Uncategorized

3 Kunci Cepat Pengembangan Diri dan Sosial

Selamat sore sahabat! Sore hari ini cerah sekali, dan alhamdulillah akhirnya menemukan sedikit waktu kosong selama setengah jam. Semoga bisa menjadi sebuah artikel baru di blog, hehe.. Minggu ini jujur merupakan pekan yang padat, selain sedang UTS, sibuk mempersiapkan praktikum sistem produksi, dan juga hari ini merupakan ulang tahun Pak Omar. Salah satu dosen favorit saya selain Pak Akhmad dari SEMS Lab. Selamat ulang tahun, Pak! Semoga berkah usianya ya.. Hehehe… 🙂

Baik, kali ini Kak Arry akan membahas tentang sebuah inspirasi yang didapatkan saat menjadi juri dari Call for Speaker Astra International Leadership Festival pada Sabtu kemarin. Inspirasi ini Kak Arry dapatkan dari salah seorang peserta bernama Indah dari FISIP UI 2009. Seorang yang aktif sekali dalam kegiatan ilmiah, kepemimpinan, maupun kontribusi sosial. Saat mempresentasikan tentang leadership, ada 3 hal yang ditekankan pada saat presentasi agar kita senantiasa dapat membangun kapasitas diri dan perubahan sosial. Apa saja 3 perubahan tersebut? Silakan baca artikel ini lebih lengkap. 😉

Kunci Pertama: Menanamkan Mindset
Setiap pengembangan diri dan perubahan sosial apapun harus selalu diawali dengan perubahan mindset. Sudah tidak terhitung jumlahnya berapa banyak ciptaan dan karya-karya besar yang berawal dari sebuah mindset yang berbeda. Pengaruh mindset bahkan bisa sangat kuat dalam menentukan perilaku seseorang. Seperti misalkan anggaplah Anda disuruh membuka sebuah brangkas yang dikatakan merupakan brangkas teraman di dunia. Di satu sisi, jika mindset yang Anda tanamkan adalah ‘tidak mungkin’, maka sampai kapanpun brangkas itu tidak akan terbuka walaupun sebenarnya brangkas itu tidak dikunci! Hal itu berlaku jika kita berpikir sebaliknya. Jika berpikir bahwa seberat apapun, pasti mungkin untuk dibuka, maka akan selalu ada secercah harapan untuk membukanya walaupun brangkas itu dikunci dengan tingkat keamanan paling rapat sekalipun.

Kunci Kedua: Mempelajari Skill
Mindset yang positif tidak akan cukup tanpa diiringi pengetahuan dan keterampilan yang baik. Saat ini, mereka yang tidak memiliki ketrampilan tentu akan sulit untuk ‘dilirik’ orang. Jika Anda ingin mengubah kapasitas diri Anda, cobalah rumuskan terlebih dahulu Anda ingin menjadi orang seperti apa dan skill apa yang harus Anda pelajari untuk mencapainya? Sungguh mereka yang memiliki banyak ketrampilan dan ahli di masing-masing ketrampilan tersebut adalah salah satu tolak ukur daya saing sumber daya manusia di era global. Tidak hanya mempercepat pengembangan diri sendiri, tetapi juga pengembangan di sekitarnya. Skill itu banyak, bisa keterampilan berkomunikasi, sosialisasi, organisasi, bermain alat musik, kemampuan berhitung, keterampilan menggunakan teknologi, dan lain sebagainya.

Kunci Ketiga: Membuka Jaringan
Jika suatu saat Anda sedang mengikuti seminar atau konferensi, maka jangan menerapkan kebiasaan yang sering diterapkan orang: berkumpul di golongannya masing-masing. Berpencrlah, incar mana orang yang paling Anda jalin hubungan dengannya. Anda sudah memiliki mindset yang maju, skill yang mumpuni, maka sudah saatnya membuka jaringan seluas-luasnya. Orang dengan mindset dan skill yang baik, otomatis akan memiliki daya yang lebih besar untuk dikenal oleh orang-orang hebat. Suatu saat, Anda pasti akan membutuhkan mereka. Maka tidak perlu sungkan untuk menjalin pertemanan dan persahabatan dengan orang-orang baru. Kak Arry sendiri sudah membuktikan bahwa banyak sekali rezeki, tawaran ngisi kegiatan dan acara, serta undangan silaturahmi yang berasal dari jaringan-jaringan kita. Semakin besar jaringan, ibarat laba-laba yang membuat sarangnya dengan luas, maka semakin besar pula kemungkinan mendapatkan mangsa di dalamnya.

3 Rumus tadi: Mindset + Skill + Jaringan, adalah 3 hal ampuh dan terbukti (setidaknya berdasarkan pengalaman pribadi) bagi Anda yang ingin mengembangkan diri dengan cepat dan tidak ingin mengerti teori yang terlalu banyak. Cukup tanamkan mindset yang paling positif dan memberdayakan yang bisa Anda tanam, kemudian tanamkan keunggulan skill pada diri Anda, lantas perluaslah jaringan Anda. InsyaAllah pada saat itu juga diri Anda akan dapat berkembang dengan sangat pesat.

Semoga bermanfaat, salam CerdasMulia!

Arry Rahmawan, adalah Inspirator CerdasMulia,  Direktur Penerbit Granada, wakil ketua Center for Entrepreneurship Development and Studies Universitas Indonesia, sekaligus praktisi pengembangan SDM. Telah mengantongi ribuan jam terbang sebagai pembicara, motivator, dan konsultan khususnya untuk pelajar dan mahasiswa. Direktur Pengembangan Bisnis Permata CerdasMulia Indonesia ini dapat dihubungi via email di arry.rahmawan@gmail.com atau follow twitternya di @ArryRahmawan

Dipersilahkan untuk menyebarkan tulisan ini dalam bentuk apa pun, asalkan tetap menjaga kode etik dengan mencantumkan Arry Rahmawan sebagai penulisnya dan Blog Kak Arry sebagai sumbernya 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!