PELATIHAN & SEMINAR

Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan (PIK) Dasar Innovaction UI bersama Arry Rahmawan

Written by Arry Rahmawan

Universitas Indonesia merupakan salah satu institusi pendidikan terbaik di Indonesia yang memiliki perhatian dalam menghasilkan inovator – inovator muda. Hasil proses belajar dan penelitian yang dilakukan sivitas akademika UI, diharapkan bukan hanya sekedar memenuhi jumlah publikasi, namun bagaimana caranya menjadi solusi langsung untuk memecahkan masalah di masyarakat.

Maka dari itu, Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia mengadakan program UI Innovaction 2017, dengan harapan akan melahirkan inovator muda yang dapat menghasilkan solusi – solusi terbaik untuk Indonesia.

Berdasarkan ratusan proposal ide yang masuk, dipilih 50 tim yang memenuhi kriteria untuk diberikan pelatihan inovasi dan kewirausahaan (PIK) Dasar dan lanjutan untuk membekali mereka bagaimana menghasilkan inovasi yang dapat dikomersialisasikan.

Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan (PIK) Dasar dan Lanjutan ini diambil berdasarkan modul yang disusun oleh 3 orang ahli, yaitu Susalit Setya Wibowo, S.Si, MT dari BPPT, Arry Rahmawan Destyanto, ST, MT, dari Departemen Teknik Industri UI, dan Dodie Prawisudo, B.Eng dari Business Innovation Center.

Pelatihan dibagi menjadi 2, yaitu PIK Dasar dan Lanjutan. PIK Dasar diadakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 14 – 15 Agustus 2017.

Pada hari pertama, peserta ditanamkan dengan prinsip dasar dan pola pikir seorang inovator. Beberapa aktivitas menarik yang dilakukan adalah peserta diberikan contoh studi kasus menarik untuk menstimulasi inovasi untuk memecahkan masalah.

Sesi berikutnya adalah penanaman mindset kewirausahaan dalam menghasilkan inovasi. Sesi ini dibawakan langsung oleh Arry Rahmawan kepada inovator – inovator muda UI yang terpilih. Di sesi ini, peserta diberikan berbagai pemaparan, aktivitas menarik, dan studi kasus yang bertujuan untuk menanamkan bahwa inovasi yang berhasil, adalah inovasi yang dapat dikomersialisasi secara masal. Selain itu, para peserta juga diberikan suntikan motivasi mengapa berwirausaha dapat menjadi pilihan yang menjanjikan, selain pilihan berkarir pada umumnya melalui contoh dan studi kasus yang ada.

Penanaman Pola Pikir Kewirausahaan Bersama Arry Rahmawan

Bentuk pelatihan tidak hanya berupa pemaparan, tetapi para peserta diminta untuk melakukan konstruksi berpikir melalui pemberian studi kasus nyata di lapangan. Misalnya, peserta diberikan contoh – contoh wirausahawan mahasiswa yang berhasil membangun usahanya. Kemudian, mahasiswa diminta untuk memetakan apa saja perbedaan pola pikir dan karakter antara mahasiswa yang berwirausaha dan tidak.

Pelatihan yang menggunakan problem based learning ini membuat peserta menjadi lebih aktif dan berlatih untuk melakukan konstruksi jawaban secara mandiri. Kondisi kelas pun menjadi lebih seru dan hidup saat pelatihan ini dilakukan.

Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan Menggunakan Metode Problem Based Learning

Setelah pelatihan selesai, peserta pun menjadi tahu tentang apa saja pola pikir dan karakter yang dimiliki oleh para pengusaha yang sukses. Tidak kalah pentingnya, peserta juga menjadi paham apa saja prinsip yang harus mereka pegang untuk menghasilkan inovasi – inovasi yang dapat ditingkatkan ke tahap komersialisasi.

Para peserta yang lulus dari PIK Dasar ini, kemudian akan melanjutkan ke PIK Lanjutan yang akan membahas tentang bagaimana langkah teknis untuk menerapkan prinsip berpikir desain dalam menghasilkan inovasi di tanggal 24 – 25 Agustus 2017 yang akan diceritakan di liputan berikutnya.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!