Uncategorized

200% Effort

Hari ini saya diminta oleh sebuah komunitas untuk bisa menjadi mentor dalam pengembangan bisnis anggotanya. Tentu saya sangat senang sekali mendengarnya dan tentu ingin membantu mengembangkan bisnis mahasiswa yang memang berniat untuk membangun bisnis mereka.

Mereka kemudian bertanya, “Apakah menurut kakak mentoring itu dalam bisnis itu penting?” Buat saya, mentoring sangat penting. Anda bisa membaca tulisan saya, Siapa Mentor Anda? yang saya jabarkan betapa berpengaruhnya mentoring dalam pengembangan bisnis saya. Namun, yang lebih penting lagi buat saya adalah para mentee nya atau mereka yang dibimbing. Kenapa?

Seringkali mereka yang mengikuti mentoring berharap banyak sekali kepada mentor nya untuk bisa memberikan pengarahan yang sedetil-detilnya dan sejelas-jelasnya dari mentor mereka. Namun, kalau saya yang menjadi mentor mohon maaf, saya harus bilang bahwa saya bukan guru atau pembimbing seperti itu.

Mentee-mentee bisnis saya akan saya arahkan bukan bagaimana cara melaksanakan ini atau itu, namun bagaimana mengeluarkan effort mereka lebih dari 100%. Kenapa? Karena bisnis adalah tentang aksi serta pengalaman (khususnya mereka yang belum berbisnis sama sekali).

Banyak yang bilang, “Kak, gimana cara memulai bisnis ya? Saya ga punya uang sama sekali untuk memulainya.”

Saya kemudian memberitahukan nama-nama pebisnis sukses yang memulai bisnis dari modal nol bahkan minus. Saya minta mereka mencari tahu bagaimana caranya untuk meraih kesuksesan seperti itu. List cara-caranya. Cek cara-cara yang paling pas untuk dilaksanakan. Ga bisa ketemu orangnya langsung, cek Google. Ambil hape, buka laptop, cari referensi sampai ketemu. Bisa kok kita memulai bisnis dari suatu kondisi di mana kita tidak punya uang sama sekali.

Saya juga kemudian mendapat pertanyaan, “Kenapa ya kripik buatan saya ga laku-laku?”. Saya bilang, ke berapa orang keripik itu sudah ditawarkan? Apakah sudah ditawarkan ke toko-toko? Sudah membuat sampel gratis agar orang bisa mencobanya? Sudahkah Anda mendapatkan masukan terkait kripik Anda itu? Jawabannya sederhana: belum.

Membangun bisnis atau menjadi seorang wirausahawan memang terlihat begitu menggiurkan. Kekayaan, popularitas, dan bahkan jaringan di atas rata-rata. Jika bisnis sudah berkembang, stabil, dan mapan, bahkan kita sebagai pemiliki bisnis pun tidak perlu susah payah dan bekerja keras untuk menghasilkan uang, karena sudah menghasilkan secara otomatis dari sistem yang sudah ada.

Tentu kesuksesan bisnis seperti itu memerlukan harga untuk menebusnya. Salah satu harganya adalah, dalam pengembangan awal, bisnis memerlukan kita untuk bekerja keras lebih banyak, lebih lama, dan lebih besar dari kerja orang rata-rata. Inilah yang saya sebut sebagai 200% Effort, dan inilah hal yang paling sering dihindari oleh orang yang ingin sukses dalam bisnisnya. Mereka hanya ingin bisnisnya tumbuh dan berkembang dengan pesatnya, dengan usaha yang sekecil-kecilnya.

Jika dalam tahap awal pengembangan bisnis Anda tidak memerlukan 200% Effort dan sekarang bisnis Anda sudah tumbuh dan berkembang dengan mapan, silakan bagi bagaimana caranya.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips bisnis, pemasaran, dan motivasi bisnis di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah seorang pembelajar dan juga praktisi pendidikan. Arry merupakan dosen tetap di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Saat ini Arry sedang menjalankan tugas belajar dengan melanjutkan studi doktoral di Faculty of Technology, Policy, and Management, Technishce Universiteit Delft, Belanda.

Di sela-sela kesibukannya, Arry senang berbagi pemikiran seputar pendidikan dan pengembangan diri melalui blognya di arryrahmawan.net, Youtube Channel, dan juga sebagai trainer di CerdasMulia Institute.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!