Diary PELATIHAN & SEMINAR

Workshop Business Model Canvas Universitas Indonesia bersama Arry Rahmawan

Written by Arry Rahmawan

Workshop Business Model Canvas Universitas Indonesia, 17 April 2017

Pada tanggal 17 April 2017 lalu, alhamdulillah terlaksana workshop Business Model Canvas dengan sukses di Universitas Indonesia. Workshop yang saya bawakan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis UI, yang memiliki misi untuk menumbuhkan iklim kewirausahaan di Universitas Indonesia.

Bagi yang belum mengetahui apa itu Business Model Canvas, silakan simak ulasannya yang sudah saya buatkan di sini.

Workshop terdiri dari beberapa sesi, yang dibagi menjadi:

  1. Sesi pemaparan tentang prinsip – prinsip menggunakan Business Model Canvas untuk mengembangkan atau mewujudkan ide bisnis
  2. Praktik langsung bagaimana menggunakan Business Model Canvas untuk menguji ide model bisnis yang valid untuk dilanjutkan ke skala yang lebih besar
  3. Melakukan validasi Business Model Canvas kepada customer atau pengguna secara langsung sehingga mengetahui apa yang diinginkan customer sebenarnya.
  4. Presentasi ide bisnis dan model bisnis yang diajukan untuk ditindaklanjuti menjadi bisnis dengan skala yang lebih besar.

Sebagai trainer yang mewakili Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) Universitas Indonesia, saya cukup kagum dengan ide – ide kreatif dari para peserta workshop BMC ini. Workshop dihadiri oleh 30 – 35 orang di ruangan yang kondusif dan intensif, sehingga aktivitas workshop  pun berjalan dengan sangat menarik. Jujur, materi yang saya bawakan di workshop ini jauh lebih intensif saat saya bawakan workshop untuk teman – teman di Institut Pertanian Bogor, karena waktunya pun jauh lebih banyak – 3 jam.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi serunya workshop Business Model Canvas di Universitas Indonesia,

Bagi yang kemarin ikut dan ingin mengunduh atau melihat slide nya agar bisa refresh materi yang telah disampaikan, dapat dilihat pada bagian berikut:

Business Model Canvas, adalah salah satu cara untuk memetakan seperti apa model bisnis dari produk atau jasa yang kita tawarkan. Namun, tetap saran saya untuk Anda yang ingin memulai bisnis adalah satu : segera mulai sekarang juga.

Banyak orang yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk memulai bisnis adalah,

  • Saat kita memiliki modal
  • Saat kita memiliki banyak jaringan
  • Saat kita memiliki model bisnis yang berjalan
  • Saat kita memiliki ide bisnis yang laku
  • Saat kita menemukan supplier yang friendly
  • Saat kita sudah bisa menemukan partner bisnis yang setia
  • Saat kita sudah lulus kuliah

Itulah dulu yang saya pikirkan sewaktu pertama kali merintis CerdasMulia InstituteSampai akhirnya saya menyadari bahwa waktu terbaik untuk memulai bisnis sebenarnya adalah kemarin. Waktu terbaik kedua untuk memulai bisnis adalah hari ini.

So, jangan sampai semakin banyak ilmu yang kita kuasai tentang bisnis dan wirausaha malah mengurungkan niat kita untuk mewujudkan bisnis sendiri.

Waktu terbaik untuk memulai bisnis, adalah hari ini juga. 🙂

Salam,
Arry Rahmawan

Founder, CerdasMulia Institute
Founder, SignifierGames.com
Lecturer & Researcher, Universitas Indonesia

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

Bagaimana Menurut Anda?

Komentar

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen serta peneliti di Universitas Indonesia mengenai inovasi, kewirausahaan, dan strategi bisnis yang senang berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimilikinya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!