Innovation & Entrepreneurship

Sukses Bisnis Tanpa DropOut Kuliah

No DropOut
Written by Arry Rahmawan

#BizClass Jurus Jitu Memulai Bisnis dan Melejitkan OmzetSudah sering saya mendengar seminar – seminar motivasi bisnis yang menyuarakan nada yang hampir sama, “Kesuksesan akademis tidak menentukan sukses dalam berbisnis.” Kemudian mulai ditunjukkan contoh – contoh nyata pengusaha sukses yang bisa berhasil dengan catatan drop out ketika mereka kuliah. Contohnya pun itu lagi, itu lagi. Bill Gates (Microsoft), Steve Jobs (Apple – yang produknya saya gemari), dan Mark Zuckerberg (Facebook).

Mungkinkah Sukses Bisnis Tanpa DropOut Kuliah ?

Menurut saya, pendapat ini adalah pendapat yang SANGAT BERBAHAYA apabila kita menggeneralisasi bahwa semua sukses akademis itu tidak penting. Saya mendapat inspirasi dari kultwit mas @JayaYEA yang menjelaskan bahwa seringkali orang yang malas belajar juga menggunakan alasan ini untuk memberikan pembenaran atas apa yang mereka lakukan. Orang – orang yang menelan bahwa ‘sukses akademis tidak sebanding dengan sukses bisnis’, bisa jadi karena mereka SALAH MEMBACA POLA.

Pola pertama, orang – orang sukses yang dicontohkan dan mereka drop out dikarenakan mereka sudah terlalu mahir untuk mengikuti kurikulum yang ada di kampus. Mereka berakselerasi, dan merasa kampus bukan lagi tempat terbaik untuk mereka mengembangkan diri, karena mereka telah MELAMPAUI kurikulumnya baik secara teori ataupun teknis.

Pola kedua, orang – orang sukses yang dicontohkan tadi drop out bukan karena tidak rajin mengerjakan tugas kuliah mereka, namun karena mereka terlalu rajin berkutat di proyek mereka yang besarnya melebihi tugas akhir anak kuliah rata – rata.

Pola ketiga, ketiga orang tersebut merupakan mahasiswa di Universitas terkemukan di dunia (Harvard). Secara input, mereka memiliki kualitas dan kecerdasan di atas rata – rata. Apabila mereka tidak melanjutkan kuliah pun, secara standar mereka memiliki daya saing yang cukup.

Pola keempat, kita sering lupa bahwa banyak pengusaha sukses yang juga berhasil kuliahnya seperti Sandiaga Uno, Chairul Tanjung, atau pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin yang bergelar Doktor (Ph.D).

Kuliah seringkali dijadikan alasan bagi banyak pebisnis pemula sebagai penghambat pengembangan bisnis mereka. Padahal, jika ditelusuri, dengan kuliah kita bisa melatih bagaimana memecahkan masalah, etika – etika profesional, berjejaring, melatih kemampuan berkomunikasi, serta berbahasa yang baik. Saya sendiri selama kuliah di Universitas Indonesia, mendapat banyak manfaat untuk mengembangkan bisnis saya. Saya belajar bagaimana membangun usaha, didanai, mengikuti berbagai lomba, dan mendapat partner yang memiliki satu pikiran sehingga bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah.

Tetapi, kuliah kemudian benar – benar memang bisa jadi penghambat pengembangan bisnis apabila selama kita berkuliah hanya berkutat di bangku kelas. Menjadi mahasiswa yang kuliah – pulang – kuliah – pulang. Tidak berorganisasi, tidak membuka kesempatan dan jaringan, malas – malasan dalam mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Lebih parah lagi, jika selama kuliah kita hanya diajari oleh dosen yang bukan praktisi, yang cuma tahu teori, dan tidak bisa mengajar dengan baik, , maka kemungkinan besar Anda akan menjadi SARJANA KERTAS. Dengan kondisi demikian Anda ingin berkata, “Tenang aja, kuliah itu ga berbanding lurus sama sukses gue kok.” Jawaban saya cuma satu: BERKACALAH.

SARJANA – SARJANA KERTAS inilah yang nantinya akan sulit untuk bersaing di manapun. Tidak hanya di bisnis sebenarnya, namun juga dalam karir. Maka, kita bisa sebenarnya terus mengembangkan bisnis tanpa harus drop out dengan cara memastikan bahwa kita menjadi sarjana berkualitas, bukan sarjana – sarjana kertas. Boleh saja jika kita mau drop out dari kampus karena ingin berbisnis. Namun jika melihat dari contoh yang diberikan, kita harus masuk ke universitas terbaik, melampaui kurikulumnya, dan membuat proyek yang jauh lebih besar dari tugas akhir kampus. Jika ini Anda lakukan, maka gelar sarjana sudah tidak penting bagi Anda.

Maka saya lebih setuju bagi para motivator yang memberikan nasihat tentang kewirausahaan, kata – katanya direvisi menjadi seperti ini:

“Prestasi akademik tidak sejalan dengan Prestasi Bisnis, apabila Anda hanyalah SARJANA KERTAS”.

Bagaimana menurut Anda? Ingin berkomunikasi dengan saya?

Arry Rahmawan, ST, MT
Peneliti dan Praktisi Entrepreneurship
Twitter: @ArryRahmawan | Email: contact@arryrahmawan.net | IG: arryrahmawan | PIN: 25A97FAF
Mengundang sebagai pembicara: Hubungi Hotline CerdasMulia Training Center (0878-8935-5022)

—————-

Jika menurut Anda tulisan ini bermanfaat, maka SAYA JAMIN Anda akan mendapatkan manfaat lebih lewat Twitter dan BBM saya . Silakan Follow @ArryRahmawan atau Invite PIN BB saya di 25A97FAF.

—————-

Puluhan ribu orang telah saya latih untuk mendapatkan hidup dan pertumbuhan bisnis yang lebih baik. Kontak  CerdasMulia Training and Coaching (0878-8935-5022) sekarang juga untuk mengundang saya memberikan pelatihan di tempat Anda.

** Anda bisa mendapatkan buku Best Seller saya, STUDENTPRENEUR GUIDEBOOK dengan harga Jauh lebih Murah dan Jauh lebih Mudah. Caranya beli langsung di Google Play, atau di Toko Buku Online. Anda juga bisa mendapatkannya langsung di Toko Buku Besar terdekat di kota Anda.

—————-

Tidak ingin ketinggalan tulisan menarik d blog ini? Masukkan alamat Email Anda sekarang, GRATIS!
[yks-mailchimp-list id=”39312964e3″ submit_text=”Berlangganan”]

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!