Akademik Belajar dan Mengajar

3 Kunci Pribadi Berprestasi

Kita baru saja memasuki tahun 2012, suatu tahun yang baru di mana banyak sekali terdapat keinginan, harapan, dan perubahan-perubahan besar yang menggebrak yang pastinya ingin sekali Anda ciptakan. Begitu pula dengan Kak Arry. Di tahun 2012 ini, banyak harapan besar yang menjadi target dan mimpi-mimpi untuk dicapai. Buat kamu yang belum membaca, silakan klik Resolusi 2012 – Bisa! yang merupakan target-target yang ingin Kak Arry capai, dan ternyata artikel itu terus menerus bertengger di posisi 5 besar. Tidak tergoyahkan sebagai artikel yang paling banyak dibaca pada blog ini. :p

Kali ini Kak Arry ingin berbagi mengenai 3 kunci sukses utama seseorang dalam meraih prestasi, khususnya untuk tahun 2012 ini. Kunci ini biasa disebut sebagai kunci PVA, yang merupakan kepanjangan 3 unsur kata dari Passion – Vision – Action. Jika Anda berminat, silakan mencobanya sekarang juga, dan lihatlah apa yang akan terjadi dalam hidup Anda. 🙂

Passion
Sebelum mengunci arah kesuksesan yang ingin Anda tuju, pastikan Anda memiliki dan menemukan apa Passion Anda. Setiap manusia itu diciptakan unik, temukan berbagai macam kelebihan dan potensi sebagai landasan dari apa passion Anda. Mengapa Passion ini penting untuk membentuk kita menjadi pribadi yang sukses dan mulia?

  • Passion membuat Anda selalu bersemangat dan berenergi penuh, karena Anda selalu melakukan sesuatu yang Anda senangi
  • Passion ditambah dengan talenta yang diasakah akan menjadikan Anda seorang expert yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan Anda
  • Passion membuat Anda lebih fokus dan menyenangi pekerjaan yang Anda lakukan, Passion juga membuat Anda tetap bertahan untuk berkembang di bidang tersebut walaupun ditempa kegagalan berkali-kali banyaknya.
  • Hidup ini hanya sementara, dan jangan mau menukar waktu hidup ini untuk mengerjakan sesuatu yang tidak senang Anda lakukan. Jika Anda senang memasak dan sangat menikmatinya, kenapa harus kuliah di bidang kedokteran? Jika Anda suka melukis, kenapa mengambil kuliah di fakultas teknik? Sesuatu yang Anda kerjakan dengan senang hati akan membuat Anda selalu berupaya memberikan potensi dan semangat terbaik yang Anda miliki.
Maka jika saat ini saya berkata kepada Anda, apakah Anda tahu apa passion Anda? Saya sendiri memiliki passion sebagai seorang trainer, motivator, dan juga penulis. Ini sangat berpengaruh dalam aktivitas saya sehari-hari karena rasanya seperti tidak pernah kehabisan energi untuk menulis dan berbagi inspirasi. Maka apa hal yang Anda suka? Temukan itu. Anda suka menulis? Kembangkan. Anda suka memasak? Kembangkan. Anda suka mengutak-atik komputer? Kembangkan. Temukan di mana passion Anda, dan kemudian setelah Anda menemukannya, siap-siap untuk membuat….
Vision
Lebih dikenal sebagai sebuah visi atau mimpi-mimpi. Buatlah target, mimpi, dan capaian-capaian yang ingin Anda raih. Buatlah secara spesifik, tertulis, dalam jangka waktu yang dekat, dan ada batas waktunya. Mengapa ini penting? Karena dengan memiliki visi yang jelas, maka Anda..
  • Termasuk 3% orang di dunia yang siap meraih kesuksesan lebih besar dari 97% lainnya yang tidak memiliki mimpi yang jelas dan tidak tertulis (berdasarkan penelitian Mark McCormack di Harvard Business School)
  • Semakin dekat dengan mimpi Anda jika Anda mampu menggambarkannya dengan jelas. Ini kata Walt Disney, yang mengatakan selama Anda mampu untuk membayangkannya, di situ pula berarti Anda mampu untuk mencapainya
  • Menjadi pribadi yang optimis. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan sesuatu yang kita inginkan jika membayangkannya saja tidak sanggup?
  • Menjadi orang yang fleksibel dan terarah. Buatlah sebuah plan besar dengan detail yang rinci dalam jangka waktu 1 – 6 bulan berikutnya. Saya tidak merekomendasikan terlalu membuat detail untuk beberapa tahun lamanya karena hidup ini penuh dengan dinamika dan fleksibilitas (cieee…)
“Aku ingin hidup seperti air yang mengalir.” Oya? kenapa seperti itu? “Karena setiap air yang mengalir itu pasti akan mengarah ke laut.” Great. Siapa yang berpikir seperti itu, sebaiknya siap-siap untuk pergi ke toilet dan memeriksa air yang mengalir ke Septic Tank. Tidak masalah bukan jika mengalir ke Septic Tank toh Anda memang tidak punya visi dan perencanaan sama sekali?
Action
1000 kata akan kalah dengan adanya satu tindakan nyata. Ya, Anda tidak bisa menjadi sukses dan mulia hanya mengandalkan menemukan passion dan menyusun kata serta bayangan indah akan visi-visi Anda. Semua itu butuh AKSI NYATA dan KERJA KERAS. Seberapapun hebatnya Anda dalam menemukan passion dan membuat perencanaan, namun jika malas untuk melakukan aksi nyata maka Anda tidak akan mendapatkan apapun nantinya. Selalu ingat bahwa:
  • Orang-orang yang hebat tidak akan pernah lahir dari mereka yang usahanya, kerjanya, dan aksinya biasa-biasa saja. Orang-orang yang hebat lahir dari mereka yang memiliki aksi nyata yang hebat juga.
  • 10.000 kata Anda berwacana maka itu akan mampu dikalahkan oleh sebuah aksi nyata yang memberikan manfaat
  • Orang-orang tidak akan melihat apa yang Anda katakan. Orang-orang lebih melihat apa yang Anda kerjakan. Integritas, adalah yang utama dalam meraih sukses sementara integritas berarti antara perkataan dan tindakannya selaras. Jika Anda mengatakannya, maka Anda melakukannya.
  • Menunda pekerjaan berarti memotong dan menunda kesuksesan Anda pula. Kenapa harus menunggu hari esok jika bisa dikerjakan hari ini? Kata esok, esok, dan esok tidak akan pernah ada habisnya sampai Anda menyadari bahwa jatah hidup Anda di dunia ini sudah semakin menyempit.
Maka jangan pernah menggantungkan kesuksesan Anda hanya pada passion dan vision. Lakukan ACTION yang sesuai dengan minat (passion) dan mimpi (vision) Anda. Kurangi hal-hal yang kurang bermanfaat. Jika Anda sudah menemukan apa passion dan mimpi Anda, maka semua menjadi mudah. Fokuskan aksi Anda untuk mengasah passion menjadi talenta yang kemudian Anda menjadi seorang pakar (expert). Demikian pula fokuslah pada kegiatan-kegiatan yang mendukung Anda untuk mencapai cita-cita Anda. Kurangi hal yang kurang bermanfaat, dan jadikanlah hari-hari Anda penuh semangat dalam mencapai cita-cita Anda.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!