Keilmuan

Workshop Business Model Canvas bersama Arry Rahmawan 17 April 2017 di Universitas Indonesia

Written by Arry Rahmawan

Saat Ini Kamu Sedang Berjuang Membangun Bisnis?

Saya jadi teringat pada awal tahun 2011, ketika itu saya sedang semangat – semangatnya untuk mengembangkan bisnis sendiri. Saya menciptakan visi – misi besar, membuat business plan yang panjang, dan memastikan bahwa saya sudah mempersiapkan semuanya sebelum saya benar – benar membangun bisnis.

Namun, dengan business plan yang panjang tersebut justru bisnis saya tidak kunjung berjalan. Saya menjadi takut untuk melangkah karena terlalu banyak pertimbangan yang saya pikirkan.

Alhamdulillah pada waktu itu dalam sebuah workshop bisnis, saya dikenalkan dengan Business Model Canvas. Business Model Canvas, secara umum adalah sebuah tools untuk memetakan seperti apa model bisnis kita, atau cara kerja bisnis kita mulai dari menghasilkan value hingga kemudian mendapatkan keuntungan. Menariknya, business model canvas ini dijelaskan hanya dalam 1 halaman saja! Ya, saya tidak bercanda, hanya 1 halaman saja!

Business Model Canvas ditemukan oleh Alexander Ostewalder, seorang business strategist yang menemukan itu di tahun 2008 dan juga merilis buku berjudul Business Model Generation, yang menceritakan betapa pentingnya perusahaan mengalihkan inovasinya ke model bisnis, bukan hanya sekedar produk atau market saja.

Bagi Anda yang ingin mempelajari apa itu business model canvas, silakan buka artikel yang pernah saya tuliskan berjudul “Memetakan Bisnis dengan Business Model Canvas.”

Memahami BMC Membutuhkan Praktik!

Sekilas kalau kita melihat atau membaca buku business model generation, apalagi dikemas dengan visual yang menarik tentu kita akan menyangka bahwa konsep ini sederhana. Begitupun saya dulu berpikir demikian. Namun ketika saya mengikuti workshop nya, saya jadi tahu bahwa untuk betul – betul memahami dan ‘tidak salah’ dalam menggunakan BMC, kita perlu mempraktikannya.

Dengan melakukan praktik, kita jadi tahu bahwa BMC bisa bermanfaat bukan hanya di perusahaan besar, namun juga untuk yang baru merintis bisnis. Selain itu, BMC juga berguna untuk membantu organisasi bisnis melakukan inovasi, sehingga organisasi bisnis dapat terus meningkatkan daya saingnya dan terhindar dari jurang kehancuran.

InsyaAllah, pada tanggal 17 April 2017 nanti, saya akan membagikan semua yang pernah saya pelajari tentang BMC dan cara – cara praktis menggunakannya di Universitas Indonesia. Bekerjasama dengan Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis sebagai bagian dari rangkaian sosialisasi UI Incubate, acara workshop ini terbuka untuk kamu yang berencana ataupun sudah memiliki bisnis.

Workshop Business Model Canvas bersama Arry Rahmawan

 

Kapan dan Dimana Workshop Business Model Canvas Ini Diadakan?

Workshop Business Model Canvas ini akan diadakan pada Senin, 17 April 2017 pukul 12.00 – 16.00 di Gedung ILRC Lt.2 Universitas Indonesia

REGISTRASI:

Reg_Nama_Institusi_Workshop kirim ke 0815 1954 2215 (Inkubator Bisnis)

Free: Lunch and Doorprize!
Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0815 1954 2215 (Inkubator Bisnis)

Buat kamu yang berminat, silakan segera daftarkan diri kamu ke nomor di atas. Setahu saya, kuotanya sangat terbatas. Mudah – mudahan informasi yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk sahabat semuanya.

Oh iya, bagi kamu yang mungkin terpaut jarak yang jauh dan tidak bisa hadir di workshop tersebut, sillakan saksikan video tutorial saya tentang bagaimana caranya membuat business model canvas. Selain itu, bisa juga dilihat catatan saya memberikan workshop business model canvas di Institut Pertanian Bogor (IPB). Semoga bermanfaat!

Salam,
Arry Rahmawan

Lecturer, Universitas Indonesia
Founder, SignifierGames.com
Founder, CerdasMulia Institute

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Bidang keilmuan peminatannya adalah kewirausahaan, inovasi, dan strategi bisnis.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0856 4087 9848 (Melinda) atau email ke arryrahmawan@ui.ac.id.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!