Tips Akademik

29 Cara Efektif Mengatasi Writer’s Block

Cara #23 : Menuliskan Daftar Buku Favorit di Bidang Anda

Misalkan Anda menggeluti bidang StartUp atau bisnis, Anda bisa membuat tulisan tentang 10 buku terbaik yang Anda rekomendasikan untuk startUp atau untuk pebisnis muda. Jika Anda seorang blogger, Anda juga dapat menuliskan 10 – 20 buku terbaik versi Anda yang dapat memandu seseorang menjadi blogger yang baik.

Cara #24 : Mencari Ide dari Forum Tanya Jawab

Forum tanya jawab seringkali berisikan berbagai masalah yang sedang dialami orang lain. Sekali – kali, cobalah berjalan – jalan ke Quora.com atau Yahoo! Answers untuk mendapatkan berbagai pertanyaan yang bisa Anda jawab melalui blog Anda.

Cara #25 : Menulis tentang Prediksi atau Tren di Masa Akan Datang

Bila Anda seorang expert, cobalah untuk menuliskan tentang tren apa yang sekiranya akan terjadi di masa yang akan datang. Prediksi itu bisa bervariasi panjang waktunya, mulai dari 12 bulan, bahkan 5 tahun dari sekarang. Sebagai contoh adalah tulisan dari Katy Widrick tentang Predicting Blogging in 2016.

Cara #26 : Menulis Tentang Hasil Wawancara dengan Tokoh

Jika kita kehabisan pengalaman untuk di share, pastikan kita juga bisa menggunakan pengalaman orang lain. Ajaklah seorang tokoh untuk Anda wawancara secara eksklusif. Wawancara tidak perlu bertatap muka, tetapi bisa juga melalui telepon atau email. Setelah itu Anda bisa membuat posting baru dari hasil wawancara tersebut.

Salah satu contoh tulisan interview yang menarik adalah yang dituliskan oleh Kosio Angelov tentang “Bagaimana Membangun Kebiasaan (Habit)”

Cara #27 : Menulis Artikel untuk Kompetisi

Sesekali, sebagai blogger atau penulis kita bisa menantang diri kita untuk mengikuti kompetisi menulis. Biasanya, dengan ikut kompetisi, kita berupaya untuk mengikuti standar dan tema yang diberikan panitia. Nah, buat saya ini sangat berguna untuk mengasah otak kita agar tetap tajam sebagai penulis.

Saya pernah beberapa kali mengikuti kompetisi blogging. Salah satunya yang menang adalah “Teknologi Digital untuk Indonesia”

 Cara #28 : Menulis Seasonal Content

Seasonal Content adalah tulisan yang bertepatan dengan musim atau momen – momen tertentu. Misalnya, jika bulan Ramadhan tiba, maka saya menulis beberapa tulisan dengan nuansa Ramadhan. Misalnya “Tips membuat Ramadhan Menjadi Lebih Produktif”. Ketika tahun baru akan tiba, saya juga menuliskan seasonal content, seperti misalnya “Bagaimana Melakukan Evaluasi Akhir Tahun.” dan juga Resolusi Tahun 2015.

Cara #29 : Menulis Tutorial atau Panduan Step By Step

Coba perhatikan bidang yang Anda kuasai, adakah sebuah tutorial atau panduan yang dibutuhkan banyak orang? Anda bisa menjadikan panduan atau tutorial tersebut sebagai bahan tulisan. Contohnya adalah postingan saya tentang “Panduan Membuat Rencana Bisnis dengan Business Plan Canvas” atau juga “Panduan Dasar Creative Blogging.”

Oke sahabat pembaca, itulah dia 29 cara untuk mengatasi writer’s block.

Semoga dengan cara – cara yang telah disebutkan tadi, membuat Anda mampu lebih kreatif dalam menulis serta menghasilkan ide yang lebih baik.

Saya sendiri setelah menggunakan cara – cara tersebut, rasanya ide untuk menulis terus datang silih berganti. Dengan begitu, mudah – mudahan kebermanfaatan yang bisa diberikan sebagai penulis dan blogger menjadi lebih besar ya, hehehe…

Jika menurut Anda tulisan di atas serta tulisan – tulisan saya lainnya bermanfaat, silakan untuk berlangganan tulisan saya dengan mengisi alamat email Anda di sidebar sebelah kanan agar Anda tidak ketinggalan berbagai macam update dari saya.

Apakah Anda memiliki cara lain untuk mengatasi writer’s block? Silakan genapi cara di atas dan berikan cara ke #30 melalui kotak komentar di bawah. Saya tunggu ^^.

Salam,

Arry Rahmawan
Personal Development Trainer
at CerdasMulia Institute

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

3 Comments

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!