Achievement Life Skills Pengembangan Diri

Strategi Jitu untuk Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

Written by Arry Rahmawan

Awal tahun baru 2018 ini, sengaja saya tidak posting target resolusi 2018 saya yang tidak seperti di tahun – tahun sebelumnya. Tidak ada alasan apapun sebenarnya karena di awal tahun cukup disibukkan dengan berbagai aktivitas silaturahim ke keluarga besar.

Hingga akhirnya saya mendapatkan sebuah email yang bertanya kepada saya, kurang lebih berisikan 2 poin:

  1. Mengapa saya tidak posting resolusi 2018 saya (sudah saya jawab di atas)
  2. Bagaimana caranya menjadikan resolusi 2018 menjadi kenyataan

Nah, tulisan kali ini saya dedikasikan khusus untuk menjawab pertanyaan pembaca yang nomor 2. Walaupun sebenarnya, untuk pertanyaan nomor 2 itu sudah pernah jawab dengan tulisan saya yang berjudul “Panduan Lengkap Mewujudkan Resolusi 2017” yang berisikan kutipan saat saya diwawancara harian SINDO.

Lalu, apa bedanya dengan tulisan saya kali ini? Tulisan saya kali ini akan coba mendetilkan strategi – strategi yang saya terapkan untuk mewujudkan resolusi di tahun 2017 lalu. Alhamdulillah, saya bersyukur masih dapat diberikan kesempatan untuk mewujudkan resolusi 2017 saya satu per satu. Berikut ini adalah beberapa resolusi di tahun 2017 yang tercapai,

  • Mendirikan Signifier Games

Setelah saya menjadi dosen penuh waktu di Departemen Teknik Industri dengan spesialisasi peneliti di laboratorium pemodelan dan simulasi sistem, saya memiliki resolusi untuk mengembangkan sebuah startup yang berhubungan dengan penelitian saya sebagai seorang dosen. Alhamdulillah, pada Bulan Januari saya bisa membangun sebuah Startup yang berfokus dalam pengembangan, pelatihan, dan komersialisasi Serious Simulation Gamesuntuk keperluan edukasi, yaitu Signifier Games. Bagi yang ingin mengetahui Signifier Games dengan lebih detil, silakan akses situsnya di signifiergames.com

Permainan edukatif yang diproduksi SignifierGames.com

  • Presentasi hasil penelitian tesis di luar negeri

Saya menyelesaikan S2 saya pada tahun 2014, dan harus menunggu kurang lebih 2 tahun untuk menyelesaikan penelitian saya hingga bisa dipresentasikan di Asia Pacific System Dynamics Conference yang diselenggarakan di National University of Singapore (NUS), salah satu kampus terbaik di Singapura. Pada presentasi itu, saya mempresentasikan 2 makalah ilmiah yang saya tulis kepada penggiat keilmuan system dynamics di Asia Pasifik.

Presentasi 2 makalah ilmiah (paper) di National University of Singapore

  • Mendapatkan 2 Hak Cipta untuk Pengembangan Permainan Serious Simulation Games

Pada tahun 2017, saya terlibat dalam pengembangan lebih dari 7 permainan Serious Simulation Game, beberapa di antaranya adalah Transergy, Project Management Game, dan Serious Simulation Game. Resolusi saya selain mengembangkan permainan juga sebenarnya ingin melindungi hak kekayaan intelektual dengan hak cipta. Alhamdulillah, sepanjang 2017 ini saya sudah memiliki 2 sertifikat hak cipta untuk 2 permainan edukasi yang saya ciptakan bersama tim di Systems Engineering, Modeling, and Simulation.

  • Memberikan Pelatihan untuk Level Kementerian dan Perusahaan

Di akhir tahun 2016 lalu, saya membuat resolusi di tahun 2017 harus bisa menjadi pembicara yang ‘naik kelas’. Maksud naik kelas di sini adalah mencoba untuk menjadi trainer profesional bagi perusahaan dan juga kementerian. Alhamdulillah, di tahun 2017 lalu saya diberikan kesempatan untuk mendapatkan keduanya. Pada bulan Juli saya memberikan pelatihan profesional Business Model Canvas untuk PT. BPR Perdana dan pada bulan September saya memberikan pelatihan kewirausahaan untuk Dharmawanita Persatuan (DWP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

  • Menyelesaikan Konsep Pendidikan Inovasi untuk Sivitas Akademik Universitas Indonesia

Setelah pada tahun 2016 saya menjadi tenaga ahli untuk merumuskan kurikulum kewirausahaan resmi untuk Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) Universitas Indonesia, pada tahun 2017 saya memiliki resolusi untuk membantu DIIB merumuskan sekolah inovasi untuk mahasiswa/i Universitas Indonesia. Bekerjasama dengan tenaga ahli dari BPPT dan BIC, alhamdulillah resolusi tersebut pada akhirnya terwujud. Selain menghasilkan modul terstandar untuk Pelatihan Inovasi dan Kewirausahaan Universitas Indonesia, saya juga membantu merumuskan pelatihan berjenjang untuk mahasiswa/i UI agar dapat menghasilkan inovasi – inovasi yang memiliki nilai kebaruan dan komersialisasi yang tinggi.

Antusiasme peserta dalam mengikuti PIK Lanjutan “Berpikir Desain”

  • Menghasilkan 10 Publikasi Ilmiah

Berhubung sekarang saya banyak fokus dalam meneliti dan mengajar di Universitas Indonesia, saya memiliki resolusi untuk dapat mempublikasikan 10 publikasi ilmiah selama tahun 2017. Jujur, resolusi ini pada awalnya saya merasa terlalu ambisius. Namun, alhamdulillah pada tahun 2017 saya diberikan kesempatan untuk mempublikasikan 12 karya ilmiah. Karya ilmiah itu terbagi menjadi 2 jurnal internasional, 9 prosiding internasional, dan 1 prosiding nasional, di mana 7 di antaranya terindeks Scopus. Lebih lengkap dapat dilihat di profil Google Cendekia.

Daftar output penelitian saya di Google Scholar

Sebenarnya masih ada beberapa lagi resolusi yang tercapai dan juga tentu banyak yang tidak tercapai. Namun alhamdulillah, setidaknya ada beberapa resolusi besar yang memang sudah lama ditargetkan dan akhirnya tercapai juga.

Saya sebenarnya tergerak untuk menulis artikel ini karena ingin berbagi pengalaman bagaimana caranya agar dapat mewujudkan resolusi tahun baru kita satu per satu. Hal yang memotivasi saya adalah karena masih banyak pembaca blog terutama yang merasa kesulitan untuk mewujudkan resolusi tahun barunya. Padahal, apabila kita terbiasa membuat resolusi namun tidak terwujud itu bisa memberikan efek yang berbahaya. Salah satu dampaknya adalah kita tidak lagi percaya kepada diri kita bahwa kita bisa mencapai impian. Pada akhirnya, kita hanya memasang target resolusi yang rendah atau bahkan cenderung menuntaskan rutinitas saja.

Berikut ini adalah beberapa strategi jitu yang saya terapkan untuk mewujudkan resolusi tahun baru. Sebagai catatan, strategi – strategi ini saya rangkum sebagai strategi yang bekerja dalam hidup saya sehari – hari. Hasil mungkin berbeda pada setiap orang, namun tidak ada salahnya dicoba siapa tahu menemukan strategi yang cocok.

Strategi Jitu untuk Mewujudkan Resolusi Tahun Baru

  • Just be the Best Version of You

Strategi pertama yang selalu saya terapkan untuk diri saya agar resolusi terwujud adalah memastikan bahwa resolusi tahun baru saya original dan berasal dari kejujuran hati saya sendiri. Di saat teman – teman saya lainnya misalkan menargetkan untuk mengambil kursus pemrograman, saya menargetkan untuk mengambil kursus academic writing agar bisa menulis paper sebanyak 10 dalam kurun 1 tahun. Kenapa? Karena saya menyadari bahwa letak kekuatan diri saya ada pada kemampuan menulis dan saya ingin bisa mengeluarkan kemampuan terbaik saya melalui resolusi yang saya tulis. Setiap orang adalah unik, just be the best version of you!

  • Memecah Resolusi Besar Menjadi Action Step Kecil

Berapa banyak di antara kita yang merasa bingung darimana mewujudkan resolusi karena tidak tahu memulai darimana? Hal yang kita lakukan biasanya adalah menunggu momentum atau kapan waktu yang pas, hingga pada akhirnya resolusi itu pun tidak terwujud.

Cara yang saya lakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah memecahnya menjadi action step kecil. Misalnya ketika saya punya resolusi untuk menerbitkan buku, maka saya memecahnya menjadi poin – poin aksi kecil, misalnya:

  • Membuat outline
  • Menulis Draft untuk Chapter 1
  • Menulis Draft untuk Chapter 2
  • Editing naskah
  • dan lain sebagainya

Sebagai tips tambahan, ketika sebuah resolusi dipecah – pecah seperti ini, pada umumnya saya memberikan tenggat waktu atau deadline. Saya menggunakan aplikasi di Macbook dan iPhone saya untuk membantu saya mengatur hal tersebut, misalnya seperti ini:

Memecah Resolusi Menjadi Bagian Lebih Kecil

  • Melakukan Perencanaan Harian dan Evaluasi Harian

Setiap pagi, saya menggunakan aplikasi untuk merencanakan apa saja yang harus saya lakukan. Saya memastikan bahwa setiap harinya selalu ada to-do list yang mendekatkan saya dalam mewujudkan resolusi tahun baru saya.

Contoh Rencana To Do List Harian

Di akhir hari, saya biasa menggunakan aplikasi kembali untuk mencatat evaluasi terkait apa yang saya capai di hari tersebut dan apa yang harus saya perbaiki esok hari. Buat saya, teknik melakukan planning dan evaluating ini sangat bermanfaat untuk membuat saya tetap berada dalam ‘jalur’ untuk mewujudkan resolusi tahun baru saya.

  • Konsisten Menggunakan Teknik Pomodoro

Pomodoro adalah sebuah teknik di mana kita diminta fokus selama 25 menit untuk HANYA mengerjakan pekerjaan kita. Tidak ada media sosial, membuka email, atau akses – akses situs gosip. Setelah 25 menit berlalu, akan ada waktu istirahat 5 – 15 menit, lalu kita masuk lagi ke sesi berikutnya untuk fokus selama 25 menit. Begitu seterusnya hingga saya mendapat 10 Pomodoro setiap harinya. 10 Pomodoro berarti kita fokus mengerjakan tugas atau pekerjaan tanpa interupsi kurang lebih 250 menit dalam 1 hari.

Contoh penggunaan Teknik Pomodoro

Untuk menunjang perhitungan Pomodoro ini, saya juga menggunakan aplikasi di iPhone dan MacBook saya. Setiap minggunya, saya akan melakukan evaluasi berapa banyak rata – rata pomodoro yang saya capai setiap harinya. Apabila rata – rata masih jauh dari angka 10, maka saya coba cari apa penyebabnya dan mencoba untuk ditingkatkan lagi di minggu berikutnya.

Contoh statistik teknik pomodoro

Menggunakan teknik pomodoro ini juga seringkali yang membuat saya agak slow response dalam menjawab email dan pertanyaan yang masuk ke iPhone saya, hehe. Untuk respon yang lebih cepat, silakan hubungi nomor yang tertera di sidebar.

  • Menjaga Keseimbangan Hidup (Work-Life Balance)

Satu hal yang dulu saya sempat salah mengira bahwa untuk dapat menjadi produktif maka saya harus memforsir seluruh tenaga dan waktu saya untuk mengejar segala target. Namun, hal itu justru berdampak buruk pada kesehatan saya sendiri. Banyak pembaca blog ini yang juga mengira bahwa saya workaholic dan mengorbankan banyak waktu, baik itu kesehatan ataupun waktu bersama keluarga. Belum lagi kalau harus keluar kota mengisi seminar/training atau menjadi dosen tamu.

Kenyataannya, saya belajar bahwa agar dapat mewujudkan resolusi, maka kestabilan kesehatan baik itu fisik maupun mental menjadi sangat penting. Maka dari itu sejak menikah, saya selalu menyempatkan tidur 6 – 8 jam sehari, banyak minum air putih, dan banyak jalan kaki untuk menjaga kebugaran fisik. Untuk kesehatan mental, sebisa mungkin weekend saya gunakan untuk waktu berkualitas dengan keluarga, sehingga ketika Senin dimulai lagi saya sudah siap dengan semangat baru.

Kunci menjaga keseimbangan adalah: gunakanlah waktu sesuai pada tempatnya. Jika waktu untuk bekerja, gunakan untuk bekerja. Untuk istirahat ya gunakan untuk istirahat. Banyak sekali kinerja yang tidak efisien diawali dengan menggunakan waktu tidak pada tempatnya. Waktu bekerja digunakan untuk bermain. Waktu bermain atau berkumpul bersama keluarga, justru digunakan untuk bekerja. Hal tersebut membuat kestabilan fisik dan mental menjadi kurang prima sehingga upaya untuk mewujudkan resolusi pun seringkali tersendat. Tips lebih lengkap untuk menjaga kesehatan yang sudah saya terapkan dalam 3 tahun terakhir sudah saya tulis dalam artikel berjudul “5 Cara Meningkatkan Kebugaran Fisik”.

Itulah strategi – strategi sederhana yang mungkin bisa Anda terapkan untuk segera mewujudkan resolusi – resolusi tahun baru Anda.

Apakah Anda memiliki tips – tips lain yang lebih efektif untuk dapat mewujudkan resolusi tahun baru? Silakan bagikan caranya pada kotak komentar di bawah yaa…

Salam,
Arry Rahmawan

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id. Anda juga dapat terkoneksi langsung dengan Arry Rahmawan melalui beberapa jalur media sosial berikut ini:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah simulasi bisnis, business model innovation, dan entrepreneurship development.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

2 Comments

  • Terima kasih banyak pak atas inspirasi nya, ditunggu tulisan-tulisan menginspirasi lainnya. Mau tanya, itu aplikasi pomodoro yang di screenshot apa ya pak?

    • Hi herocodemuslim, terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya.
      Aplikasi yang saya gunakan adalah Be Focused Pro (iOS dan MacOS). Untuk android dan windows ada banyak alternatifnya, tinggal di search saja.

Leave a Comment