Uncategorized

3 Kunci Utama Kepemimpinan

Banyak sekali lahir pemimpin-pemimpin luar biasa di dunia ini. Ada yang berpendapat bahwa sesungguhnya pemimpin itu datang karena memang dilahirkan dan ditakdirkan menjadi seorang pemimpin. Tetapi justru dalam hidup saya lebih sering melihat para pemimpin yang bukan hanya dilahirkan, tetapi juga dengan sengaja menciptakan diri mereka untuk menjadi pemimpin.

Saya memiliki cukup pengalaman ketika memimpin dan dipimpin dalam suatu organisasi. Kemudian menyederhanakan kepemimpinan itu sebenarnya terletak pada 3 kunci utama : Pengaruh, Disiplin Diri, dan Keteladanan.

Kunci #1 : Pengaruh
Mutlak di sini apapun posisi seseorang dalam suatu komunitas atau forum, mereka yang berpengaruhlah yang sesungguhnya memimpin komunitas tersebut. Sehingga pengaruh ini menjadi suatu kunci penting siapa yang disebut dengan pemimpin formal dan siapa yang disebut dengan pemimpin substantif. Salah besar jika kita melihat posisi kepemimpinan itu dari jabatan saja, karena mereka yang menjabat tetapi tidak berpengaruh sama saja dengan orang biasa. John C. Maxwell, seorang pakar kepemimpinan mengatakan bahwa kapasitas pemimpin ditentukan oleh pengaruhnya. Pengaruh dapat diasah salah satunya dengan mampu konsisten terhadap apa yang diucapkan dan memiliki prinsip yang teguh serta mampu mengkomunikasikannya dengan orang lain.

Kunci #2 : Disiplin Diri
Banyak orang bijak mengatakan bahwa disiplin dan kegigihan merupakan kunci sukses kepemimpinan. Ya, mereka yang disebut sebagai pemimpin sejati adalah saat mereka mampu untuk terus berbuat dan berkontribusi secara permanen dan komitmen atas apa yang telah disepakati. Disiplin diri merupakan hal yang sangat sulit dilakukan manakala seseorang tidak siap untuk konsisten. Dan memang benar, mereka yang memiliki disiplin diri yang baik cepat atau lambat akan ditunjuk untuk menjadi pemimpin orang-orang di sekitarnya.

Kunci #3 : Keteladanan
Seorang pemimpin belum dikatakan menjadi pemimpin besar apabila tidak menularkan aura kepemimpinannya. Pemimpin besar selalu mencoba untuk membangkitkan iklim kepemimpinan di sekitarnya dengan cara menjadi teladan yang baik. Keteladanan yang baik sulilt diwujudkan kecuali pemimpin tersebut menghormati sekitar dan secara terus menerus mempertahankan gaya hidup teladan dan inspiratif secara konsisten.

Rasulullah SAW adalah sesosok figur yang sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana sebenarnya seorang pemimpin besar itu. Konsisten dalam berucap, lembut dalam bertutur kata, santun dalam berbuat, dan melebur dengan masyarakat sekitar tanpa membuat jarak antara saya sebagai pemimpin dan kamu sebagai bawahan, membuatnya sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Pemimpin nomor satu, bahkan sampai saat ini.

Have a Nice Day! Salam Sukses! 🙂

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!