High Performance Me

Siapkah Kita Menjadi Pemuda Berdaya Saing Global? (Writing Challenge #24)

Written by Arry Rahmawan

28 Oktober 2015. Sebuah hari bersejarah yang selalu dikenang dan diingat sebagai salah satu tonggak awal tercapainya kemerdekaan di Indonesia. Di mana saat itu pemuda/i Indonesia bersumpah untuk bersatu karena memiliki tanah air, bangsa, serta bahasa yang satu, yaitu Indonesia.

Namun, pada tulisan “Memaknai Sumpah Pemuda 2015” saya berpendapat bahwa jika sumpah pemuda dilakukan tanpa tujuan yang jelas, maka jadinya hanyalah semangat retorika dan sekedar ritual saja. Ketika para pemuda awalnya berkumpul untuk bersatu, mereka memiliki impian dan cita – cita yang sama : Indonesia Merdeka!

Sekarang, Indonesia telah merdeka. Pertanyaannya, apakah satu tujuan, satu impian, dan satu titik fokus yang ingin dicapai pemuda pada sumpah pemuda kali ini?

Seperti Apakah Indonesia 2045 dalam Bayangkan Kamu?

Pada saat sumpah pemuda di tahun 1928 diucapkan, para pemuda sedang berjuang, entah 10, 20, atau 30 tahun lagi Indonesia harus terbebas dari penjajah! Sebuah tujuan bersama ini pun akhirnya bisa tercapai pada tahun 1945.

Coba yuk kita sebagai pemuda berpikir sejenak. Di saat kita memperingati sumpah pemuda 2015 ini, apa yang sedang kita perjuangkan? Seperti apa Indonesia yang ingin kita capai? Coba kamu bayangkan sejenak, jika boleh berandai – andai, seperti apakah Indonesia di tahun 2045?

Bayangkan Indonesia 2045.

Apakah Indonesia masih tetap utuh, atau justru akan banyak wilayah yang merdeka masing – masing?

Apakah Indonesia bisa memiliki perekonomian yang kuat, atau hanya menjadi budak ekonomi asing?

Apakah Indonesia akan menjadi sebuah bangsa yang jaya atau justru dipandang sebelah mata oleh bangsa lain?

Apakah Indonesia akan menjadi negara yang disegani, atau justru negara tertindas?

Atau, justru Indonesia akan menjadi negara gagal yang kemudian bubar?

Maka, inilah yang perlu kita perjuangkan. Kita perlu sama – sama memiliki tujuan sebagai pemuda, yaitu bagaimana membawa Indonesia menjadi negara yang disegani dan bermartabat di kancah global.

Sumpah pemuda 2015 kali ini selayaknya dimaknai sebagai sebuah ‘jani persatuan pemuda’ untuk membuat Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan dan disegani di kancah global

Seberapa Siapkah Pemuda Indonesia Bersaing di Kancah Global?

Setelah Indonesia merdeka, tentu tugas kitalah untuk bisa membuat nama Indonesia terus harum dan disegani di dunia internasional. Jika bukan pemudanya, siapa lagi yang akan mengemban tugas ini?

Namun pertanyaannya, apakah pemuda Indonesia sudah siap bersaing di kancah global?

Apabila diukur dari skala 1 (tidak siap sama sekali) hingga 10 (sangat siap), seberapa besarkah kamu siap untuk bersaing secara global?

Beberapa di antara kita mungkin akan menjawab, “saya sangat siap!”. Namun, coba renungkan pertanyaan saya berikut ini,

  • Sudahkah kamu mampu berkomunikasi dengan lancar menggunakan bahasa internasional (khususnya Inggris)?
  • Apakah kamu memiliki paspor? Beranikah kamu mengikuti kompetisi / perlombaan yang diadakan di luar negeri?

Terkadang, saya begitu miris saat masih mengetahui banyak pemuda Indonesia yang sangat ‘alergi’ terhadap bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Baru baca buku berbahasa Inggris sedikit saja, langsung merasa pusing dan mual.

Lalu terkait paspor, tidak semua anak muda punya dan merasa perlu membuatnya. Bahkan ada yang ragu dan tidak PD bisa pergi ke luar negeri.

Saran saya, mumpung kita masih muda, cobalah untuk bisa keluar negeri minimal 1 – 3 kali. Apalagi saat masih mahasiswa. Lihatlah dunia yang begitu luasnya, agar kita sadar bahwa kita adalah salah satu bagian dari dunia.

Dengan melihat dunia luar, kita jadi sadar bahwa kita harus terus – menerus belajar. Dengan belajar yang berkelanjutan seperti ini, saya yakin kelak kamu dapat menjadi seorang yang membawa Indonesia diperhitungkan di kancah global.

Walaupun hanya sekali, beranilah untuk ke luar negeri

Walaupun hanya sekali, beranilah untuk ke luar negeri

 

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Sumpah Pemuda!

Salam,

Arry Rahmawan
Youth Development Trainer
Founder
CerdasMulia Institute

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!