Tips Akademik

Teknik Mengembangkan Permainan Simulasi untuk Pembelajaran

Written by Arry Rahmawan

Pernahkah Anda Belajar dengan Menggunakan Permainan Simulasi?

Atau, apa yang ada di pikiran Anda saat mendengar kata “belajar” itu sendiri? Sebagian dari kita mungkin akan merasakan suatu kesan yang tidak enak, langsung muncul rasa malas, karena umumnya belajar itu memiliki makna ‘berat, memaksa, dan tidak mudah.” Apalagi, jika kita dihadapkan dengan konsep – konsep yang sulit, maka kata “belajar” buat sebagian besar orang akan menjadi momok yang menakutkan.

Sebagai pengajar bidang engineering di Universitas Indonesia, seringkali bisa memahami apa yang dirasakan mahasiswa karena dulu juga saya mengalami hal yang sama. Ketika dulu oleh dosen seringkali ‘dicekoki’ konsep – konsep yang sulit dipahami. Bahkan, untuk memahaminya saya perlu membaca ulang buku 3 – 5 kali agar betul – betul mengerti apa maksudnya. Jadilah kemudian belajar itu menjadi aktivitas yang menyebalkan dan malas untuk dilakukan.

Ketika menjadi dosen, saya pun tertantang untuk bisa menyampaikan konsep – konsep rumit di engineering dengan bahasa yang lugas, sederhana, dan bahkan melalui cara yang menyenangkan! Mungkinkah hal itu dilakukan? Di saat dosen – dosen pada umumnya masih menggunakan teknik lecturing, saya bersama tim dari laboratorium Systems Engineering, Modeling, and Simulationmencoba untuk melakukan ‘inovasi’ dalam pengajaran yang kami lakukan, yaitu menggunakan game atau permainan.

Selama ini permainan dipandang sebagai sebuah hal yang bertolak belakang dengan belajar. Banyak orang tua kesal jika anak – anak mereka terlalu banyak bermain game, karena menjadi malas belajar. Mengapa konsep tersebut tidak digabungkan saja? Ayo kita pakai permainan untuk mengajarkan konsep – konsep rumit dengan jalan yang lebih simpel dan menyenangkan.

Kendala yang ada kemudian adalah, adakah game nya? Apakah permainan yang dibutuhkan untuk pembelajaran ini tersedia di pasar? Setelah searching di berbagai tempat ternyata tidak ada! Inilah yang kemudian menjadikan saya dan tim di lab mencoba untuk mengembangkan permainan tersebut sendiri.

Bagaimana kemudian kami mengembangkannya?

Sejak awal, kami menyadari bahwa permainan yang coba dirancang bukanlah permainan yang bertujuan untuk menghibur, tetapi untuk belajar. Maka, permainan yang dibuat pun bukanlah entertainment games, melainkan kami menyebutnya Serious Simulation Games (SSG). Hal yang membedakan SSG dibandingkan dengan permainan lainnya adalah SSG dibuat untuk tujuan belajar dan non-entertainment purpose. Jadi, fungsi utamanya bukan untuk hiburan, tetapi fungsi pembelajaran.

Salah satu teknik yang kami gunakan untuk mengembangkan permainan ini adalah dengan menggunakan pendekatan Triadic Game Design yang dikembangkan oleh Casper Harteveld. Konsep Triadic Game Design ini menitikberatkan bahwa dalam merancang SSG setidaknya memerlukan beberapa aspek yang harus diperhatikan : Reallity, Meaning, and Play.

Reality, adalah bagaimana permainan yang kita buat betul – betul sesuai dengan kondisi atau realita yang ada saat ini. Jika saya mengatakan apakah permainan monopoli merupakan permainan yang termasuk SSG, bagi saya jawabannya tidak. Karena, unsur reality ini tidak terpenuhi.

Meaning, adalah bagaimana permainan yang kita buat betul – betul bisa dipahami maksudnya oleh user dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Misalnya, setelah bermain sebuah SSG, diharapkan user jadi paham tentang prinsip manajemen keuangan personal. Jika permainan tersebut bisa memberikan makna dan arti pembelajaran sesuai dengan yang dimaksud, maka permainan itu menjadi meaningful.

Play, adalah bagaimana mekanisme permainan itu sendiri bisa menghasilkan sebuah keseruan atau memotivasi peserta untuk dapat antusias mengikuti permainan tersebut dari awal hingga akhir. Apabila user kita merasa enjoy, maka aspek play dalam permainan yang dirancang mendapatkan rating yang cukup tinggi.

Untuk membuat sebuah SSG yang baik, maka ketiga aspek ini harus seimbang dan di masing – masing kriterianya memiliki nilai yang tinggi / kuat.

Beberapa permainan yang pernah saya kembangkan dengan menggunakan triadic game design untuk pembelajaran di bidang engineering ada beberapa judul. Seperti:

  • Invest-Man, permainan untuk mengajari individu mengatur keuangan pribadi mereka
  • CoFin, permainan tentang corporate finance yang akan memberikan pemahaman tentang struktur pengaturan uang di perusahaan
  • GSCM Game, permainan tentang Global Supply Chain yang menarik terkait bagaimana cara untuk mengatur rantai pasok global bisa lebih efektif dan efisien.

Beberapa permainan yang telah dikembangkan dengan lebih advanced, bisa Anda lihat di situs SignifierGames.com. Situs SignifierGames.com adalah sebuah situs yang menjelaskan tentang salah satu aktivitas sayap riset di lab SEMS terkait pengembangan SSG ini. Beberapa permainan yang sudah digunakan secara luas, antara lain:

  • OMG! – Operations Management Game, sebuah permainan yang mengajarkan kita bagaimana melakukan konfigurasi dan antisipasi operasional sebuah organisasi agar bisa menghasilkan profit tertinggi
  • SSMG – Strategic Sourcing Management Game, sebuah permainan yang mengajarkan kita bagaimana melakukan sourcing dengan efisien, memilih supplier, dan mengatur persediaan untuk mencapai keuntungan yang optimal, serta
  • PMG! – Permainan terbaru yang saya lead pengembangannya untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa engineering untuk memahami konsep Project Management dengan lebih komprehensif dan menyenangkan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas saya dan tim di SignifierGames, silakan buka situs SignifierGames.com atau jika Anda juga ingin dapat mengembangkan SSG untuk pembelajaran di institusi Anda, silakan undang kami untuk memberikan pelatihan di tempat Anda.

Semoga bermanfaat.

Salam,
Arry Rahmawan
Learning Innovator
Lecturer, Universitas Indonesia
Concept Designer, SignifierGames.com
Training Conceptor, CerdasMulia Institute

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!