Inovasi dan Kewirausahaan

Panduan Membuat Business Plan yang Baik

Written by Arry Rahmawan

Pada bulan Maret lalu, saya diminta oleh ketua CEDS Universitas Indonesia untuk membantu mereka dalam menyiapkan sebuah business plan untuk persiapan lomba kewirausahaan. Jika saya berkaca dari pengalaman, umumnya jarang sekali pengusaha yang pada masa – masa awal membuat sebuah business plan yang lengkap. Kebanyakan dari mereka adalah orang – orang yang berani mengambil risiko untuk langsung terjun dalam dunia bisnis.

Seiring berjalannya waktu, saya menggunakan business plan ketika memang bisnis sudah berjalan dan masuk ke dalam tahap membangun sistem. Memangnya membangun bisnis itu ada berapa tahap? Membangun bisnis itu ada 5 tahap, berikut ini adalah tahapannya:

  1. Mencari ide dan mengukur risiko
  2. Tahap peningkatan penjualan
  3. Tahap profiting (peningkatan keuntungan)
  4. Membangun sistem
  5. Penggandaan (multiplying)

Untuk tahapan – tahapan itu kita bahas di artikel terpisah ya, hehe. Intinya yang ingin saya sampaikan, di tahap awal yang penting produk itu laku dulu. Setelah berkembang lebih besar, baru deh kita membuat business plan karena kita bisa menjalankan bisnis kita dengan lebih serius.

Kembali ke business plan,

Saya sendiri sudah membuat sebuah tulisan tentang bagaimana bikin business plan yang simpel dan efektif. berikut ini adalah tulisannya,

Tulisan di atas saya buat berdasarkan buku kewirausahaan yang saya susun, Studentpreneur Guidebook.

Jika kurang, untunglah saya ingat bahwa saya pernah memberikan kuliah umum di Universitas Padjadjaran Bandung tentang bagaimana membuat business plan yang efektif. Kuliah ini saya sampaikan di Fakultas Ekonomi UNPAD dalam rangka persiapan untuk kompetisi. Berikut ini adalah slide nya yang telah saya upload di Slideshare.

Dalam panduan di atas, Anda bisa mempelajari bagaimana merancang business plan yang lebih tepat untuk disesuaikan dengan bisnis Anda masing – masing. Business Plan bisa juga digunakan untuk kepentingan mencari investor, lho. Asalkan disertai dengan kemampuan komunikasi yang baik kepada calon investor Anda.

Bagaimana menurut Anda?

GRATIS! Ayo Gabung di Komunitas Indonesia Berpijar!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!