PELATIHAN & SEMINAR

Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan (PIK) Lanjutan bersama Arry Rahmawan

Written by Arry Rahmawan

Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan Lanjutan – DIIB UI

Sebagai wujud komitmen untuk menghasilkan inovator – inovator muda masa depan, Universitas Indonesia melalui Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) mengadakan rangkaian acara pelatihan dalam program Innovaction UI, sebuah program untuk menghasilkan inovator – inovator muda terbaik dari sivitas akademik Universitas Indonesia.

Peserta Innovaction UI berjumlah 50 tim yang memenuhi standar kriteria ide yang inovatif dan dianggap memiliki nilai ekonomis yang tinggi, setelah sebelumnya diseleksi dari ratusan proposal yang masuk ke dalamnya.

Setelah diseleksi, setiap tim akan diberikan rangkaian pelatihan, yaitu Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan Dasar serta Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan Lanjutan (PIK Dasar & Lanjutan).

PIK Dasar dilaksanakan pada tanggal 14 – 15 Agustus 2017 lalu yang laporannya dapat dilihat di sini. PIK Dasar dibawakan oleh Arry Rahmawan, sebagai instruktur yang membawakan materi tentang pola pikir wirausawahan (entrepreneur mindset) dan juga pengantar berpikir desain (design thinking).

Untuk informasi lebih detil terkait dengan PIK Dasar, silakan langsung klik di sini.

Semua tim yang telah mengikuti PIK Dasar, kemudian mengikuti PIK Lanjutan yang dilaksanakan pada 21 – 22 Agustus 2017. PIK Lanjutan ini berisikan materi lebih lanjut tentang bagaimana menciptakan inovasi yang terukur melalui pendekatan design thinking. Pada PIK Lanjutan, materi dibawakan langsung oleh Arry Rahmawan sebagai instruktur utama dibantu dengan 2 fasilitator.

PIK Lanjutan adalah pelatihan di mana peserta dibimbing agar dapat melakukan proses inovasi terstruktur yang memiliki 3 kriteria : inovasi tersebut realistis untuk dilakukan (feasible), dibutuhkan oleh pengguna (desirable), dan bisa menguntungkan secara aspek bisnis (profitable).

PIK Lanjutan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama adalah research & analysis, peserta dilatih tentang bagaimana teknik melakukan riset yang bertujuan untuk mencari informasi agar : mengetahui bidang inovasi lebih mendalam, agar dapat menemukan peluang inovasi yang orisinil, realistis, dan dibutuhkan oleh penggunanya. Riset ini juga berguna untuk menemukan karakteristik apa yang dimiliki dari inovasi yang berhasil dengan inovasi yang gagal di pasaran. Setelah peserta mendapatkan informasi yang cukup, informasi tersebut kemudian dicari polanya dan diringkas intisarinya menjadi sumber informasi yang bermanfaat untuk proses inovasi kedepannya.

Peserta diminta untuk mengumpulkan, menyusun, dan menganalisa informasi yang relevan.

Sesi berikutnya adalah sesi Ideation, di mana setelah setiap kelompok mendapatkan informasi yang dibutuhkan sebagai ‘bahan bakar’ inovasi, maka setiap kelompok melakukan brainstorming untuk menghasilkan ide – ide yang unik. Dalam pelatihan ini, teknik yang digunakan adalah teknik brainstorming yang unik yaitu NGT (Nominal Group Technique). NGT adalah sebuah teknik brainstorming di mana setiap peserta tidak diperkenankan untuk memberikan komentar atau masukan secara verbal. Jadi setiap anggota kelompok dilarang berbicara, dan hanya fokus menghasilkan ide – ide yang unik dari informasi yang dikumpulkan tadi.

Di fase ideation, peserta menghasilkan ide kreatif sebanyak – banyaknya berdasar informasi yang telah didapat.

Sebagai hasil akhir, setiap tim diminta untuk ‘menyusun’ ide – ide yang dihasilkan tadi menjadi sebuah sketch prototype, yaitu prototipe inovasi yang digambarkan di sebuah kertas.

Peserta membuat “sketch prototype” agar gagasan semakin konkrit.

Para peserta antusias sekali dengan workshop PIK Lanjutan ini, karena mereka dapat banyak belajar secara praktikal dan mencoba berbagai macam tools untuk inovasi yang lebih baik.

Antusiasme peserta dalam mengikuti PIK Lanjutan “Berpikir Desain”

Referensi utama yang digunakan dalam Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan ini adalah modul Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan Dasar – Lanjutan yang ditulis oleh 3 penyusun, yaitu Arry Rahmawan, ST, MT dari Departemen Teknik Industri UI, Susalit Setya Wibowo, S.Si, MT dari BPPT, dan Dodie Prawisudo, B.Eng dari Business Innovation Center.

Acara Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan (PIK) Lanjutan ini ditutup dengan pemberian hadiah bagi peserta dan tim terbaik yang dinilai memiliki performa terbaik sepanjang jalannya pelatihan.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!