Business Model Innovation Workshop bersama Arry Rahmawan

Perusahaan maupun organisasi besar saat ini seringkali terlena dengan kemapanan yang dimiliki. Tanpa disadari, banyak kompetitor yang sebelumnya tidak terdeteksi namun tiba – tiba merangsek masuk lalu mengambil pangsa pasar yang ada. Bahkan, kompetitor yang tidak terdeteksi ini bukan hanya merangsek masuk, tetapi juga menghilangkan pola bisnis yang sudah ada sebelumnya. Era yang dihadapi oleh setiap perusahaan dan organisasi besar ini disebut juga sebagai era disruptif.

Kasali (2017) memberikan contoh salah satu perusahaan yang menyerah di era disruptif adalah Kodak. Sebuah perusahaan raksasa, pemimpin pasar kamera, harus bertekuk lutut saat menyadari bahwa dunia fotografi sudah masuk ke era digital.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk bertahan di era disruptif. Salah satunya terus berinovasi untuk mengikuti perkembangan zaman. Inovasi bukan lagi hanya dalam bentuk produk atau proses, namun inovasi dalam “Model Bisnis”.

Perlunya Inovasi dalam Model Bisnis

Tidak diragukan lagi bahwa setiap perusahaan dan organisasi besar harus mampu merancang model bisnis unggulan dan inovatif agar dapat tetap kompetitif.

Salah satu tools yang sangat bermanfaat untuk membantu perusahaan dan organisasi dalam merancang model bisnis unggulan adalah “Business Model Canvas”. “Business Model Canvas” adalah tools yang diciptakan oleh Alexander Ostewalder yang bermanfaat untuk memetakan model bisnis dan juga melakukan inovasi agar model bisnis tersebut bisa bertahan dan membuat organisasi kompetitif.

Sudahkah Anda dan perusahaan Anda memahami bagaimana cara memetakan dan melakukan inovasi terhadap model bisnis yang dimiliki perusahaan Anda? Apabila belum, maka workshop ini merupakan pilihan yang tepat untuk perusahaan Anda.

Manfaat Program

  • Membuka pikiran peserta tentang era disruptif dan bagaimana cara menghadapinya
  • Mengenal dan memahami pentingnya “Business Model” untuk membuat perusahaan dapat terus kompetitif
  • Mampu menggunakan Business Model Canvas untuk memetakan model bisnis perusahaan saat ini
  • Mampu menggunakan Business Model Canvas untuk melakukan inovasi terhadap model bisnis perusahaan agar tetap kompetitif
  • Memahami pola inovasi model bisnis yang berhasil maupun yang gagal / tidak terserap di pasar
Sasaran peserta untuk workshop business model innovation ini adalah:

  • Pimpinan perusahaan yang ingin mendorong perusahaan / organisasi untuk melakukan inovasi model bisnis
  • Middle management atau pemimpin divisi yang ingin melakukan inovasi terhadap model bisnis di divisi atau departemennya
  • Divisi riset atau product development dan divisi pemasaran pada organisasi
  • Pemiliki StartUp yang ingin lebih gesit dalam melakukan inovasi model bisnis
Modul yang dibahas dalam program ini adalah:

  • Modul 1 : Memahami Era Disruptif dan Cara Menghadapinya
  • Modul 2 : Dasar – Dasar Business Model Canvas dan Cara Menggunakannya
  • Modul 3 : Business Model Checkup – Teknik melakukan penilaian kesehatan Business Model perusahaan Anda
  • Modul 4 : Business Model Innovation – Teknik melakukan inovasi pada model bisnis agar tetap kompetitif
  • Modul 5 : Business Model Design – Panduan merancang model bisnis inovatif dan kompetitif
  • Modul 6 : Business Model Validation – Melakukan validasi dan evaluasi terhadap alternatif model bisnis agar berhasil di pasar.
Program ini tersedia dalam varian durasi:

Program 8 jam dalam 1 hari penuh atau 16 jam dalam 2 hari, dengan minimum peserta sebanyak 20 orang di lokasi yang ditentukan.

Workshop diberikan dengan format interactive lecture, dan juga praktik langsung bagaimana menggunakan Business Model Canvas untuk membuat model bisnis yang kompetitif.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan dalam program pelatihan ini adalah:

  • Handout modul presentasi
  • Buku Business Model Generation (Optional)
  • Dokumentasi kegiatan
  • Plakat / Cinderamata untuk perusahaan
Pelatih utama Anda adalah Arry Rahmawan | Dosen & Peneliti Universitas Indonesia

Arry Rahmawan, mempelajari langsung Business Model Mastery dari Strategyzer dan Alexander Ostewalder. Arry sudah berpengalaman menjadi instruktur inovasi model bisnis di berbagai perusahaan mulai dari perbankan hingga manufaktur, institusi pendidikan, serta inkubator bisnis. Arry merupakan lulusan S1 dan S2 dari Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia dan saat ini merupakan dosen dan peneliti bidang inovasi disruptif di departemen tersebut.

Galeri Pelatihan / Dokumentasi

Informasi dan Pemesanan Program

Informasi dan Pemesanan Program, silakan menghubungi:

Melinda – 0856 4087 9848
Email : arryrahmawan@ui.ac.id

>> UNDANG ARRY RAHMAWAN <<

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!