Uncategorized

3 Kata Istimewa yang Harus Diingat Pemimpin

Begitu banyak orang yang menyamakan kepemimpinan dengan jabatan. Menurut saya, kepemimpinan itu selain jabatan/pangkat, yang menentukan keberhasilan sebagai pemimpin adalah karakternya. Pemimpin bukan semata-mata diukur dari seberapa besar kekuasaaannya, seberapa tinggi pangkatnya, tetapi juga seberapa kuat karakter yang melekat di dalam dirinya.

Ada 3 kata istimewa yang harus diingat pemimpin. 3 Kata istimewa ini merupakan tugas dan misi utama seorang pemimpin. Jika saat ini Anda seorang pemimpin, sudahkah 3 kata ini melekat dalam diri Anda?

Inspire

Kata pertama adalah inspire. Menginspirasi. Maksudnya apa? Setiap pemimpin adalah orang yang mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan kebaikan. Mudahnya, jika orang lain melihat atau berinteraksi dengan seorang pemimpin, maka orang itu pun tergerak untuk melakukan kebaikan dan lebih semangat dalam menjalani hidupnya.

Bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang menginspirasi? Pemimpin yang menginspirasi tercipta dari keteladanan. So, untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa memberikan inspirasi, dia hendaknya bisa memberikan contoh-contoh nyata kebaikan dalam kehidupan sehari-hari.

Transform

Kata ketua adalah transform. Membentuk. Maksudnya adalah setiap pemimpin adalah orang yang mampu untuk membentuk kinerja terbaik dengan mengeluarkan potensi serta kapasitas terbaik dalam dirinya serta orang-orang di sekitarnya. Sehingga dalam hal ini, seorang pemimpin adalah mereka yang juga menciptakan pemimpin-pemimpin selanjutnya.

Oleh karena itu, setiap pemimpin senantiasa dituntut untuk terus menerus belajar. Seorang pemimpin juga dituntut mampu untuk menjadi pencerah dan pemberi petunjuk bagi banyak orang, dan yang lebih penting lagi adalah setiap pemimpin mampu untuk menghasilkan pemimpin-pemimpin baru yang jauh lebih hebat daripada dirinya.

Change

Kata ketiga ini merupakan kata yang sudah sangat umum sekali melekat pada diri setiap pemimpin. Mengubah. Ya, setiap pemimpin merupakan pendorong perubahan. Perubahan dari kondisi yang ada menjadi karya dan prestasi yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Maka, setiap pemimpin dituntut untuk memiliki visi besar yang ingin dicapai dalam kepemimpinannya. Mimpi apa yang ingin diraih? Mimpi apa yang ingin dicapai? Segala pencapaian yang luar biasa diawali pula dari visi besar yang tergambar sebelumnya.

Ya, itulah 3 kata yang melekat dalam setiap pemimpin. Inspire. Transform. Change. 3 kata yang walaupun sederhana untuk diucapkan, namun sesungguhnya itu adalah tugas pemimpin yang bahkan gunung pun tidak sanggup untuk menggenggam amanah itu.

Setiap manusia itu adalah pemimpin dan setiap pemimpin pasti akan dimintai pertanggungjawabannya. Setidak-tidaknya tanggungjawab kepemimpinan terhadap diri sendiri.

Bagaimana menurut pendapat Anda?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar