Achievement

Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi Bagian 2

Written by Arry Rahmawan

Sobat muda CerdasMulia, melanjutkan tulisan saya sebelumnya tentang bagaimana caranya menjadi mahasiswa berprestasi, maka dalam tulisan kali ini saya ingin memberikan penjelasan lebih lanjut dari sebuah sesi Vitual Talk menjadi mahasiswa seimbang yang diselenggarakan oleh Titik Balik, sebuah komunitas untuk memberdayakan pemuda agar terus mengembangkan dirinya.

Berikut ini adalah jawaban – jawaban atas pertanyaan di sesi tersebut. Bagi yang belum membaca bagian 1, silakan membaca bagian 1 terlebih dahulu.

Pertanyaan #3 : Dulu kok bisa sih nyeimbangin organisasi dan lomba – lomba/persiapan jadi mapres? Gimana caranya? (+ gimana sih strategi belajar akademis yg waktu itu digunain?)

Jawab (Arry):

Bagaimana strateginya agar kita bisa membuat keseimbangan?

1. Just Be the BEST VERSION of You, kalau kamu punya impian, buat yang seimbang. Misal di bidang akademik, organisasi, keluarga, karir, bisnis, dll. Tapi masukkan impian yang itu ELO BANGET lah. Bahasanya gitu ya, hehehe

2. Bagaimana agar bisa seimbang? Pastikan setiap waktu yang kita miliki tidak terbuang percuma. Ini pesen agak non sense, tapi saya inget terus dari ibu. Pastikan SETIAP DETIK WAKTU KAMU BERNILAI TAMBAH. nah, jadi mau ga mau ga ada waktu nganggur. Kita beralih dari satu hal ke hal yang lain.

3. Kamu butuh semangat buat gerak? Cek temen seangkatan kamu ada yang sudah wafat? Saya sudah ada beberapa yang almarhum, dan beberapa temen deket saya. Saya save di kontak HP, depannya ada (Alm). Kalau saya males, saya lihat kontak teman – teman saya yang sudah alm. Sambil berdoa buat mereka, karena merekalah saya terinspirasi buat gerak.

Masih muda itu tidak menjamin panjangnya usia kita.

4. Jaga kesehatan. Jujur salah satu hal yang saya luput adalah menjaga kesehatan. Sewaktu mahasiswa, saya kurang istriahat, makan ga teratur. Akhirnya sering sakit. Ini fatal. Kesehatan adalah salah satu kunci keseimbangan hidup. TIPS DARI SAYA: hidup sehat itu gampang – Olah Makan, Olah Raga, Olah Tidur. Itu saja

5. Terkait jadi mapres, saya punya MENTOR, kakak kelas saya mapres sebelumnya. Saya di drilling. Dilatih presentasi, bikin paper, bermalam – malam kurang tidur. Tapi itulah nikmatnya mengejar impian. Terkait mapres, kita bisa belajar banyak dari pengalaman orang lain.

Sekarang, saya akan share STRATEGI BELAJAR saya di tengah jadwal yang padat waktu mahasiswa.

1. Buat kelompok belajar sama temen – temen yang pinter. Jujur saya sering bingung waktu dosen nerangin di kelas. Saya baru belajar waktu justru sama temen. Jadi paham. Makanya sekaligus saya mau berterima kasih, IPK saya gede itu bukan cuma usaha pribadi, tapi ada banyak otak yang saya pinjam agar saya bisa memahami pembelajaran yang ada

2. Kenali gaya mengajar dosen. Karena jadwal yang padat, saya coba pahami karakter dosen. Mana yang strict sama nilai, mana yang santai. Nah, usaha kita disesuaikan sama tipe dosennya. Kalau santai ya santai, yang serius ya serius. Sehingga untuk waktu matkul santai, bisa kita gunakan ke yang lain.

Tapi jangan tanya gaya saya mengajar ya, hehehe 😀 Dengan mengenal karakter dosen, kita juga tau tipe soal yang dikeluarin dosen sehingga lebih siap.

Jawab (Iqbal):

Tapi kalau diizinkan sharing, menurut saya dasarnya:

1. Cintai dulu apa yang kita lakukan.. Maksudnya jadikan segala hal yang kita kerjakan adalah memang hal yang kita ingin kerjakan dan layak untuk diperjuangkan..
Bahasa ka Arry: kegiatan yang kita banget..:)
Kalau terpaksa melakukan sesuatu yang dipaksakan (misal belajar matkul A yang ga di suka), cari alasan untuk tetap memperjuangkan hal itu..

Visualisasikan alasan itu dan bawa terus disetiap kita melakukan kegiatan.. Intinya, harus punya alasan jelas KENAPA KITA HARUS MELAKUKAN HAL YANG KITA KERJAKAN tanya diri sendiri apa yang kita kejar dan ingin dapatkan/berikan terhadap usaha kita..
Berjuang jadi mapres selagi menjabat jujur berat, tapi karena saya punya alasan kuat untuk bertahan, maka Alhamdulillah di kuatkan..

2. Bagaimana mengatur waktu? Sepakat sama ka Arry.. Sebisa mungkin jangan biarkan waktu terlewat tanpa makna.. Kalau bisa setiap akhir minggu buat jadwal perjam dan setiap malam lakukan persiapan dan review untuk agenda esok hari.. Tapi usahakan jangan terlalu rigid, silakan sediakan waktu untuk istirahat dan bersantai yang cukup, jangan lupa olahraga rutin dan makan yang betul..:)

3. Terkait persiapan MAPRES, saya juga minta bantuan.. Saya cari mentor, pembimbing, bahkan beberapa teman untuk jadi “tim sukses” untuk bantu persiapan drilling, revisi karya tulis atau bahkan sekedar mengingatkan perihal kesiapan..
Saya juga dapat ridho dan dukungan dari temen2 di bem sehingga perjuangan jadi ga berat..
Sebisa mungkin jangan berjuang sendiri, cari pundak untuk saling bersandar, telinga untuk saling mendengar, dan hati untuk saling menopang..:)

4. Soal gaya belajar, saya ada beberapa tips umum:
– buat kelompok belajar sama yang pinter dan rajin
– sempatkan buat coba “mengajarkan” materi kepada teman yg lain.. Dengan coba mengajar, kita bisa 2x belajar..
– kenali dengan baik sifat dosen, dan hormati setiap pribadinya.. Mau gimanapin bentuk dosennya, tetap beliau adalah pintu gerbang ilmu buat kita..
– maksimalkan waktu di kelas. Ketika dikelas maksimal belajar, ketika diluar kelas maksimal upgrade diri disisi lain. Kalau di kelas ga bisa fokus, saya kerjakan kerjaan lain tapi ganti jam belajar di kelas dengan waktu lain..

Nah, sahabat itulah 3 pertanyaan utama yang ditanyakan dalam sesi diskusi Virtual Talk Titik Balik menjadi mahasiswa seimbang. Semoga bermanfaat untuk sahabat semuanya dan bisa menginspirasi juga untuk menjadi mahasiswa yang seimbang. Tidak hanya berprestasi secara akademis, tetapi juga bisa membuat hidup bermanfaat untuk banyak orang.

Semoga bermanfaat untuk membantu hidupmu menjadi lebih bermakna, berprestasi, dan berdampak dari sebelumnya.

Apakah kamu punya pendapat lainnya? Silakan bagikan melalui kotak komentar di bawah ya.

Salam,
Arry Rahmawan

Personal Development Trainer
Direktur CerdasMulia Institute

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!