Uncategorized

Showing Your Passion, Why Not?

Membahas topik tentang passion merupakan salah satu hal yang paling saya sukai. Ya, karena beraktivitas sesuai dengan passion menurut saya merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Setiap manusia itu tercipta unik, spesial, dan berbeda satu sama lainnya. Setiap manusia memiliki passion nya masing-masing. Setiap orang memiliki hal-hal yang ia sukai di mana hal itu berbeda dari kebanyakan orang lain. Mereka yang bisa memenuhi passion mereka, maka hidup mereka akan selalu happy.

Mengapa topik ini menarik? Karena saat ini masih banyak sekali orang yang dengan terpaksa mengorbankan passion nya atau panggilan hatinya hanya karena tidak yakin passion tersebut relevan dengan tren dan perkembangan zaman. Ada juga yang mengorbankan passion nya karena dorongan dari orang lain. Sebagai contoh, banyak orang yang senang menggambar dan melukis terpaksa memilih jurusan teknik saat kuliah karena banyak yang bilang, “mau jadi apa hidup sebagai seorang pelukis?” Pernah mengalami hal yang serupa? Saya pun pernah.

Saya memegang sebuah aturan sederhana yang berbunyi, “Great results come from a great work. A great work comes from doing your passion.” Sebuah hasil terbaik akan muncul dari kinerja terbaik. Bagaimana untuk menghasilkan kinerja terbaik? Tidak lain adalah dengan mengerjakan apa yang kita cintai.

Saya jadi teringat sewaktu 3 tahun yang lalu di mana saya masih bingung dan tidak mengetahui apa passion saya. Saya belum menyadari bahwa mengetahui passion itu sangat penting. Saya pun selalu mencoba mengejar trend yang ada. Ranking 1 di sekolah, masuk ke jurusan teknik industri, dan semua itu benar-benar berdasarkan tren, arahan orang tua, bukan berasal dari diri saya sendiri.

Hingga sampailah saya di sebuah titik dan pertanyaan besar: kok rasanya apa yang saya lakukan itu monoton? Cepat bosan, dan tidak bermakna ya rasanya? Beberapa petikan cerita tentang kegalauan saya mencari passion dapat Anda baca di blog Wahyu Awaludin, sahabat saya.

Saya terus berpikir dan mencari tahu apa yang saya sukai. Sampailah ke sebuah hasil yang cukup mengagetkan: saya suka sekali menulis, mengajar, dan berwirausaha. Tiga passion yang cukup unik dan sedikit berbeda dengan jurusan yang saya ambil, Teknik Industri. Sewaktu saya mencoba menulis, ada beberapa teman saya yang bilang, “Emang menulis bisa bikin lo ngasilin duit dan bikin kaya?”

Tetapi itu tidak masalah. Showing My Passion, why not? Saya punya keunikan, saya sudah tahu hal-hal apa yang saya sukai. Akhirnya saya mulai menekuni apa yang saya sukai. Menulis, mengajar, dan berwirausaha. Dan…. dari setahun perjalanan, saya tidak menyangka perkembangannya akan sangat pesat sekali (menurut saya).

Dari menulis, dalam waktu setahun tulisan saya sudah masuk ke berbagai media massa dan beberapa penghargaan prestisius. Beberapa di antaranya adalah Pena Emas PPSDMS 2012 dan Blogger Favorit dari Komunitas Blogger Jawa Timur. Blog saya ini juga mendapatkan nominasi di beberapa kategori blogging sebagai blog inspiratif. Saya juga sudah menerbitkan 3 buku dan 2 ebook, yaitu 99 Kisah Inspiratif dan SimplyProductive yang bisa diunduh secara gratis. Saya sering sekali diundang sebagai pembicara seminar, pelatihan tentang jurnalistik dan pemanfaatan media digital untuk menulis. Padahal saya tidak punya latar belakang jurnalis sama sekali. Just showing my passion! Tidak hanya ilmu, saya juga mendapat jaringan, dan bahkan uang dalam jumlah yang sangat lebih dari cukup untuk ukuran saya.

Passion saya di bidang wirausaha saya tunjukkan dengan membuat sebuah lembaga pelatihan keterampilan dan konsultasi belajar, CerdasMulia Leadership and Training Center. Ini juga tidak disangka berawal dari lembaga pelatihan sederhana yang didirikan 2 orang, saat ini sudah berkembang menjadi salah satu lembaga pelatihan pelajar dan mahasiswa yang paling diperhitungkan, sudah menangani lebih dari 100 klien, memiliki 10 orang trainer berkualitas, mengisi lebih dari 3000 jam terbang, dan sudah memiliki lebih dari 6000 alumni. Berawal hanya dari showing my passion. Menunjukkan apa passion saya.

Menurut saya tidak masalah sekarang kita kuliah di jurusan apa, atau sudah bekerja di perusahaan mana. Just showing your passion! Bekerja tidak hanya sekedar masalah uang, namun juga kebahagiaan batin. Berawal dari melakukan apa yang kita cintai itulah kemudian kita bisa memberikan hasil terbaik. Bahagia secara batin. Dikejar dengan posisi strategis serta rezeki yang tidak disangka. Bukankah tidak ada yang lebih menarik selain dibayar mahal atas mengerjakan suatu hal yang sangat kita senangi?

Jadi, apa passion Anda? Sudahkah Anda mencoba untuk mengaktualisasikannya? Jika belum menemukan passion Anda, silakan baca bagaimana cara menemukan passion dalam 10 menit.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar