Diary

Selamat Datang, Irsyad Sayang!

baby-irsyad
Written by Arry Rahmawan

Selama 4 hari terakhir ini, hati saya bercampur aduk antara rasa senang, terharu, tegang, dan takut. Ya, karena di hari Rabu, 5 Oktober 2016 kemarin, Allah baru saja mengamanahkan kepada kami (saya dan istri) seorang putra pertama. Lahir dengan berat 3.3 kg, panjang 50 cm melalui persalinan normal. Seorang bayi mungil dan sehat yang sudah dinantikan kehadirannya sejak 9 bulan yang lalu.

Dialah Irsyad Imannurrasyid Rahmawan. Seorang yang di dalam namanya kami berikan misi hidup untuk menjadi seorang “pemimpin yang memberikan petunjuk dengan cahaya keimanan dan kecerdasannya untuk menjadi rahmat bagi alam semesta.” Sebuah nama yang tidak sekedar nama, namun kami sematkan sebuah misi bahwa hidup ini adalah perjuangan. Ya, perjuangan untuk memimpin dunia menuju arah lebih baik sebagai bekal hidup kita saat pulang nanti ke akhirat kelak.

Perasaan senang dan terharu karena Irsyad lahir dengan selamat, begitu pula ibunya. Sehat dan menggemaskan, itulah kesan yang pertama kali saya dapatkan. Seorang bayi suci, yang ketika berjumpa langsung saya kumandangkan adzan di telinganya. Membuat air mata ini meleleh begitu derasnya, bahwa sekarang saya sudah menjadi seorang ayah.

Tegang, karena namanya juga anak pertama. Begitu banyak akselerasi yang harus saya lakukan untuk menyesuaikan diri. Menghadapi Irsyad saat menangis, belajar mengangkat dan menggendong bayi. Mengganti popoknya yang kotor, atau mendengarnya menjerit – jerit saat dimandikan (katanya karena kedinginan ^^). Namun alhamdulillah, semuanya normal kata dokter. Dia pun sehat, dan sekarang saya sedang terus – menerus belajar bagaimana merawat bayi.

Sedih, karena mengingat betapa berat beban yang Allah berikan ke pundak saya dengan menitipkan Irsyad. Saya harus memastikan dapat menjadi pendidik, trainer, guru, dan teladan untuk anak ini. Sholeh atau durhakanya anak ini, akan ada andil dari kami juga. Mengalir deras air mata saat mengingat betapa banyak tantangan yang harus saya hadapi untuk menempa Irsyad agar dapat mengemban misi yang kami sematkan di namanya.

Tapi, bukankah urusan pendidikan dan mengurus anak itu adalah bagian istri? Bukankah ayah hanya bertugas mencari uang agar Irsyad bisa makan dengan cukup?

Nyaris saja saya berpikir seperti itu, jika saya tidak teringat dengan nasihat dari Ust Bendri yang mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menuju ke arah fatherless nation, negeri tanpa ayah. Seorang bapak yang hanya sibuk mencari nafkah, sehingga lupa untuk merancang kurikulum pendidikan anaknya di rumah. Semua diserahkan kepada istrinya. Beruntung jika istrinya concern, jika tidak, maka fase pendidikan anak yang krusial bisa jadi justru dititipkan ke orang lain, bahkan pembantunya. Tidak heran jika banyak anak yang cukup secara materi, semua tercukupi, namun mentalnya tidak terbentuk dengan baik karena kehilangan sosok ayah dalam pendidikannya.

Mentor saya, Dr Arief Munandar mengatakan bahwa jika pendidikan anak diserahkan kepada ibu sebagai guru, maka ayahnyalah kepala sekolahnya. Ayahnya lah yang memberikan arahan ke mana arah pendidikan yang ingin dituju. Ayahnya lah yang mengawasi apakah pendidikan berjalan dengan maksimal, dan ayahnya lah yang mengevaluasi apakah pendidikannya efektif dan memerlukan perubahan arah.

Jadi, yang saya pahami ayah bukanlah hanya sebagai mesin ATM anaknya, tetapi di tangan ayah lah seperti apa seorang anak akan terbentuk.

Maka dari itu, melalui tulisan ini saya mohon doa dari seluruh pembaca blog arryrahmawan.net, doakan Irsyad semoga menjadi anak yang shaleh dan dapat menjadi penyejuk mata orang yang memandangnya, serta pembuka pintu surga bagi kedua orang tuanya.

Mohon doa juga untuk istri dan saya, semoga dapat menjadi orang tua yang amanah dalam menjaga titipan Allah ini. Semoga, kami dapat membawamu siap untuk mengemban misi yang kami berikan kepadamu.

Selamat datang ke dunia, Irsyad Imannurrasyid Rahmawan.

Salam,
Arry Rahmawan

Personal Development Trainer
Direktur CerdasMulia Institute
Founder ProductiveME! Academy Online

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Untuk mengundang Arry Rahmawan memberikan seminar atau pelatihan di institusi Anda, silakan hubungi contact@cerdasmulia.co.id

Segera daftar ProductiveME! Academy Online, program terbaru untuk meningkatkan produktivitas hidup Anda! Klik productive.cerdasmulia.net

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!