentingnya bagi kita untuk memiliki mentor dalam pekerjaan kita, karena kita akan senantiasa terus dibimbing untuk menjadi lebih baik. Alhamdulillah, selama 7 tahun jadi trainer, saya terus dipercaya untuk memberikan pelatihan di berbagai tempat dan kota di Indonesia.

Pada tulisan kali ini, saya ingin berbagi kepada kamu para pemuda yang ingin menjadi trainer tentang 10 sifat wajib yang perlu dimiliki oleh seorang trainer yang baik. Ini adalah fondasi dasar yang perlu kamu ketahui sebelum menjadi seorang trainer. Siap?

10 Sifat Wajib untuk Menjadi Trainer yang Baik

Siap untuk mengetahui apa saja 10 sifat wajib untuk menjadi trainer yang baik? Berikut ini adalah sifat – sifat dasar yang harus kamu kuasai,

ConsistentRole Model

Role Model maksudnya adalah seorang trainer bisa menjadi contoh atas pesan yang disampaikannya dan berkomitmen untuk melaksanakan apa yang dia katakan. Seorang trainer yang menjadi role model akan sangat dipercaya oleh pendengarnya, ketimbang seorang trainer yang hanya bisa berbicara tetapi tidak memiliki prestasi apapun. Trainer perlu memperhatikan konsistensi antara apa yang dia ucapkan dengan kenyataan yang ada pada dirinya.

Clarity

Clarity maksudnya seorang trainer harus memiliki pesan yang jelas untuk disampaikan kepada audience nya. Misalkan saya membawakan pesan kepada pemuda untuk menjadi generasi cemerlang melalui gaya hidup CerdasMulia. Atau ada mentor saya yang jelas menyampaikan pesan tentang menemukan passion. Intinya dari sifat ini, kamu harus bisa menjawab pertanyaan, “Who am I?” dan “What kind of message that I want to spread for my audience?”

Competent

Competent maksudnya setiap trainer perlu menguasai minimal 2 hal : penguasaan subjek ilmu yang ingin disampaikan (misalnya : keuangan, bisnis, atau pengembangan diri) dan penguasaan panggung. Penguasaan panggung di sini meliputi mulai dari mempersiapkan materi, membawakan materi dengan sangat menarik (mulai dari slide, cara penyampaian, dll) serta mengevaluasi materi yang telah dibawakan.

Confident

Confident maksudnya adalah menjaga kepercayaan diri saat diberikan tantangan yang lebih besar atau mendapatkan klien yang juga lebih besar. Cara menjaga kepercayaan diri adalah dengan terus – menerus belajar hingga menjadi seorang expert di bidangnya.

Creative

Creative maksudnya adalah kemampuan menciptakan nilai tambah baru atau sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa kreativitas, maka pelatihan yang kita bawakan akan cenderung membosankan.

Collaborative

Collaborative maksudnya adalah keterbukaan untuk bekerjasama dengan orang lain. Seringkali ditemukan bahwa trainer biasanya merasa bisa mengandalkan semuanya sendiri. Beranikan diri untuk asking for help apabila memang kita tidak menguasai suatu topik tertentu. Misalkan di program Young Trainer Academysaya berkolaborasi dengan 3 trainer yang membawakan topik berbeda – beda. Hasilnya, pelatihan menjadi lebih asyik dan menarik.

Communicative

Communicative maksudnya bukan hanya bisa berkomunikasi menarik di atas panggung saja, tetapi juga pada komunikasi satu lawan satu kepada klien atau peserta kita. Salah satu cara untuk mengukur apakah kita komunikatif adalah dengan melihat apakah orang nyaman berkomunikasi dengan kita atau tidak.

Courageous

Courageous maksudnya adalah keberanian untuk mengambil risiko, terutama menghadapi klien baru atau saat membuat program – program baru yang memiliki risiko. Namun, risiko ini bukan berarti tidak diukur, ya.. Jika kita melihat bahwa peluangnya lebih baik, maka sebaiknya diambil walaupun ada risiko yang menyertainya.

Sifat ini saya terapkan sewaktu pertama kali meluncurkan program Young Trainer CircleAda sebuah perasaan bahwa investasi social media yang dibuat ini sepertinya tidak menguntungkan dan akan sedikit yang menggunakan. Tetapi, gagasan ini akhirnya dieksekusi. Beberapa saat kemudian user nya pun berkembang dan bahkan anggota socmed ini bisa meluncurkan sebuah buku dengan judul Sekeping Cinta. Bayangkan seandainya saya takut dan tidak berani mengambil risiko, maka platform dan buku tersebut pun menjadi tidak ada.

Caring

Caring maksudnya adalah tulus peduli kepada orang lain. Dulu, saya sempat menganggap bahwa saat kita menjadi trainer maka yang menjadi bintang adalah trainer nya. Namun, saya salah. Mentor saya meluruskan bahwa yang menjadi bintang adalah audience nya. Kita adalah pelayan untuk membantu mereka menyelesaikan masalah mereka. Trainer terbaik adalah mereka yang secara tulus peduli terhadap audience mereka.

Compassion

Compassion maksudnya adalah sebuah sikap antusias dan menghayati penuh profesi trainer sebagai passion mereka. Banyak dari trainer yang karena tidak memiliki sifat ini, menjadi bosan karena membawakan pelatihan hanya menjadi sebuah rutinitas saja tanpa memaknainya secara mendalam.

Itulah 10 sifat utama yang wajib dimiliki seorang trainer yang baik dan materi ini tidak akan kamu temukan di manapun.

Bagi kamu yang ingin menjadi trainer, silakan ukur diri kamu dengan skala 1 – 10 untuk masing – masing sifat tersebut. 1 berarti kamu belum punya sifat itu sama sekali, 10 berarti itu sudah menjadi sifat alamiah kamu. Untuk setiap sifat itu kemudian dijumlahkan.

Apabila nilainya di bawah 75, maka sebaiknya kamu perbaiki dulu sifat – sifat tersebut sebelum terjun menjadi seorang trainer.

Semoga bermanfaat ya!

Salam,

Arry Rahmawan
Trainer Pengembangan Pemuda
Founder CerdasMulia Institute

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!