Innovation & Entrepreneurship

#STUDENTPRENEUR TIPS: Bagaimana Memulai Bisnis Tanpa Modal Uang Sama Sekali

#STUDENTPRENEUR TIPS merupakan rubrik artikel berseri yang saya buat khusus untuk menambah wawasan para pembaca buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK.  Agar mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, sebaiknya Anda membaca habis terlebih dahulu buku STUDENTPRENEUR GUIDEBOOKKlik Di Sini untuk pemesanan.

Ketika saya berbicara mengenai kewirausahaan untuk teman mahasiswa atau yang masih duduk di bangku sekolah, pertanyaan yang klasik dan hampir selalu terulang adalah, “mungkinkah kita memulai bisnis tanpa modal uang sama sekali?”

Modal uang memang memiliki peran penting dalam pengembangan bisnis, namun dulu sewaktu saya memulai bisnis membangun training vendor CerdasMulia ini pada 2010, saya benar-benar memulainya dari modal uang nol dan ternyata bisa bertahan dan masih tumbuh berkembang hingga saat ini.

Sehingga jawaban saya, sangat mungkin bagi mereka yang ingin memulai bisnis tanpa punya modal uang sama sekali. Banyak caranya saya jabarkan di buku terbaru saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK. Beberapa cara di antaranya bisa kamu coba seperti berikut ini,

3 Strategi Utama yang Perlu Diingat

Banyak sekali cara kreatif yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis tanpa modal. Dari sekian banyak itu ada 3 strategi utama yang perlu dilakukan,

  1. Hindari yang namanya normal business starting. Normal business starting secara umum biasanya sebelum orang membangun bisnis mereka membangun kantor, merekrut orang, sewa toko, memasang iklan, dan lain sebagainya yang dikenal memiliki initial cost yang besar.  Nah, tahan dulu aktivitas ini hingga kamu bisa memperoleh keuntungan dalam bisnis. Ini dinamakan teknik bootsrapping. Coba tekankan pada riset pasar, membuat produk yang bagus, dan membuat penawaran yang menggiurkan. Jika sudah ada keuntungan dan penjualan bagus, baru investasikan kembali untuk hal di atas.
  2. Lakukan semuanya sendiri dulu untuk sementara. Jangan termakan godaan oleh pebisnis-pebisnis sukses, “Bisnis adalah saat kita tinggal tetap jalan namun orangnya jalan-jalan.” atau “Sebagai pebisnis kita tidak perlu tahu seluk beluk teknis karena kita punya karyawan.” No, no, no. Inilah yang sering saya juluki dengan istilah studentpreneur irrelevant theory dalam bisnis. Jika kamu tidak punya uang untuk memulai, maka tunda untuk merekrut tim. Saya baru membentuk tim ketika cashflow sudah sangat positif dan memang menguntungkan untuk membayar orang. Inilah mengapa yang namanya passion menjadi penting dalam memulai karena kita melakukan semuanya sendirian dulu untuk awal dan sementara.
  3. Tetaplah menjadi kreatif. Beberapa di antaranya bisa kamu coba sebagai berikut,

Mengurangi Pengeluaran Bisnis

  • Tidak perlu menyewa kantor bagus untuk memulai. Mulailah dari kost an, kontrakan sederhana, atau bahkan rumah sendiri untuk memulai bisnis. Ini bisa sangat menghemat pengeluaran
  • Tunda untuk merekrut karyawan – nanti saja kalau keuntungan sudah banyak
  • Tunda untuk merekrut expert, lakukan dulu semua sendiri. Baru nanti jika sudah ada profit, investasikan untuk orang-orang terbaik.

Online kan Bisnismu!

  • Buat website atau blog utama dari bisnis, awalnya mungkin gratisan namun setelah itu belilah domain berbayar .com atau .net untuk meningkatkan profesionalitas. Murah, mulai dari Rp70.000 per tahun. Setidaknya bisnismu nampang di dunia maya
  • Manfaatkan social media gratis, seperti Facebook page, Twitter, Google+ dan Instagram. Invite teman sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan lead namun jangan kebanyakan nyampah juga.

Pengalaman saya mengonline kan bisnis ternyata berdampak pada penjualan yang signifikan padahal modal yang saya keluarkan adalah nol. Baru kemudian saya investasikan kembali beberapa (puluh) juta rupiah untuk membuat web yang lebih profesional seperti blog ini dan website CerdasMulia.

Buat Jasa Konsultasi

  • Saat ini kamu pasti memiliki passion, kompetensi, keterampilan, dan expertise di bidang tertentu. Mengapa tidak dijual sementara untuk membantu orang? Beberapa saat setelah saya membangun CerdasMulia dan membutuhkan uang, saya mengajar teknik public speaking dan menerima konsultasi pengembangan website. Bayarannya lumayan untuk menambah modal, padahal untuk melakukannya kita tidak perlu mengeluarkan uang.
  • Online kan expertise mu. Kalau saya merekomendasikan kamu menggunakan LinkedIn. Saya menggunakan LinkedIn 2 tahun lalu yang ternyata masih sepi pengguna di Indonesia, namun sekarang sudah banyak sekali. Mantap! Tips menggunakan LinkedIn dapat kamu temukan di sini.

Jual Produk-Produk Informasi

Saya beritahukan cara paling mudah untuk memulai bisnis tanpa harus keluar uang: yaitu menjual informasi yang tidak atau jarang diketahui umum. Contoh,

  • Membuat ebook, audiobook, buku, tutorial di laptop atau komputer, dan lain sebagainya.
  • Ketika sudah jadi, kamu bisa menjualnya secara online. Secara modal uang yang kamu keluarkan nyaris nol sebenarnya. Namun jika produk kamu bagus, orang tidak segan akan membeli. Jangan terlalu overpromising, sesuaikan dengan nilai tambah yang diberikan produk kamu.

Menghadiri Event Networking

Banyak studentpreneur yang menyerah duluan saat ingin memulai bisnis karena merasa tidak punya jaringan. Dengan fasilitas social network seperti sekarang ini, menurut saya sudah tidak pas beralasan seperti itu.

  • Cari informasi-informasi tentang seminar atau coaching bisnis. Gabung dan join, perbanyak menyerap ilmu baru dan teruslah belajar
  • Join ke komunitas-komunitas pengusaha (saya sarankan pengusaha muda) seperti TDA Kampus, yang memfasilitasi anggotanya untuk terus belajar membangun dan mengembangkan bisnis.

Kenapa networking penting? Karena siapa tahu nanti ada yang ingin membantu kamu untuk mengembangkan bisnis dan bersedia untuk menjadi investor. Asyik kan? Hehe..

Oke! Sekian dulu #STUDENTPRENEUR TIPS nya, nanti akan kita lanjutkan lagi di tulisan selanjutnya.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki passion dalam membangun sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi pribadi yang cerdas (mengoptimalkan talenta) dan mulia (menghasilkan banyak karya nyata). Aktivitasnya saat ini adalah sebagai seorang dosen di Universitas Indonesia dan trainer di CerdasMulia Institute.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!