High Performance Me

Tips Memilih Ide Bisnis yang Laris

Written by Arry Rahmawan

Bagi seorang entrepreneur, memilih ide bisnis apa yang akan ditekuni kadang bisa menjadi tantangan tersendiri. Selalu saja ada pertanyaan dalam hati, “apakah ide bisnis ini bagus? Apakah ide bisnis ini menarik?” dan hal yang paling penting….. Apakah ide bisnis ini nantinya akan LARIS MANIS?

Ini dia yang akan dibahas dalam tulisan kali ini. Bagaimana sebenarnya kita menemukan ide bisnis yang nantinya akan laris? Jika profit merupakan keutamaan Anda dalam bisnis, semoga tips kali ini bermanfaat.

Untuk menemukan ide bisnis yang LARIS atau GREAT BUSINESS IDEAS, maka Anda perlu memperhatikan 3 aspek:

  1. Aspek Ide bisnis Anda sendiri – Apakah ide bisnis Anda tersebut adalah ide bisnis yang inovatif? Apakah ide bisnis tersebut sesuai dengan passion Anda? Apakah Anda cukup kompeten dan paham tentang ide bisnis tersebut?
  2. Aspek Permintaan Konsumen – Anda sudah menemukan ide cemerlang dan kreatif (menurut Anda), pertanyaan selanjutnya adalah, apakah ide Anda tersebut merupakan solusi dari masalah konsumen? Apakah permintaan konsumen tersebut banyak? Apakah permintaan konsumen tersebut berulang atau membentuk siklus?
  3. Aspek Kompetitor – Apakah ada kompetitor yang sudah menggunakan ide bisnis Anda? Berapa banyak kompetitor yang sudah menggunakan ide bisnis Anda tersebut?

Dari ketiga hal tersebut, kemudian Anda bisa membuat 3 lingkaran dan melihat pemetaan dari ide bisnis yang akan Anda geluti. Untuk mempermudahnya, silakan perhatikan gambar berikut ini,

Finding Great Business Ideas

Dari gambar di atas, Anda dapat menemukan bahwa ide bisnis paling LARIS adalah ide bisnis yang menarik, sesuai dengan apa yang Anda suka, apa yang Anda bisa, dan memiliki inovasi yang tidak dimiliki kompetitor, namun merupakan solusi yang dibutuhkan oleh konsumen. Jika Anda bisa menemukan ide bisnis bintang 3 seperti yang saya sebutkan di atas, InsyaAllah bisnis Anda akan laris. 🙂

Semoga bermanfaat!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!