Achievement Pengembangan Diri

Ramadhan Planner untuk Mengoptimalkan Produktivitas Ramadhan 2018

Written by Arry Rahmawan

Mengoptimalkan Ramadhan 2018 dengan Menggunakan Ramadhan Planner

InsyaAllah beberapa saat lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Sebuah bulan yang penuh berkah dan ditunggu – tunggu oleh seluruh umat Islam. Pada bulan Ramadhan inilah Allah SWT menjanjikan ganjaran yang berlipat atas segala amal shaleh yang dikerjakan. Semoga kita semua bisa diberikan kesempatan untuk bisa mengoptimalkan Ramadhan kita tahun ini, amin ya robbal ‘alamiin.

Ngomong – ngomong tentang mengoptimalkan Bulan Ramadhan, sudah biasa sekali kita mengalami bahwa semangat untuk mengoptimalkan Ramadhan besar sekali di waktu – waktu awal memasuki Ramadhan. Semangat itu kemudian perlahan mulai terkikis, seiring dengan semakin banyaknya aktivitas – aktivitas yang dilakukan (salah satunya adalah buka puasa bersama, atau bukber). Bukber ini seringkali mengikis waktu shalat tarawih dan tilawah quran, sehingga membuat semangat mengoptimalkan Ramadhan menjadi kendur.

10 malam terakhir Bulan Ramadhan lebih menantang lagi untuk mengoptimalkan Bulan Ramadhan. Tawaran diskon di berbagai mall, potongan harga, semakin sibuk mempersiapkan lebaran, beli baju baru, hingga mengirimkan bingkisan parcel ke kerabat terdekat semakin membuat konsentrasi mengoptimalkan Ramadhan semakin buyar. Tidak heran, Allah menjanjikan keberkahan lebih dalam 10 malam terakhir Bulan Ramadhan, sebagai ganjaran untuk mereka yang konsisten, salah satunya dengan adanya malam Lailatur Qadar, atau yang dikenal sebagai malam yang lebih baik dari 1,000 bulan.

Tentunya sebagai umat Islam, secara logika, kita akan sangat rugi jika tidak mengoptimalkan Bulan Ramadhan. Bagaimana tidak, di waktu yang sangat singkat selama 1 bulan, Allah SWT memberikan kesempatan bagi hambaNya untuk meraih pahala yang bertaburan, berlipat ganda, yang bahkan digambarkan saking bertaburnya ganjaran, tidur pun bisa jadi bernilai ibadah. Ibaratnya saat ini di hadapan kita Allah SWT sedang memperlihatkan gunung emas besar yang bisa kita tambang sepuasnya selama 1 bulan, maka akan sangat rugi jika kita hanya mengambil emas dalam kadar sedikit.

Lalu, di tengah janji Allah yang luar biasa di tengah Bulan Ramadhan, mengapa juga masih banyak dari kita yang belum mengoptimalkan Bulan Ramadhan? Mengapa selalu terjadi siklus yang berulang: semangat di awal, terkikis di tengah, dan semakin tidak semangat di akhir Bulan Ramadhan. Padahal, setiap awal Bulan Ramadhan kita selalu memiliki semangat yang menggebu – gebu untuk dan yakin bisa mengoptimalkannya.

Jika sudah begitu, adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan Ramadhan kita?

Dalam arsip blog saya di arryrahmawan.net ini, Anda dapat menemukan berbagai macam tips untuk mengoptimalkan Bulan Ramadhan yang akan datang sebentar lagi. Beberapa yang dapat Anda baca di antaranya adalah artikel saya berjudul,

Sudah dibaca? Jika belum, silakan dibuka dan diamalkan. Tulisan kali ini adalah tulisan untuk melengkapi pertanyaan para pembaca yang sudah mengamalkan dan membaca artikel tersebut, tapi masih bingung dan merasa Ramadhannya belum optimal. Apa yang ingin saya posting ini adalah ‘tambahan’ sedikit untuk membuat Ramadhan kita nantinya semakin optimal.

Satu hal yang saya sadari dari kurangnya tips yang pernah saya tulis adalah tips – tips yang pernah saya bagikan kebanyakan adalah tips yang berfokus mengoptimalkan Ramadhan saat Bulan Ramadhan sedang berjalan. Namun, ada satu cara lagi yang sebenarnya bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan Ramadhan yaitu dengan melakukan evaluasi dan perencanaan dengan lebih matang sebelum waktu Ramadhan tiba.

Sebelum Ramadhan, ada baiknya kita bertanya 4 hal kepada diri kita agar kita lebih siap untuk mengoptimalkan Bulan Ramadhan. Ketiga pertanyaan tersebut adalah,

  1. Seperti apakah Ramadhan saya tahun lalu?
  2. Seperti apakah Ramadhan ideal yang saya yakin bisa mewujudkannya?
  3. Apa sajakah hal – hal yang menghambat saya dalam menggapai Ramadhan yang ideal pada tahun sebelumnya?
  4. Bagaimana strategi yang akan saya lakukan agar Ramadhan Ideal tersebut tercapai di tahun ini?

Keempat pertanyaan tersebut dapat Anda coba tanyakan kepada diri Anda sebelum Bulan Ramadhan, untuk bisa mempersiapkan Ramadhan kali ini dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Ramadhan Planner, yang bisa ditemukan banyak di internet untuk membantu mengoptimalkan Ramadhan Anda tahun ini.

Saya merekomendasikan ada dua Ramadhan Planner yang bisa Anda coba. Pertama adalah Ramadhan Planner 2018 yang dibuat oleh Inspirasi Islami, dengan tampilan sebagai berikut:

Ramadhan Planner 2018

Dan satu lagi adalah Ramadhan Planner 2018 dari Extraordinary Ramadhan, dengan tampilan sebagai berikut,

Extraordinary Ramadhan 2018

Untuk mengunduhnya, silakan klik link berikut ini,

Unduh Ramadhan Planner 2018 dari Inspirasi Islami
Unduh Ramadhan Planner 2018 dari Extraordinary Ramadhan

Semoga Bermanfaat.

Salam,
Arry Rahmawan

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment