Tutorial Lengkap Memahami dan Menggunakan Business Model Canvas

Belajar untuk memahami model bisnis dengan Business Model Canvas 2017

Sahabat pembaca blog arryrahmawan.net, bagi Anda yang saat ini sedang membangun dan mengembangkan bisnis pasti pernah merasakan bahwa ketika meluncurkan sebuah produk baru khawatir tidak laku. Pada tahap awal, sebagai seorang inovator kita sering merasa yakin dan optimis bahwa produk kita pasti akan diterima pasar. Tetapi, realita tidak seindah impian yang ada. Pada saat diluncurkan, barulah kita sadar bahwa sales tidak sesuai harapan.

Berbagai macam alasan mulai muncul. Mulai dari produknya yang kurang siap atau pasarnya yang terlalu kecil. Banyak sekali entrepreneur pemula yang pupus harapannya karena 1 – 2 kali gagal membuat inovasinya terserap oleh pasar.

Padahal, banyak bisnis yang berhasil bukan hanya ditentukan dari produk atau pasar nya saja, namun juga dari model bisnis nya. Model bisnis memegang peran penting dalam membuat bisnis memiliki performa lebih baik. Melakukan penggantian model bisnis seringkali dapat membuat bisnis bertumbuh dan juga berlaku sebaliknya. Mereka yang terlalu nyaman dengan model bisnis yang ada dan tidak mau berubah, seringkali mengalami kemerosotan bisnis yang luar biasa.

Apa itu model bisnis? Model bisnis diartikan bagaimana sebuah organisasi menciptakan nilai dan menyampaikannya kepada pengguna sebagai sumber pendapatannya.

Model bisnis dulunya seringkali dianggap rumit karena untuk menggambarkan bagaimana sebuah organisasi atau bisnis bekerja itu sangat sulit. Namun, sejak tahun 2010an, ada sebuah tools yang bisa digunakan untuk menggambarkan seperti apa nodel bisnis sebuah organisasi. Tools tersebut dinamakan business model canvas (BMC) yang ditemukan Alexander Ostewalder. Menurut saya pribadi, tools ini sangat bermanfaat untuk membantu setiap bisnis terus tumbuh dan bersaing karena dapat membantu organisasi untuk melakukan inovasi terhadap model bisnis yang ada.

Daftar Tutorial Lengkap Business Model Canvas

Lalu, mengapa saya membuat tutorial menggunakan business model canvas? Walaupun sebenarnya Business Model Canvas adalah sebuah hal sederhana, namun banyak sekali yang masih belum memanfaatkannya dengan optimal. Mulai dari saat saya mendampingi bibit – bibit entrepreneur muda di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis hingga menampingi beberapa perusahaan yang ingin melakukan self – disruption agar dirinya tidak habis dimakan zaman.

Maka dari itu, saya berinisiatif membuat tutorial lengkap memahami dan menggunakan business model canvas, dari ilmu yang saya pelajari langsung dari Strategyzer. Semoga, tutorial singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin belajar dan mengoptimalkan business model canvas.

Tutorial Business Model Canvas Basic

Business Model Canvas Building Blocks

  1. Panduan Memahami dan Mengisi Blok Customer Segment

Tutorial Business Model Innovation

– coming soon –

Studi Kasus Business Model Canvas

– coming soon –

Semoga bermanfaat!

Salam,
Arry Rahmawan

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!