ONLINE COURSE

Tips Praktis Memulai Karir Sebagai Seorang Trainer

Bagaimana Cara Praktis Memulai Karir Sebagai Seorang Trainer?

Ada sebuah kejadian yang tidak terlupakan dalam hidup saya. Kejadian itu terjadi saat saya masih duduk di bangku SMP. Pada waktu itu, seperti kebanyakan anak SMP pada umumnya saya sedang dalam masa pencarian jati diri. Pada masa SMP itu pula saya betul – betul merasakan betapa saya ingin diakui dalam pergaulan, yang membuat saya hampir melakukan apapun agar bisa diterima dan menjadi populer di antara teman – teman saya. Walaupun pada waktu itu saya terhitung memiliki prestasi dalam kelas, namun pada waktu itu juga saya banyak menghabiskan waktu saya untuk “main kesana kemari” mengikuti teman – teman saya.

Sampai akhirnya, Allah memberikan sebuah “hadiah” dalam hidup saya. Hadiah itu saya dapatkan berupa kecelakaan motor (di mana saya terpelanting begitu keras), yang mengakibatkan cedera parah dalam diri saya. Tangan saya patah, kaki saya cedera, dan bagian bawah bibir saya terkena luka parah yang sampai sekarang ada bekasnya.

Saya ingat ketika kejadian, saya terduduk di aspal. Shock. Saya betul – betul tidak ingat apa yang terjadi, kenapa saya bisa terpelanting ke aspal keras, orang – orang kemudian mengerubungi saya, dan saya ingat betul waktu itu baju seragam saya bersimbah darah sangat banyak.

Sepanjang perawatan di rumah sakit, saya terus merenung. Di usia saya yang anak SMP saat itu, saya akhirnya memikirkan hal yang mungkin tidak dipikirkan anak SMP lainnya:

“Jika Allah memanggil saya pulang, hari itu juga…. sudahkah saya siap untuk pulang kembali kepada Allah?”

Untunglah pada saat itu, Allah memberikan saya “kesempatan” untuk hidup. Di situlah kemudian saya bertekad, ingin memanfaatkan waktu dalam hidup saya dengan lebih baik. Karena saya sudah diberikan kesempatan kedua oleh Allah. Saya harus memanfaatkan kesempatan tersebut.

Sejak saat itu, saya memiliki cita – cita besar : ingin menjadi dosen dan trainer. Saya ingin menjadi pendidik, agar saya bisa mengajarkan pada para pemuda untuk tidak membuang – buang waktu muda,  seperti apa yang saya lakukan dulu. Apa yang ada di pikiran saya sederhana saja. Saya hanya ingin bisa memberikan manfaat sebesar – besarnya untuk banyak orang, selama saya hidup. Oleh karena itu, saya memutuskan ingin berprofesi menjadi dosen dan trainer.

Untuk menjadi dosen, setidaknya saya membutuhkan gelar S2. Sebuah perjalanan yang masih sangat jauh pada waktu itu untuk ukuran anak SMP. SMP aja belom lulus, lah ini udah mikirin S2? Hehe…

Lalu, bagaimana dengan menjadi seorang trainer? Mungkinkah saya yang masih SMP memulai karir saya sebagai seorang trainer? Bisakah saya sekedar berbagi motivasi kepada para pelajar SMP lain untuk lebih menghargai hidup mereka? Bisakah saya sekedar berbagi teknik – teknik yang saya gunakan untuk memperbaiki hidup saya agar lebih bahagia, berprestasi, dan berpengaruh di lingkungan saya?

Tahun 2007, saya memutuskan untuk menjadi seorang trainer profesional. Waktu itu saya baru masuk SMA. Awalnya saya berpikir bahwa menjadi trainer itu mudah. Kenapa? Karena cukup hanya mengasah kemampuan public speaking, maka kita bisa menjadi seorang trainer.

Namun, pikiran saya itu betul – betul salah 100%. Menjadi trainer ternyata tidak semudah itu. Saya belajar mengikuti training for trainer ke berbagai macam guru dan mentor. Saya tersadarkan, bahwa seorang trainer memiliki tanggungjawab lebih ketimbang hanya sekedar berbicara.

Public speaking itu adalah hal teknis dan itu bisa dipelajari oleh semua orang. Namun untuk menjadi trainer, ada hal yang sifatnya PRINSIP atau betul – betul mendasar yang harus diperhatikan. Tidak peduli siapa diri kita, apakah kita laki atau perempuan, apakah kita tua atau muda, apakah kita tamatan SD atau bahkan S3.

Jika prinsip ini Anda terapkan, maka Anda bisa menjadi seorang trainer! Hal ini sudah saya terapkan dalam hidup saya sendiri. Di mana sejak tahun 2007 hingga saat ini alhamdulillah saya bisa dan masih menjadi trainer.

Apa saja prinsipnya? Anda tidak perlu lagi repot mencarinya karena sudah saya rangkum dalam video terbaru saya : Cara Memulai Karir Sebagai Seorang Trainer. Silakan Anda langsung saksikan, prinsip apa saja yang saya bahas di sana.

Jika Anda terapkan, maka BUM! Anda akan langsung bisa menjadi seorang trainer!

Bagi Anda yang membuka artikel ini langsung dari blog saya, maka Anda bisa mengikuti video nya di bagian atas (awal) blog ini.

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang trainer? Menurut Anda, prinsip apa saja yang perlu dikuasai oleh orang yang ingin memulai menjadi trainer? Silakan diskusikan pendapat Anda melalui kotak komentar di bawah.

Semoga bermanfaat untuk membantu Anda lebih bahagia, berprestasi, dan berdampak dari sebelumnya.

Untuk berkomunikasi dengan saya, silakan follow Twitter saya di @ArryRahmawan atau like Fanspage saya Arry Rahmawan.

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang praktisi inovasi, kewirausahaan, dan bisnis yang senang berbagi pengetahuan serta pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

1 Comment

  • Assalamualaikum Pak Arry,

    saya senang dan tertarik dengan tulisan n artikel2 t/ trainer. Sy jg seorang trainer di bank bumn.
    namun, saat ini sy berniat utk “hijrah” dari lubang riba…..ingin menggeluti dan serius terjun di dunia trainer……it’s my passion…….
    Mohon bantu saya, apa gerangan yg perlu sy siapkan utk itu?atau barangkali ada peluang sy diajak bergangung ke institute yg Pak Arry kelola?jazaakallohu khairan katsiro, barokallohu fik

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!