Uncategorized

5 Ide Bagaimana Mendapatkan Uang dari Blog Anda

ANDA suka blogging dan ingin bahwa hobi tersebut mampu mendatangkan pendapatan? Siapa yang tidak mau? Tidak ada yang lebih asyik mendapatkan uang dari melakukan apa yang kita senangi bukan?

Jika Anda memiliki blog, baik yang profesional maupun gratisan, tidak ada salahnya untuk mencoba 10 ide ini. Ide-ide ini saya rangkum dari berbagai sumber dan sebagian saya terapkan di blog saya, yaitu Blog Kak Arry yang sedang Anda buka saat ini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung saja kita bongkar caranya!

Ide 1: Menyewakan Space Iklan

Cara seperti ini adalah salah satu cara efektif untuk mendatangkan passive income dari Blog Anda. Namun pastikan bahwa blog Anda sudah memiliki traffic yang sangat besar, sehingga tarif yang Anda kenakan bisa semakin mahal. Salah satu contohnya adalah situs BeraniGagal. Situs ini secara konsisten terus-menerus memberikan motivasi dan inspirasi bagi pembacanya. Akibat traffic yang terus mengalir, maka di sana disediakan space banner untuk memasang iklan. Bayangkan jika 1 banner dikenakan biaya 200-300 ribu per bulan, maka jika Anda menyewakan 6 banner pendapatan Anda per bulan dapat mencapai 1,2-1,8 juta per bulannya. Dahsyat!

Ide 2: Memasang Google Adsense dan Layanan PPC lainnya

Ini juga sebuah cara yang umum dilakukan yaitu memasang iklan dari Google Adsense dan dibayar berdasarkan berapa jumlah klik terhadap iklan tersebut. Istilahnya adalah PPC, yaitu Pay Per Click. Di Indonesia juga ada beberapa layanan seperti ini seperti KumpulBlogger atau Adsense Saya. Cuma hati-hati jangan memanipulasi dengan melakukan klik-klik sendiri atau menyuruh orang untuk sengaja klik karena jika ketahuan ada sesuatu yang tidak wajar bisa di banned.

Ide 3: Menjual E-Book atau Produk

Maksud saya menjual di sini bukan menjadikan blog Anda sebagai toko online, tetapi sebagai media pemasaran terhadap e-book atau produk Anda. Bagi Anda yang suka menulis, bisa dengan membuat sebuah e-book yang bermanfaat dan menjualnya di internet. Tentu saja tidak ada yang namanya sukses instan, artinya e-book itu janganlah merupakan copas dari situs lain. Penjualan ebook ini semakin besar pangsanya setelah semakin banyak digital reader seperti smartphone dan tablet yang mendukung sebagai pembaca e-book.

Ide 4: Mengiklankan Diri Sendiri

Ini yang biasanya saya lakukan di blog saya yaitu mengiklankan diri saya sendiri di internet. Misalkan saya memiliki keahlian dan kemampuan dalam creative writing, innovation of learning, dan blogging, maka saya menjual paket seminar dan pelatihan langsung dari blog saya. Ini beneran loh, saya seringkali mendapatkan job dari klien yang memesan kursi di workshop hanya melalui blog saya.

Ide 5: Menjualkan produk orang lain

Anda tidak memiliki produk apapun untuk dijual? Cari orang yang punya produk dan jualkanlah di blog Anda. Nanti hasilnya akan dibagi komisi. Cara seperti ini biasa disebut sebagai affiliate marketing, di mana Anda mendapatkan bagian dari hasil penjualan tersebut. Maka carilah mungkin ada saudara atau kerabat Anda yang sedang ingin menjual sesuatu dan pasngkanlah iklan di blog Anda agar nantinya mendapatkan bagi hasil dari penjualan tersebut.

Yap, itulah 5 ide bagaimana sebuah blog yang biasa Anda gunakan untuk menulis ini bisa menghasilkan pendapatan. Punya cara lain bagaimana memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang? Silakan di share di kotak komentar di bawah ya. 🙂

Ingin ngobrol lebih banyak dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!