PELATIHAN & SEMINAR

Pelatihan Kewirausahaan Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR bersama Arry Rahmawan

Written by Arry Rahmawan

Serunya Pelatihan Kewirausahaan Dharma Wanita Persatuan Kementerian PUPR bersama Arry Rahmawan

Pada pekan ke-3 bulan September 2017 lalu, telah diselenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk segenap pengurus dan anggota Dharmawanita Persatuan (DWP) Kementerian PUPR bersama Arry Rahmawan. Acara yang dijalankan selama satu hari penuh mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore ini dibuka dengan serangkaian prosesi seremonial dan juga dibuka langsung dengan Ibu Menteri Kartika Basuki Hadimuljono.

Pelatihan kewirausahaan ini merupakan pilot project yang diinisiasi oleh pengurus DWP PUPR untuk memberdayakan ibu – ibu untuk dapat memanfaatkan waktunya agar menjadi lebih mandiri secara ekonomi.

Sesi yang begitu padat ini diikuti dengan sangat antusias oleh ibu – ibu DWP PUPR. Beragam pertanyaan dan lontaran diskusi yang mengasyikkan muncul dari peserta. Apa saja materi yang ada dalam pelatihan ini?

Pada sesi pertama, peserta mendapatkan materi tentang apa itu mindset seorang wirausahawan. Pada sesi peserta digiring melalui diskusi dan juga permainan – permainan seru untuk mensimulasikan sebenarnya apa yang diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan. Setiap kelompok dalam pelatihan ini pun kemudian berlomba – lomba untuk dapat menjawab pertanyaan yang diberikan sebagai bahan pemicu diskusi. Suasana begitu pecah dan menyenangkan. Ada 3 poin utama yang diberikan dalam sesi ini, yaitu bagaimana peserta memiliki mindset yang selalu berpikir untuk memecahkan masalah (problem solving), memberikan nilai tambah (value added), dan juga berani mengambil risiko (risk taker).

Penjelasan tentang Entrepreneurship Mindset Bersama Arry Rahmawan

Pada sesi kedua, peserta mendapatkan materi tentang bagaimana membuat rencana bisnis dengan menggunakan Business Model Canvas. Pada sesi ini peserta dibekali dengan berbagai macam teori dan tutorial tentang bagaimana caranya mengisi Business Model Canvas yang baik dan benar. Setelah sesi pembekalan selesai, peserta diminta untuk melakukan praktik langsung bagaimana caranya mengisi Business Model Canvas.

Peserta membuat rencana bisnis dengan business model canvas

Sesi ketiga juga tidak kalah seru, dengan masih tetap dipandu oleh Arry Rahmawan sebagai instruktur, para peserta dibimbing untuk mempraktikkan strategi marketing dan selling secara langsung kepada sesama peserta. Di sana, peserta bisa langsung mempraktikkan keterampilan menjual dengan para peserta lainnya. Pemenang akan dilihat dengan mempertimbangkan berapa banyak barang yang terjual dan siapa yang mengumpulkan keuntungan (profit) terbanyak.

Peserta pelatihan praktik tentang bagaimana teknik dan strategi menjual

Sesi keempat kemudian dilanjutkan memperkenalkan setiap peserta dengan formula untuk mengalikan dan meningkatkan keuntungan berkali – kali lipat. Di sesi ini, walaupun sebagai sesi terakhir, sangat bermanfaat untuk memberitahu peserta apa saja faktor – faktor yang dapat meningkatkan keuntungan bisnis secara signifikan.

Pelatihan kewirausahaan untuk Dharmawanita Persatuan Kementerian PUPR ini dilaksanakan secara 1 hari penuh dengan instruktur utama Arry Rahmawan. Pelatihan ini ditutup dengan pemberian hadiah bagi para peserta yang aktif dan partisipatif, selanjutnya kemudian ditutup dengan pemberian pesan dan kesan dari para peserta yang secara umum memberikan penilaian rata kanan (atau sangat bagus) dari kuesioner yang diberikan.

Sampai jumpa lagi di pelatihan kewirausahaan untuk angkatan berikutnya!

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Salam,
Arry Rahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!