High Performance Me

Tips Sukses Menjalin Networking

MERASA kurang pede dalam menjalin networking? Malu untuk berbicara pada orang baru? Ingin menjalin networiking dengan lebih luas dan lebih mudah tanpa ribet? Dalam tulisan ini saya akan membocorkan beberapa tips sukses dalam menjalin netwroking.

Seringkali di sebuah acara, forum, workshop, ataupun seminar, kita lupa bahwa kegiatan tersebut bukan cuma sekedar menambah wawasan, tetapi juga bisa menambah relasi dan jaringan atau kita sebut sebagai networking event. Tapi tolong, networking don’t just collect the business card. Networking is about long term relationship. Position your self as a good and caring friends, be a centre of influence, and others will bring you to the center of attention, but how?

Mengapa memerlukan networking?

Hal seperti ini sebenarnya tidak perlu dijawab, tetapi harus langsung dirasakan. Apa yang saya rasakan dengan memiliki networking yang luas, mulai dari jaringan di kampus, jaringan di CEDS UI, Komunitas TDA, dan lain sebagainya amat sangat luar biasa bermanfaat. Bayangkan sebuah jaring laba-laba untuk menangkap makanan, semakin besar jaringnya, semakin besar pula peluang tertangkapnya makanan itu. Sama dengan networking, semakin banyak jaringan semakin mudah rezeki. Mulai dari mendapatkan bantuan ketika kesulitan, mendapatkan bimbingan, mendapatkan kemudahan akses kunci, mendapatkan edukasi, memperbesar peluang pasar bisnis, dan yang paling penting adalah kekuatan silaturahim yang tulus untuk saling mengembangkan satu sama lain.

Tips Sukses Menjalin Jaringan di Networking Event

Sayang sekali jika kita mengikuti banyak sekali networking event tetapi amat sangat sedikit kenalan-kenalan baru kita yang bertambah. Berikut ini adalah beberapa tips sukses praktis yang bisa sahabat gunakan – mulai saat ini juga.

1. Melakukan Riset Kecil-Kecilan

Suatu saat kita sedang ingin mengikuti sebuah networking event, misalkan sebuah seminar atau conference. Cobalah untuk melakukan riset atau penelitian sederhana untuk mengetahui siapa sebenarnya sasaran dari acara tersebut dan orang seperti apa yang akan menghadiri acara itu? Ini penting agar kita bisa menyesuaikan dan sudah siap dari awal. Sebagai contoh, networking event seorang akademisi akan memiliki sasaran berbeda dengan event untuk pebisnis. Jika masuk ke event akademisi, siapkan segala sesuatu sebagaimana semestinya. Itulah yang penting, pahami kira-kira dalam acara itu kita akan bertemu dengan siapa?

2. Mengingat Nama Orang

Ini sebenarnya sederhana tetapi dalam konteks menjalin networking baru, tidak ada kata yang lebih enak didengar selain menyebut nama secara langsung. Artinya kita menaruh perhatian dan orang yang kita sebut namanya pun akan merasa diperhatikan. Tips sederhana, saat berbicara perhatikan wajah orang tersebut dan cobalah beberapa kali menyelipkan panggilan nama untuk lawan bicara kita. Selain untuk membuatnya nyaman, juga sebagai metode ampuh agar kita bisa menghafal namanya di kemudian hari.

3. Give your Business Card

Ini adalah sebuah tools yang klasik tetapi penting. Kartu nama, adalah sebuah alat yang belum tergantikan dalam menjalin relasi dalam sebuah networking event. Jadi sebelum ke acara tersebut, pastikan bahwa kita sudah memiliki kartu nama yang mewakili siapa diri kita atau sesuai keinginan kita ingin diingat sebagai apa. Perhatikan juga tata cara pemberian kartu nama, seperti menyodorkannya dengan kedua tangan, menerima dengan kedua tangan juga, dan pastikan membaca kartu nama lawan bicara dulu supaya lawan bicara merasa diperhatikan, sebelum memasukkan ke dompet. Siapa tahu bisa menjadi bahan pembicaraan.

4. Follow Up Perkenalan

Dalam networking event, pastikan bahwa kita tidak terlalu lama menghabiskan waktu di satu orang saja, jika ingin mendapatkan jaringan yang lebih luas. Maka dari itu pastikan kita melakukan follow up untuk orang-orang yang sudah berinteraksi dengan kita. Banyak macamnya, mulai dari pamitan dari acara dengan menyebut nama orang, mengirimkan SMS atau email, sampai melakukan follow up lewat social media seperti Facebook, Twitter, atau LinkedIn. Pastikan LinkedIn mu bagus, silakan baca artikel saya Tips Mengoptimalkan LinkedIn untuk Personal Branding.

5. Membuat Impresi Secara Khusus

Bagaimana cara membuat impresi paling mudah? Cari cara yang berbeda dan unik dari yang lain. Sebagai contoh, ketimbang hanya salaman, berikan juga high five. Ketimbang banyak bicara dan memamerkan diri, cobalah untuk mendengar lebih banyak. Dibandingkan hanya menunggu disapa, cobalah untuk berinisiatif menyapa seseorang. Saya pernah mempraktikannya dengan seorang yang kini menjadi sahabat dekat saya, yaitu @azkalathifa. Waktu itu di event PIMNAS XXV, tidak hanya mencoba menyapa dan ngajak ngobrol duluan, tapi saya berinisiatif untuk saling bertukar kancing jaket almamater kami. Ada sebuah momen dan impresi secara khusus di sana, hingga saat ini kami masih bersahabat dan bertukar informasi walaupun beda kampus. Ini hanya contoh kecilnya.

Masih banyak sebenarnya cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan kita sukses menjalin networking. Ini adalah beberpa contoh saja yang biasa saya lakukan jika ada di forum-forum atau acara tertentu. Semoga bisa bermanfaat buat sahabat semuanya. Jika ada tips dan trik lain, yuk silakan di share di sini dengan mengisi kotak komentar di bawah.

Semoga bermanfaat! ūüôā

Ada pertanyaan atau ingin konsultasi silakan hubungi saya melalui email di arry.rahmawan@gmail.com , atau bisa follow up di @ArryRahmawan

Merasa informasi ini bermanfaat dan tidak ingin ketinggalan update? Daftar di sini, gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!