Fase Perencanaan Kelas Studentpreneur

13 Karakter agar Sukses Berbisnis Apapun

Written by Arry Rahmawan

Untuk mencapai kesuksesan memang tidak semudah ketika kita menginginkannya. Ketika ditanya apakah kita ingin sukses, pasti semua dari kita dengan mudah menjawab ‘ya’. Tetapi ketika memang harus membayar harganya, jarang mereka yang menjawab ya sebanyak sebelumnya. Betul memang bahwa tidak ada ‘jalan pintas’ untuk sebuah kesuksesan. Semua memiliki harga yang harus dibayar. Tetapi bersyukurlah kita masih dapat banyak belajar dari mereka yang terlebih dahulu sukses. Walaupun mungkin kita memang harus bekerja keras, tetapi peluang sukses itu terbuka lebih besar jika kita mau belajar dari mereka yang sudah hebat.

Berikut ini sengaja saya kumpulkan kutipan-kutipan yang menginspirasi, khususnya buat para kawula muda studentpreneur! Hehe.. Saran saya, Studentpreneur Success Quotes ini ditulis dalam sebuah buku atau catatan khusus, atau bisa juga dirangkum, dijadikan poster, dibuat dalam kartu-kartu kecil agar kita dapat terinspirasi setiap hari. Baiklah, sepertinya semua sudah siap! Yuk, mari kita baca artikel ini selanjutnya.

INSPIRATION QUOTES

1) “If you can dream it, you can do it.” 
-Walt Disney, founder of The Walt Disney Company

BERANI BERMIMPI: Walt Disney adalah legenda. Sejak dulu hingga sekarang, banyak karya-karyanya yang masih bertahan. Mulai dari Mickey Mouse, Donald Duck, hingga DisneyLand. Itu semua karena dia mampu melihat dalam pikirannya, walaupun itu memang belum terjadi. Seperti DisneyLand, yang baru diresmikan setelah Walt Disney meninggal. Jadi selama kita mampu untuk menggambarkannya, memimpikannya, berarti bisa kita capai.

2) “Business opportunities are like buses, there’s always another one coming.”
-Richard Branson, founder of Virgin Enterprises

SAMBUTLAH SETIAP PELUANG: Konon katanya sukses itu adalah ketika persiapan bertemu dengan peluang. Selagi kita sibuk mempersiapkan diri untuk sukses, carilah peluang-peluang di sekitar yang mungkin untuk dikembangkan. Orang biang kesempatan tidak datang dua kali, tetapi itu mitos. Kesempatan itu seperti bus, yang datang silih berganti. Tinggal bagaimana persiapan kita untuk menyambut kesempatan itu.

3) “Capital isn’t that important in business. Experience isn’t that important. You can get both of these things. What is important is ideas.”
-Harvey Firestone, founder of Firestone Tire & Rubber Co.

IDE ADALAH MODAL UTAMA: “Saya tidak memiliki cukup modal”, “Saya tidak memiliki pengalaman berbisnis”. Inilah yang sering didengar buat mereka yang masih ragu-ragu untuk memulai bisnis. Bisnis, tidak harus selalu membutuhkan modal besar (kecuali jika Anda ingin menciptakan pabrik). Pengalaman? Siapapun yang baru memulai bisnis pasti tidak punya pengalaman, bahkan seorang Bill Gates sekalipun! Inilah yang coba ditekankan. Di era globalisasi sekarang ini, justru ide atau gagasan yang memegang peranan penting. Kreativitas, adalah modal utama untuk menjadi seorang pengusaha. Maka dari itu sobat muda tidak perlu takut tidak punya ini itu. Karena setiap orang pasti memiliki yang namanya kreativitas.

4) “Your time is limited, so don’t waste it living someone else’s life. Don’t be trapped by dogma – which is living with the results of other people’s thinking. Don’t let the noise of other’s opinions drown out your own inner voice. And most important, have the courage to follow your heart and intuition. They somehow already know what you truly want to become. Everything else is secondary.” 
-Steve Jobs, co-founder of Apple and Pixar

BERANI TAMPIL BEDA: Apa yang dikatakan Steve Jobs merupakan arahan untuk selalu berkarya karena hidup ini singkat! Dalam berkarya, tidak melulu harus terperangkap oleh dogma-dogma atau aturan baku. Intinya: kreatif dan berpikir berbeda. Jika di sekeliling Anda adalah domba berbulu putih, maka mengapa Anda tidak mencoba menjadi domba berbulu hitam? Beranilah untuk mengikuti kata hati dan intuisi.

5) “Find your passion… then it is no longer work!” 
-L.A. Reid, co-founder of LaFace Records

KERJAKAN APA YANG DISUKAI: Saya suka kutipan ini. Temukan passionmu dan kembangkanlah, Jika kita melakukan semua itu karena memang kita suka, maka tidak ada yang namanya ‘bekerja’. Kita semua akan merasa senang dan menganggap hidup ini lebih indah dan bahagia.

TAKING INITIATIVE QUOTES

6) “I had to make my own living and my own opportunity! But I made it! Don’t sit down and wait for the opportunities to come. Get up and make them!” 
-Madam C.J. Walker, creator of beauty products and the first female self-made millionaire

INISIATIF: Walaupun seorang Richard Branson berkata bahwa kesempatan itu datang seperti bus, tetapi berbuat inisiatif menjadikan kesuksesan Anda lebih cepat lagi. Mereka yang sukses rata-rata tidak menunggu kesempatan itu datang, tetapi ‘menjemput’ kesempatan itu.

7) “The critical ingredient is getting off your butt and doing something. It’s as simple as that. A lot of people have ideas, but there are few who decide to do something about them now. Not tomorrow. Not next week. But today. The true entrepreneur is a doer, not a dreamer.”
-Nolan Bushnell, founder of Atari & Chuck E. Cheese’s

ACTION ORIENTED: Hal paling penting adalah aksi nyata! Lakukanlah sesuatu, walaupun sekecil apapun. Jangan terjebak pada perencanaan yang terlalu rumit dan menghabiskan energi. Merencanakan itu penting dan sangat penting, tetapi melakukan aksi nyata lebih penting lagi.

8) “The key is to just get on the bike, and the key to getting on the bike… is to stop thinking about ‘there are a bunch of reasons I might fall off’ and just hop on and peddle the damned thing. You can pick up a map, a tire pump, and better footwear along the way.” 
-Dick Costolo, founder of Feedburner.com

BERPIKIR POSITIF: Selama pikiran positif masih ada, maka solusi dan penyelesaian pasti bisa ditemukan. Masalah ada dan datang untuk diselesaikan, tetapi orang umumnya berpikir negatif dan menyerah. Melajulah terus, pelihara berpikir positif, karena itulah bahan bakar untuk menghasilkan solusi-solusi cemerlang.

9) “The important thing is not being afraid to take a chance. Remember, the greatest failure is to not try.” 
-Debbi Fields, founder of Mrs. Fields Cookies

BERANI GAGAL: Ketika mencoba, mungkin kita akan mengalami kegagalan. Tetapi kegagalan yang pasti adalah ketika kita tidak mencobanya sama sekali. Penelitian menunjukkan orang dewasa jauh lebih sering menyerap kata-kata negatif yang akhirnya menyulitkan mereka untuk maju. Seringlah mengimbangi dengan bacaan yang positif dan pikiran yang memotivasi agar terus mencoba. Kegagalan, adalah sebuah feedback bahwa kita harus mempersiapkan strategi yang lebih matang lagi.

HARD WORK vs. LUCK QUOTES

10) “Genius is 1% inspiration, and 99% perspiration.” 
-Thomas Edison, founder of General Electric (GE)

KERJA KERAS: Kesuksesan tidak ada yang mudah dan singkat untuk diraih. Harus ada pengorbanan dalam mencapainya. Banyak orang yang termakan angin surga bisa meraih kesuksesan dalam sekejap mata yang akhirnya mereka merasa tertipu. Padahal, memang tidak ada jalan pintas untuk sukses. Bahkan seorang Thomas Edison pun mengakui, yang namanya jenius, hanya 1% merupakan bakat, sisanya adalah kerja keras.

11) “I made a resolve then that I was going to amount to something if I could. And no hours, nor amount of labor, nor amount of money would deter me from giving the best that there was in me. And I have done that ever since, and I win by it. I know.” 
-Colonel Sanders, founder of KFC

BERIKAN YANG TERBAIK: Lakukan hal terbaik dalam setiap aktivitas. Berikan ekspektasi lebih dari yang sekedar diharapkan orang, maka lihatlah apa yang akan terjadi. Orang akan bertubi-tubi datang kepada Anda, dan tentunya Anda mampu meraih kesuksesan dengan lebih cepat.

12) “Nobody talks of entrepreneurship as survival, but that’s exactly what it is.” 
-Anita Roddick, founder of The Body Shop

INOVASI BERKELANJUTAN: Semakin ke sini, kehidupan semakin cepat sekali berubah. Baru 5 tahun lalu rasanya handphone merupakan sebuah barang mewah, tetapi sekarang ini hampir semua orang punya. Begitupun jika kita ingin sukses, maka harus siap dengan inovasi. Kalau dalam bisnis, ini namanya survival test, siapa yang tidak siap berubah dan berinovasi untuk lebih baik, maka dia akan mati.

13) “Life is really simple as far as I’m concerned. There is no luck, you work hard and study things intently. If you do that for long and hard enough you’re successful.” 
-Jason Calacanis, founder of Weblogs, Inc.

MENCIPTAKAN KEBERUNTUNGAN: Singkirkan paradigma yang mengatakan bahwa si A bernasib baik dan B bernasib buruk. Nasib, ditentukan oleh diri kita sendiri. Luck atau keberuntungan itu berlaku universal: diciptakan. Keberuntungan itu terjadi karena akumulasi dari usaha-usaha kita, entah doa, kerja keras, sedekah, atau yang lainnya. Maka selama kita selalu kerja keras, kerja cerdas, siap untuk belajar, dan mampu menyambut peluang, maka di situlah ada kesuksesan.

Semoga 13 pilar ini dapat menginspirasi dan membuat kita belajar banyak hal. Apakah Anda memiliki pilar-pilar lainnya? Silakan berbagi dengan menuliskannya di kotak komentar. Salam Indonesia Produktif!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!