Tips Akademik

Tips Sederhana untuk Menyusun Pertanyaan Riset

Written by Arry Rahmawan

Siapa diantara Anda yang pernah merasakan ‘manisnya’ masa – masa riset saat masih sekolah atau kuliah? Mungkin Anda ingat masa – masa menyenangkan atau mungkin masa – masa ‘berdarah’ ketika mengerjakan skripsi atau thesis sebagai tugas akhir. Saya bisa memahami apa yang dirasakan, karena memang begitu juga yang saya rasakan saat tingkat akhir : pengennya cepet lulus! Hehe.. Saya yakin Anda juga mungkin mengerjakan skripsi atau tesis ini agar bisa segera lulus dan jalan beriringan dengan pendamping wisuda, bagi yang tidak jomblo tapi ya… hehe…

Banyaknya mahasiswa yang ingin cepat lulus dan mengesampingkan penelitiannya, bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya adalah ‘cerita’ bahwa penelitian itu berat, memusingkan, dan apalagi jika arahannya tidak jelas.

Sebagai dosen dan juga co – supervisor penelitian di lab saya (Systems Engineering, Modeling, and Simulation – SEMS), saya mengamati mahasiswa yang begitu semangat dengan penelitiannya. Kalau mahasiswa lainnya lemas, kenapa ini kok semangat sekali, ya? Padahal sama – sama riset, di bidang yang bukan passion nya malah. Tapi mereka bersemangat berjuang menyelesaikan risetnya sampai akhir.

Penasaran, kan? Sebelum saya bertanya kepada mahasiswa TA yang sedang riset ini, saya mencoba menyusun hipotesis ketika melihat mereka presentasi dan juga skripsi yang mereka tulis. Untuk meyakinkan hipotesis saya, ya kemudian saya tanyakan saja kepada mereka. Pertanyaan di kepala saya pun terjawab : mereka mampu menjelaskan apa sebenarnya penelitian mereka.

Jawabannya sesimpel itu. Mereka tahu mereka lagi ngapain, mereka tahu kenapa mereka mengerjakan hal tersebut, dan mereka tahu apa manfaatnya.

Walaupun hasil ini tidak bisa digeneralisir, namun saya mencoba untuk merefleksikan sewaktu saya mengerjakan tugas akhir dulu. Kebetulan pembimbing mereka saya dengan pembimbing saya dulu.

Saya jadi ingat sebelum kami memulai riset, kami selalu ditanya, “apa esensi riset kalian? manfaatnya apa? mengapa perlu melakukan hal terseut?”.

Pertanyaannya mungkin simpel ya, tapi ketika saya sedang down saat mengerjakan riset, saya ingat kembali bahwa penelitian saya ini penting untuk dilanjutkan dan diselesaikan.

Turabian (2007) menjelaskan juga ternyata memang menyusun pertanyaan dalam riset adalah langkah yang paling penting. Kenapa? Karena kan esensi dari penelitian itu sebenarnya untuk menjawab pertanyaan yang muncul. Maka dari itu, pertanyaan yang disusun kurang tepat, akan menghasilkan rumusan masalah yang kurang tepat, dan juga pendekatan yang kurang tepat. Hasil akhirnya sudah dipastikan jadi aneh juga, dan membuat yang meneliti jadi kurang antusias, kan?

Turabian (2007) menjelaskan bagaimana menyusun pertanyaan riset yang menurut saya simpel tapi impactful. Pertanyaan ini pula yang selalu saya tekankan kepada mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir. Minimal, mereka bisa menjawab pertanyaan berikut ini,

  1. I am working on the topic of X
  2. because I want to find out Y
  3. So that I can help others understand Z

Sebagai contoh, misalnya Anda ingin mengadakan penelitian di bidang kewirausahaan. Maka secara sederhana, contoh penerapan pernyataan riset ini adalah sebagai berikut,

  1. Saya mengerjakan penelitian di bidang kewirausahaan
  2. Karena saya ingin mengetahui apakah faktor paling signifikan yang mempengaruhi keberhasilan seorang wirausahawan
  3. Sehingga saya dapat membantu para wirausahawan untuk memahami faktor yang tepat dalam menentukan keberhasilan dalam berbisnis

Apa implikasi dari pertanyaan ini? Pada akhirnya kita dapat menyadari bahwa penelitian yang kita lakukan itu sebenarnya penting dan merupakan bagian untuk menjawab sebuah pertanyaan yang lebih besar lagi. Apalagi jika menyangkut topik di atas yang berupaya mencari apa sebenarnya faktor paling signifikan yang berkontribusi terhadap seorang wirausahawan. Seperti yang kita tahu bahwa banyak sekali ilmu – ilmu tentang kewirausahaan yang bertebaran dan memiliki konsep yang berbeda – beda. Nah, penelitian tersebut diharapkan bisa membantu wirausahawan pemula unuk mencari jawaban yang sebenarnya.

Semoga bermanfaat untuk Anda yang saat ini sedang mengerjakan tugas penelitian. Jadikan penelitian yang Anda lakukan tetap enjoy sambil menyusun pertanyaan riset yang tepat.

Semoga bermanfaat ya!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!