Uncategorized

5 Hal yang Menjadikan Tulisan Blog Lebih Menarik

MENJADIKAN tulisan di blog lebih menarik tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita bisa belajar dari berbagai macam media tentang bagaimana membuat content itu lebih menarik. Entah itu dari buku, media cetak, ataupun media elektronik. Walaupun memang untuk menulis di blog itu memiliki seni tersendiri dan akan berbeda dengan bagaimana kita menulis dalam konteks yang lain.

Saya kepikiran tentang media cetak dan online yang seringkali mampu ‘mencuri’ perhatian pembacanya. Kita bisa menjadikan tulisan di blog kita lebih menarik melalui beberapa prinsip penulisan jurnalistik di media massa. Apa sajakah 5 hal itu? Yuk kita baca lebih lanjut! ūüôā

1. Judul yang Membuat Penasaran

Tentu saja awal tulisan dibaca adalah orang akan melihat judulnya. Walaupun isi dari sebuah tulisan itu sebenarnya bagus, namun jika tidak didukung oleh judul yang baik bisa saja tulisan akan terlewati begitu saja. Berlaku sebaliknya, jika judul bagus dan bikin penasaran, tulisan yang jelek pun lebih besar peluangnya untuk dibaca. Beberapa tips untuk menulis judul adalah, menggunakan kata-kata yang membuat penasaran, kontroversial, sedang hangat dibahas saat ini, atau bisa juga terkait dengan langkah-langkah pemecahan masalah yang sering dialami pembaca. Saya suka judul-judul yang ada di Yahoo! News, nyaris semua berita menggugah orang untuk membacanya. Salah satunya: Kecelakaan, Rezky Aditya Luka Parah

2. Content yang Unik dan Satu-Satunya

Dalam menulis artikel di blog, jadilah pelopor. Dalam hal ini, ketika kita menentukan topik di blog, maka carilah apa yang memang benar-benar dikuasai. Blog bukanlah sekedar media untuk menampung artikel copas. Jika memang tidak berniat untuk menambah content yang baru dan unik, sebaiknya tunda dulu keinginan posting. Orang akan sangat tertarik pada tulisan-tulisan di blog yang memang baru, fresh,, dan juga satu-satunya.

3. Dikabarkan Lebih Cepat

Ingin membuat tulisan blog yang diminati para pembaca? Cobalah untuk melakukan posting yang sedang ingin diketahui oleh khalayak ramai, kemudian post secepatnya. Tulisan yang memang benar-benar ingin diketahui dan diposting secepatnya dapat mendongkrak suatu tulisan di blog untuk dibaca lebih banyak dan berpeluang besar nangkring di page one Google.

4. Ringkasan Awal yang Mewakili Semuanya

Jika tulisan di blog kamu dibreak atau diberikan sebuah script untuk di readmore, tuliskan ringkasan yang menarik pada bagian awalnya. Tujuannya adalah agar pembaca tertarik untuk membaca tulisannya secara utuh. Seperti misalkan saya pernah membaca sebuah berita di blog yang terpotong (bersambung). Di bagian judul ditulis bahwa timnas U-17 mengalami kemenangan gemilang atas Arab Saudi. Di bagian pembukaan dan ringkasan, tertulis lugas, Tim Garuda junior berhasil melakukan sesuatu yang mungkin tidak bisa dilakukan timnas senior, apakah itu? Jika kita jadi pembaca, apakah kita akan tertarik untuk membacanya lebih lengkap?

5. Singkat, Jelas, Padat, to The Point

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan orang hanya meluangkan waktu 3-5 menit untuk membaca sebuah artikel atau tulisan di blog secara rata-rata. Apa artinya? Orang hanya meluangkan sedikit waktu dan tidak sempat untuk membaca tulisan yang panjang-panjang. Maka buatlah artikel atau tulisan dengan singkat, jelas, dan lugas. Saya selalu teringat pesan mentor saya yang mengatakan bahwa orang yang jenius adalah mereka yang mampu menyederhanakan persoalan rumit. Menjabarkan apa yang susah dipahami dengan sangat mudah dan sederhana. Begitu pula dengan blogging.

Yap, demikian 5 cara bagaimana menjadikan tulisan di blog kita lebih menarik. Adakah cara dan tips-tips lain dari sahabat semua bagaimana agar tulisan di blog kita jadi lebih diminati pembaca? Silakan berbagi dengan menuliskannya di kotak komentar di bawah.

Ingin ngobrol lebih lanjut dengan saya? Silakan saja Follow @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen milenial di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, entrepreneurship, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber pengembangan diri di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!