Uncategorized

4 Little Things to Grow Yourself

BARANGSIAPA dari mereka yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka itulah orang yang beruntung. Sementara barangsiapa yang hari ini hidupnya lebih baik atau sama dengan hari kemarin, maka itulah orang-orang yang merugi. Kita sudah sangat familiar dengan hal tersebut, bukan? Setuju dengan pernyataan tersebut?

Setiap saya bertanya pada sahabat, semua setuju dengan pernyataan itu. Ya, memang jika kita ingin menjadi orang yang beruntung kita harus menjadi orang yang senantiasa lebih baik. Berikut akan saya bocorkan 3 hal kecil yang bisa Anda lakukan untuk terus dan selalu mengembangkan diri Anda.

PLAN Your Development

Apa dari diri kita yang ingin dikembangkan? Jika sudah menemukannya, maka buatlah perencanaan untuk mengembangkan hal tersebut. Sebagai contoh, saya merencanakan untuk mengembangkan kapasitas public speaking dan kemampuan menulis saya. Maka salah satu caranya adalah saya merencanakan untuk menuliskan artikel setiap hari di blog kesayangan saya ini. Banyak dari mereka yang gagal dan menjadi tidak berkembang dalam hidupnya karena memang mereka tidak memiliki rencana kemajuan diri mereka sendiri.

GAIN Knowledge and Skills

Setelah memiliki perencanaan yang jelas, segeralah melakukan ACTION untuk meraih wawasan dan keterampilan yang diperlukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara belajar, mengikuti seminar, mengikuti pelatihan, sekolah/kuliah, dan lain sebagainya. Knowledge and Skills adalah dasar yang diperlukan untuk membentuk expertise (keahlian Anda). Anda bisa membaca artikel saya yang membahas tentang expertise di Mengenal Kaidah 10.000 jam.

TRACK Your Progress

Wawasan dan ketrampilan yang Anda miliki akan menjadi tidak berguna apabila tidak diaplikasikan secara kreatif dalam pengembangan hidup Anda. Jadi, buatlah evaluasi dan selalu melakukan tracking untuk mengetahui seberapa besar progress Anda. Untuk itu Anda harus bisa memetakan posisi Anda di masa sekarang dengan kondisi ideal di masa yang akan datang. Seberapa jauhkah gap nya? Kemudian selalu evaluasi dan pastikan bahwa gap itu semakin lama semakin menipis. Anda bisa melakukan evaluasi setiap pekan, bulan, atau per 3 bulan.

LEARN From Failure

Satu hal yang saya percaya adalah bahwa kegagalan itu sebenarnya merupakan ‘satu paket’ dari kesuksesan. Tidak selamanya proses pengembangan diri yang ingin Anda lakukan itu belajar sempurna tanpa adanya kesalahan, kegagalan, atau rintangan. Namun seperti banyak orang sukses luar biasa yang membocorkan rahasianya, sebenarnya antara kegagalan dan sukses itu menjadi satu. Dengan kegagalanlah kita menjadi belajar banyak bagaimana agar tidak mengulangi kesalahan itu dan menjadi lebih kreatif untuk mengeluarkan strategi yang lainnya.

Oke, itu saja 4 hal yang bisa Anda jadikan sebagai metode bagaimana untuk mengembangkan diri Anda. Jika dilakukan secara konsisten, insyaAllah Anda akan mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam hidup Anda. Bidang apapun itu.

Hal apa yang biasa Anda lakukan untuk mengembangkan diri Anda? Silakan berbagi dengan saya serta pembaca setia blog ini melalui kotak komentar di bawah. 😉

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Silakan Follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen kewirausahaan teknologi di Departemen Teknik Industri Universitas Indonesia yang saat ini sedang melakukan tugas belajar di Technische Universiteit Delft, Belanda. Arry memiliki semangat dan passion dalam menulis, khususnya melalui media blog. Tulisan - tulisan di blognya ssat ini mayoritas membahas tentang kehidupan seputar akademik di perguruan tinggi, pengembangan diri, serta entrepreneurship.

Pada tahun 2013, buku Studentpreneur Guidebook yang ditulisnya menjadi national best seller dan rujukan pengajaran kewirausaahaan untuk pelajar serta mahasiswa di Indonesia. Sejak tahun 2013, Arry juga aktif membantu Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Indonesia untuk menyeleksi dan membina para entrepreneur terbaik dari sivitas akademik UI. Dalam 10 tahun terakhir, Arry juga dipercaya untuk memberikan pelatihan, pendampingan, dan jasa konsultasi bagi kementerian, BUMN, korporasi, serta yayasan yang ingin menumbuhkan kewirausahaan dalam organisasi (corporate entrepreneurship / intrapreneurship) atau melakukan inovasi bisnis untuk bisa terus bertumbuh di era disruptif seperti saat ini.

Untuk terus mengembangkan minat keilmuannya di bidang kewirausahaan, Arry belajar dari para pakar kewirausahaan Eropa melalui Delft Centre for Entrepreneurship di Technische Universiteit Delft, Belanda sejak tahun 2019.

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!