High Performance Me

Siapakah Sahabat Terbaik Kita?

Nabi Muhammad saw pernah bersabda bahwa seseorang itu akan mengikuti siapa sahabatnya. Sederhananya kita bisa bilang bahwa jika sahabat kita baik maka kita juga akan menjadi orang baik. Namun, jika sahabat kita buruk maka kita juga akan menjadi buruk.

Pernahkah kita berpikir lebih jauh tentang apa yang kita capai saat ini? Apa prestasi terbesar yang telah kita raih? Apa saja karya-karya yang telah kita hasilkan? Sudahkah kita mendapatkan pendapatan sesuai dengan yang kita inginkan? Sudahkah kehidupan yang kita jalani saat ini sesuai dengan yang kita dambakan?

Pernahkah kita bertanya, apakah ada pengaruh dengan siapa kita bersahabat terhadap kehidupan yang kita jalani saat ini? Jika hidup kita saat ini luar biasa positif dan bahagia, adakah pengaruh dari sahabat kita? Sebaliknya, jika saat ini hidup kita masih dalam taraf yang tidak kita inginan, adakah pengaruhnya dengan siapa kita bersahabat? Inilah yang kemudian membuat saya ingin menuliskan tentang siapakah sahabat terbaik kita?

Saya pernah merasakan ada sebuah perbedaan besar saat kita bersahabat dengan orang yang berbeda. Dulu waktu saya SMP saya memiliki banyak sahabat yang perhatian dan sangat solid. Namun sayangnya, sahabat-sahabat saya dulunya adalah orang-orang yang nakal untuk ukuran anak SMP. Saya pun menjadi terbawa, karena jika tidak mengikuti mereka maka saya terancam akan dikucilkan dalam pergaulan.

Saat SMA, di sinilah titik baliknya di mana saya bisa menemukan sahabat-sahabat yang menurut saya adalah orang-orang hebat luar biasa. Waktu itu saya benar-benar termotivasi terus untuk meningkatkan prestasi, mulai dari juara kelas 6 semester berturut-turut, menjadi ketua ekskul, memenangkan beberapa lomba, hingga masuk ke UI tanpa tes. Di situ saya ingat ada nama-nama hebat seperti Fajar Munich, Mian, Opik, Rasti, Yanti, Fajri, Indri, dan sahabat lain yang selalu mengajarkan saya untuk positif dalam segala kemungkinan yang saya hadapi. Mereka adalah orang-orang yang selain bijak memberikan nasihat dalam diskusi, namun juga memberikan contoh bagaimana melaksanakannya.

Sewaktu kuliah, saat saya bertekad untuk menjadi seorang pengusaha muda, saya bingung waktu itu dengan siapa saya berteman. Pada akhirnya saya bertemu dengan Ibnu Abdul Aziz, pemilik GudangBinder dan juga Yora Anastasha owner dari Zaida Hejab. Saat kita bertemu, selalu ada saja aura positif yang terpancar. Terlebih ketika mendengar kabar luar biasa, saat GudangBinder ingin membuka pabrik manufakturnya dan Zaida Hejab yang reseller nya semakin banyak padahal Yora kuliah di dua universitas yang berbeda. Diri ini selalu terlecut untuk bisa menjadi yang terbaik untuk mengembangkan usaha saya di CerdasMulia.

Memang benar ternyata kita akan bergantung dengan siapa kita akan berteman. Menurut saya, sahabat terbaik adalah mereka yang mampu mengeluarkan potensi terbaik dalam diri kita, bukan malah memendamnya. Sahabat terbaik adalah mereka yang mendukung mimpi-mimpi kita, bukan justru malah membunuhnya. Sahabat terbaik adalah mereka yang mampu memberikan contoh terhadap sebuah standar yang luar biasa tinggi, dan mengajak kita untuk megikuti mereka.

Maka dari itu jika saat ini IPK anda berada di bawah rata-rata, bisa jadi sahabat Anda adalah mereka yang IPK nya rata-rata juga. Jika saat ini penghasilan Anda puluhan juta, maka pasti sahabat-sahabat terdekat Anda jika penghasilannya di total tidak lebih jauh hasilnya dibandingkan dengan Anda. Jika selama ini prestasi hidup Anda segitu-segitu saja, bisa jadi memang sahabat di sekeliling Anda bukanlah orang yang terlalu concern terhadap apa yang namanya prestasi.

Jadi hati-hatilah memilih orang yang akan dijadikan sahabat terdekat Anda. Memilih sahabat terdekat bukan hanya memilih orang yang bisa nyaman dengan Anda, tetapi juga bisa mengembangkan diri Anda dengan lebih jauh lagi. Siapakah sahabat terbaik Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!