Achievement Pengembangan Diri

Panduan Lengkap Mewujudkan Resolusi 2017

Written by Arry Rahmawan

Sudah Membuat Resolusi 2017?

Loh, kok baru ditanya sekarang? Kan tahun baru sudah lewat ya, hehe… Ya gapapa, hanya sekedar memastikan saja. Siapa tahu, kamu malah belum membuat resolusi 2017. Emang penting ya untuk membuat resolusi? Apa sih pentingnya?

Alasan pentingnya membuat resolusi hidup mungkin tidak perlu saya buat detil. Saya hanya ingin mengajak kamu berpikir tentang suatu hal yang sederhana. Misal, saat ini kan lagi panas – panasnya musim pilkada Jakarta. Apa sih yang membuat kamu tertarik untuk memilih salah satu pasangan calon dibanding lainnya?

Salah satu hal yang paling menentukan adalah rencana programnya selama 5 tahun menjabat, bukan? Semakin bagus programnya, semakin meyakinkan, maka kita pun akan semakin semangat untuk mendukung salah satu calon. Kenapa? Karena kita jadi tahu, ke mana arah kota akan dibawa. Apa yang akan dilakukan, dan kira – kira seperti apa nanti terwujudnya.

Nah, sekarang bayangkan, apa reaksi kamu terhadap calon yang tidak punya rencana sama sekali untuk membangun Jakarta? Saat ditanya rencananya apa, dia hanya bilang, “ya udah, jalanin aja. Liat aja nanti gimana.” Saya yakin, kamu pasti ga milih calon yang kaya gitu. Malah mungkin kita akan ngeri, ngebayangin bakal banyak hal yang tidak diinginkan mungkin akan terjadi.

Kalau yang hanya mengatur sebuah kota yang hanya 5 tahun aja perlu perencanaan dan program kerja yang baik, bagaimana dengan kita yang hidupnya (insyaAllah) lebih panjang dari 5 tahun ke depan? Pun kalau kita ingat masa aktif berorganisasi dulu, untuk membuat acara yang durasinya hanya 1 – 2 hari saja kita butuh proposal, butuh rencana. Begitu pula dengan hidup kita.

Jadi, kamu udah punya resolusi belum di tahun 2017 ini? ^^

Saya sudah punya resolusi, tapi kok tidak tercapai?

Ada yang bertanya, “kak, saya sudah membuat resolusi, tapi kok ya tidak tercapai? Hanya sekedar impian saja gitu. Ditulis saja, tapi tidak kunjung terwujud.”

Jawabannya simpel : resolusi bukanlah penentu apakah kita bisa mencapai apa yang kita inginkan. Resolusi adalah pengarah, namun yang menentukan apakah kita bisa mencapai arah itu adalah tindakan – tindakan kita. Masalahnya, apakah kita sudah mengeluarkan tindakan terbaik untuk mewujudkan resolusi hidup kita? Atau jangan – jangan, selama ini resolusi hidup kita dari tahun ke tahun itu diulang – ulang. ^^

Saya sudah menuliskan beberapa tips seputar resolusi hidup di akun Facebook saya. Silakan intip saja di timeline. 

Lalu, bagaimana panduan untuk mewujudkan resolusi 2017 nya?

Selain tindakan – tindakan nyata, ada beberapa panduan lain yang bisa kamu pelajari. Beberapa waktu lalu, saya diminta menjadi narasumber di salah satu media massa nasional oleh jurnalis – jurnalis muda Indonesia. Saya diminta untuk sharing tips dan trik seputar bagaimana cara mewujudkan resolusi dan memetakan apa saja penghambatnya.

Saat saya kemudian melihat ulasannya di media massa tersebut, ternyata penjelasannya lengkap lho! Tidak hanya lengkap, tapi juga praktis! Berikut ini adalah screenshot nya.

Panduan Lengkap Mewujudkan Resolusi 2017

Panduan ini diterbitkan di Koran Sindo cetak edisi Sabtu, 7 Januari 2017. Disana lengkap diulas mulai dari apa saja penghambat resolusi, hingga tips – tips untuk mewujudkan resolusi. Ada juga statistik yang menjelaskan seberapa banyak anak muda yang memiliki resolusi dalam hidup mereka.

Kabar baiknya, saya akan bagikan halaman tersebut kepada kamu di posting kali ini. Kamu bisa unduh, dan karena ini adalah file dengan resolusi besar, jadi kamu bisa zoom kalo hurufnya ga keliatan. Hehehe..

Silakan unduh file PDF nya dengan KLIK LINK BERIKUT INI.

Link nya saya share via Google Drive. Setelah di buka, silakan klik di pojok kanan atas. Di sana ada tombol download, dan bisa diunduh dokumennya.

Beberapa tips mungkin ada yang terlihat common sense, alias biasa saja. Tapi sebenarnya memang inti dari ilmu pengembangan diri adalah menjadikan yang common sense itu menjadi common practice. Kalau kita melihat sesuatu yang kira – kira tipsnya biasa saja, coba tanyakan kepada diri kita. “Sudahkah saya menerapkan cara tersebut dalam kehidupan saya?”

Semoga, panduan lengkap ini bisa membantu kamu mewujudkan semua resolusi hidup kamu di tahun 2017 ini ya. Amiiin.

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

  • Wah, senang sekali ternyata dipublish sama Kak Arry di webnya hehe.
    Terima kasih ya kak atas kesediaan waktu serta inspirasi untuk berbaginya.
    Semoga bisa bermanfaat bagi khalayak ramai dan semoga kapan-kapan bisa sharing lagi hehe 🙂

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!