Life Skills

Menulis Blog dengan Hati (Writing Challenge #19)

Written by Arry Rahmawan

Salah satu capaian yang harus saya raih setiap tahunnya sebagai seorang trainer profesional adalah menulis sebuah buku. Menulis dan menerbitkan buku setiap tahun adalah hal yang saya targetkan dalam kehidupan saya sebagai seorang trainer dan juga dosen. Kali ini saya sedang progress mengerjakan buku saya yang ketujuh, setelah sebelumnya saya menerbitkan buku yang berjudul Sekeping Cinta (2015) bersama teman – teman alumni Young Trainer Academy, dan Studentpreneur Guidebook (2013) yang menjadi buku best – seller nasional di bidang kewirausahaan pemuda.

Anda juga bisa mengunduh secara gratis beberapa ebook saya, antara lain SimplyProductive (seharga Rp175.000) yang ditulis tahun 2014 dan 5 Kunci Pemuda Hebat (seharga Rp125.000) yang saya buat pada tahun 2011.

Beberapa teman saya yang merupakan seorang praktisi bisnis banyak bilang seperti ini,

“Arry enak ya, punya buku banyak. Buku itu adalah salah satu kartu nama terbaik dalam bisnis. Buku juga merupakan salah satu alat marketing paling ampuh untuk seorang trainer.”

Apakah kamu setuju dengan pernyataan seperti itu?

Buku Bukan Pula Kartu Nama, Begitu Pula dengan Alat Marketing

Bagi saya, buku bukanlah kartu nama. Begitu pula bukan alat marketing. Walaupun memang saya beberapa kali pernah bertukar buku dengan penulis – penulis terbaik Indonesia, tetapi sejak awal, buku – buku saya diciptakan bukan untuk kartu nama.

Bagi saya, buku adalah pesan kita untuk menginspirasi orang lain.

Buku haruslah memiliki kekuatan magis dan harus ditulis dengan hati.

Bayangkan, bagaimana jika penulis – penulis buku di negeri ini hanya menulis buku dengan tujuan sekedar sebagai ‘kartu nama’ atau alat promosi untuk menjual seminar. Apa yang terjadi? Seringkali saya melihat buku – buku seperti ini membahas solusi dengan tidak tuntas. Solusinya nggantung, dan untuk mendapatkan solusi lengkapnya, kita harus mengikuti seminar sang penulis. Apa yang ditulis dalam buku pun banyak yang biasa saja dan jarang sekali kita sebagai pembaca mendapatkan momen ‘AHA!’

Jika itu yang terjadi, maka itu bukanlah buku. Itu brosur.

Buku saya, Studentpreneur Guidebook adalah salah satu buku yang mengupas tuntas solusi anak muda yang kesulitan membangun bisnis sejak masih kuliah. Dalam buku itu, saya menjelaskan apa saja hal yang diperlukan bagaimana agar bisnis bisa bertahan dan juga kuliah tetap berjalan dengan baik. Anda bisa membaca juga 5 strategi yang wajib dilakukan oleh Studentpreneur. Buku tersebut mendapatkan penilaian 4.37 dari skala 5 di Goodreads. Bagi saya, itu merupakan prestasi. Apa yang saya tuliskan dengan hati itu, akhirnya berbuah manis.

Hal tersebut tidak berbeda dengan menulis blog. Menulis blog yang life changing (mengubah hidup orang), juga harus dilakukan dengan hati. Bukan hanya kita meniatkan sekedar untuk sharing atau personal branding. Menulis blog harus diniatkan untuk ‘mengubah’ perspektif pembacanya.

Menulis blog bukanlah sekedar cerita, sharing, atau untuk meningkatkan personal branding. Blog harus ditulis dengan hati, agar bisa membuat pembacanya mendapatkan banyak momen ‘AHA!’.

Untuk tahap awal, bolehlah kita memaksa diri kita terlebih dahulu untuk menulis di blog. Setelah kebiasaan itu terbentuk, barulah kemudian kita mulai ‘meletakkan hati’ kita dalam setiap tulisan yang kita buat. Ketika ‘hati’ kita ini sudah dilibatkan, biasanya kita akan menulis dalam waktu yang sedikit lebih lama, namun hasilnya lebih berdampak pada orang yang membacanya.

Bagaimana menurut kamu?

Salam,

Arry Rahmawan
Youth Development Trainer
Founder CerdasMulia Institute

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!