Uncategorized

3 Pesan Bunda Neno Warisman untuk Pengusaha Muda

Alhamdulillah pada kesempatan di NBC yang diselenggarakan oleh CEDS UI kemarin saya berjumpa kembali dengan Bunda Neno Warisman. Sungguh kehormatan rasanya saya bisa kembali lagi berjumpa dengan beliau.

Seperti yang kita ketahui bahwa bunda Neno adalah salah satu sosok wanita yang paling inspiratif di Indonesia. Beliau pernah mendapatkan predikat sebagai Ibu Indonesia pada tahun 2010 dari majalah Femina dan juga penghargaan sebagai salah satu wanita paling inspiratif di Indonesia 2011 versi nokia dan beberapa lembaga dakwah Islam yang mengapresiasi perjuangannya untuk memajukan Indonesia. Pada kesempatan kali ini, beliau mencoba memberikan sharing ilmunya untuk para pengusaha muda. Maka dalam tulisan kali ini saya merangkum apa yang beliau sampaikan dalam 3 pesan utama untuk pengusaha muda. Apa sajakah itu? Yuk, mari kita baca lebih lanjut! 🙂

Raih Kemuliaan dengan Memuliakan Orang Tua, khususnya Ibu

Bunda Neno dengan segala macam prestasi dan capaiannya, tetap mengatakan bahwa tidak ada peran dan penghargaan yang paling luar biasa dibandingkan dengan penghargaan dari anak-anaknya: ibu. Ya, seorang ibu. Seorang yang sangat berjasa bagi kehidupan kita semua. Seorang yang mungkin satu-satunya di dunia ini yang mencintai kita dengan tulus. Seorang yang mungkin sampai saat ini terus mencintai kita tanpa mengharapkan apapun.

Rasanya tidak akan pernah bisa seorang anak membalas segala kebaikan orang tua, khususnya ibu. Bayangkan seorang ibu yang mengandung diri kita sembilan bulan, mengurus kita dengan susah payah dan penuh keikhlasan, sampai akhirnya mendidik kita dan terus memberikan perhatian tulusnya bagi kita sampai saat ini.

Maka, pesan dari bunda Neno sebenarnya sangat sederhana. Siapapun kita, sebesar apapun tekad kita dalam mencapai sukses, sebenarnya kunci sukses mendapatkan hidup yang berkah dan bahagia di dunia dan akhirat adalah dengan memuliakan ibu kita.

Sudahkah hari ini kita mengucapkan terima kasih kepada orang tua kita atas banyak kebaikannya? Sudahkah hari ini kita mendoakannya dengan tulus dan sepenuh hati? Sudahkah hari ini kita membuatnya tersenyum bahagia?

Jika orang tua kita sedang marah, jadikanlah itu sebagai lagu indah yang mengalun begitu indah karena di setiap katanya terdapat cinta dan kasih sayang yang ditujukan untuk kita. Jika orang tua kita sedang kesal atau jutek, justru itu adalah suatu penanda betapa luar biasa beratnya amanah menjadi seorang ibu dan merupakan kesempatan bagi kita untuk bisa membantunya. Sebelum kita kehilangan orang tua kita seluruhnya, mengapa tidak memanfaatkan waktu kita dengan orang tua dnegan lebih baik?

Sungguh kunci sukses menjadi pengusaha muda itu sederhana kok, muliakan orang tua, terutama ibu maka insyAllah kitapun akan mendapatkan kehidupan yang mulia. Bukankah ridha Allah itu, terletak juga di ridha orang tua?

Sesungguhnya di dalam Setiap Harta Kita Terdapat Hak Orang Lain

Ini mungkin yang sering dilupakan oleh banyak pengusaha muda yang sedang asyik-asyiknya dan lagi semangat-semangatnya untuk mengembangkan usaha. Saat mendapatkan keuntungan, rezeki, pesan Bunda Neno adalah sadari sesungguhnya di harta atau rezeki yang kita dapatkan juga terdapat hak orang lain.

Hal ini sekaligus menjawab pertanyaan, kenapa justru mereka yang suka berbagi dan memberi semakin kaya dan berlimpah. Hal itu karena harta mereka bersih dan berkah. Bersedekah, memberikan santunan, zakat, adalah sarana-sarana yang bisa digunakan untuk membersihkan harta kita.

Maka, cucilah selalu apa yang kita dapatkan, karena di sana ada hak untuk orang yang juga membutuhkan. Jadilah pengusaha muda yang senantiasa memberikan manfaat bagi sekitarnya agar dapat menjadi rahmat bagi semesta alam.

Dalam Setiap Kejujuran Terdapat Keberkahan

Sudah bukan zamannya lagi saat ini kita membangun usaha atas dasar kebohongan atau ketidakjujuran. Katakanlah apa adanya tentang barang yang kita jual. Hindari kecurangan-kecurangan hanya untuk mengambil nikmat sesaat. Karena sesungguhnya kunci untuk membangun bisnis yang tahan lama adalah dengan menjadi soerang yang jujur dan dapat dipercaya.

Inilah yang sebenarnya juga diajarkan oleh Nabi Muhammad saw dalam berwirausaha. Beliau menjadi seorang pedagang yang sukses dan kaya raya karena sebutannya yang dikenal sebagai Al-Amin, orang yang dapat dipercaya karena terkenal kejujurannya. Akibatnya, orang pun akan menaruh trust atau kepercayaan yang tinggi dan tidak sungkan untuk memesan dan memesan lagi dari kita.

Begitu pula dengan saat ini. Tidak ada bedanya sama sekali, apalagi di era kompetisi global yang sangat ketat ini. Kejujuran, integritas, dan karakter justru menjadi tuntutan utama dalam pengembangan bisnis.

Maka, bersikaplah dan katakanlah apa adanya. Sesungguhnya walaupun terkadang terasa pahit, di setiap butir kejujuran yang dilakukan dapat membawa manfaat dan keberkahan dalam hidup dari arah yang tidak diduga-duga.

Sekali lagi terima kasih Bunda Neno atas sharing nya yang sangat luar biasa. Semoga tulisan ini mampu membantu untuk menyebarkan nilai-nilai dengan lebih mudah lagi. Semoga catatan ini bermanfaat ya.. 🙂

Ingin berkomunikasi lebih lanjut? Follow @ArryRahmawan

 

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan Destyanto

Arry Rahmawan adalah seorang yang memiliki cita - cita sebagai guru bagi pemimpin masa depan Indonesia. Saat ini berkarya sebagai dosen di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia yang sedang melaksanakan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda.

Selain beraktivitas sebagai pengajar tetap di UI dan peneliti di TU Delft, Arry juga mengisi hari-harinya dengan menjadi narasumber di berbagai instansi pemerintah, BUMN, swasta, lembaga pendidikan, serta lembaga non-profit terkait seputar pengembangan diri dan tulisan - tulisan yang ada di blog ini.

Untuk menghubunginya, silakan kontak melalui direct message LinkedIn atau Instagram

Tinggalkan Komentar