High Performance Me

New Currency in Business

Hari ini saya dan @yoraanastasha mewakli @TDA_Kampus bertemu dengan Mas Handoko Hendroyono, yang kita kenal sebagai seorang creative storyteller. Anda yang umumnya berkecimpung di dunia brand dan advertising pasti mengenal beliau. Apalagi beliau merupakan salah seorang penulis buku yang pasti kita semua sudah tahu, yaitu Brand Gardener. Buku ini sendiri sudah saya miliki tahun lalu waktu baru keluar. Isinya menarik dan penuh dengan informasi yang benar-benar membuka wawasan saya tentang brand dan khususnya iklan.

Pertemuan kali ini sebenarnya berawal dari tweet iseng-iseng @yoraanastasha dengan Mas Han. Waktu itu entah bagaimana karena tertarik dengan topik pembicaraan di timeline beliau, hingga akhirnya sampailah pada sebuah gagasan, bagaimana jika @TDA_Kampus mengundang mas Han untuk mengisi di gathering TDA Kampus yang memang sedang kami persiapkan? Ternyata tanggapan mas Han positif dan bertemulah kami hari ini sambil mengobrol santai di Green Tea Cafe, Universitas Indonesia. Obrolan santai ini banyak memunculkan gagasan baru dan tentu saja saling bertukar ilmu. Buat Anda yang saat ini adalah seorang pebisnis atau pemilik usaha, saya yakin ilmu ini bermanfaat untuk Anda.

photo.JPG

Mas Han, saya, Fadia, dan Yora

Sebagai seorang pemilik bisnis, umumnya kita juga merupakan pemilik brand dari bisnis tersebut. Siapa yang tidak mau jika brand kita dikenal di masyarakat secara luas? Namun, saat ini bukan lagi zamannya iklan. Ya, orang saat ini tidak lagi bisa langsung terpengaruh begitu saja dengan pencitraan yang ditampilkan dalam iklan. Lantas bagaimana cara meningkatkan citra dari brand kita?

Sederhana, gunakan storytelling.

Mas Han berbagi ilmu saat beliau dengan tidak sengaja membuat JakartaVintage, yaitu sebuah bisnis mengolah barang bekas antik dari tahun 60-70 an. Ketimbang membuat sebuah promosi dan pencitraan, justru semangat dibaliknya lah yang membuat Jakarta Vintage dikenal luas. Dalam Jakarta Vintage, terdapat sebuah cerita di mana Mas Han dan rekannya ingin membuat kita menggunakan barang yang sudah ada, tanpa harus mengorbankan lingkungan atau kayu yang biasa dibuat menjadi furniture. Jika kita bisa menggunakannya kembali dan bahkan lebih estetik, untuk apa kita membuat baru dan menebang sana-sini yang bisa merusak planet kita sendiri.

CerdasMulia Leadership and Training Center berdiri karena ingin membawa perubahan bagaimana generasi muda belajar dan berkembang dengan lebih baik. Itulah kemudian setiap pelatihan yang diluncurkan, seperti life planning dan learning principle selalu banyak peminat karena memang diperlukan siswa. Zaida Hejab nya Yora juga berangkat dari semangat untuk bisa mengangkat martabat wanita yang menggunakan hijab, dan menjadikan setiap muslimah semakin percaya diri dan bangga dengan hijab yang dikenakannya.

Namun, selain teknik cerita yang bagus, hal ini harus dibarengi dengan produk yang berkualitas. Jadi, cara untuk mengangkat brand kita sebenarnya sederhana, buatlah produk berkualitas dengan unsur cerita kuat di dalamnya. Cerita dibalik produk tersebut usahakan memiliki nilai movement atau pergerakan menuju hidup yang lebih baik. Keep looking forward, buatlah sebuah pergerakan dan perubahan nyata dari produk yang kita ciptakan.

Terkait dengan semangat perubahan, komitmen TDA Kampus untuk terus berbagi inspirasi diwujudkan salah satunya melalui Gathering Akbar TDA Kampus yang direncanakan tanggal 13 April 2013 yang akan dilaksanakan di Depok dengan narasumber Mas Han, Mas Rene (Rene Suhardono), dan saya sendiri. TDA Kampus adalah salah satu komunitas yang terbentuk dari sebuah semangat movement untuk menjadikan mahasiswa sukses kuliah namun memiliki bisnis yang juga besar (enlightenment studentpreneur) dengan semangat berbagi yang tinggi. Kami percaya, the new currency in business is about sharing. Semakin banyak kita berbagi, semakin banyak yang kita dapatkan. Bahkan kalau kata mbak Ai dari akademi berbagi, saat kita berbagi 1, maka kita mendapatkan 10. Kalau saya percaya, saat kita memberi 1, maka kita akan mendapatkan 100-700 dari apa yang kita berikan. Tidak selalu uang, ilmu pun bisa. Manfaatkan media social, ciptakan komunitas, dan budaya saling berbagi di dalamnya.

Ingin bisnis Anda berkembang? Ciptakan produk unggul dan bernilai tambah, ceritakan movement apa yang Anda bawa dalam produk tersebut, kemudian berbagilah agar banyak orang yang bisa merasakan manfaat dari Anda. That’s new currency in business.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

 

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!