High Performance Me

5 Kunci Kekuatan Bisnis Bagi Mahasiswa

Cobalah membuktikan pernyataan ini, “Bisnis itu jauh lebih mudah dibangun daripada dipertahankan dan dikembangkan.” Pernyataan itu saya dapat sekitar 3 tahunan yang lalu saat saya baru mulai dan ‘meraba-raba’ bisnis apa yang tepat untuk saya bangun. Ternyata memang benar, dari pengalaman saya, lebih mudah untuk membangun bisnis ketimbang mempertahankannya. Sebagai contoh ketika dulu saya pernah membuka usaha penjualan sticker, sampai akhirnya pasar menjadi jenuh dan tutup. Saya juga sempat membuka usaha desain website express yang sangat cepat dalam hitungan hari, kandas juga karena kehilangan spirit.

Pengalaman itu kemudian membuat saya banyak belajar. Sampai akhirnya saya bisa mempertahankan usaha saya di bidang pelatihan dan jasa konsultasi CerdasMulia Leadership and Training Center. Walaupun memang masih usaha kecil, tetapi sudah lumayan juga. Menurut saya ada 5 kunci kekuatan bisnis bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan usahanya. 5 kunci kekuatan bisnis ini adalah 5 pertanyaan yang sebaiknya bisa dijawab selama kita menjalankan bisnis. Apa sajakah 5 kunci kekuatan bisnis ini? Yuk baca lagi lebih lanjut!

What’s Your Reason?

Dalam setiap sesi pelatihan kewirausahaan, seringkali saya bertanya apa yang menyebabkan seseorang memilih jalan jadi pengusaha? Kebanyakan menjawab, “ingin membuka lapangan pekerjaan”. Apakah memang hanya ingin membuka lapangan pekerjaan, atau ada visi lain yang lebih luas? Kalau saya boleh saran, pilih sebuah alasan yang memang benar-benar kuat dan seandainya alasan itu tidak dipenuhi maka hidup Anda akan celaka. Serius, ini namanya power of kepepet.

Beberapa alasan lain yang lebih kuat yang saya temui dari orang sukses adalah karena mereka memiliki alasan spiritual yang tinggi. Kalau boleh saran lagi, sebagai mahasiswa coba cari alasan yang relevan dengan dunia kemahasiswaan. Entah untuk membayar kuliah sendiri, untuk bersedekah dengan pengamen dan anak yatim di kantin-kantin kampus, dan lainnya. Explore your reason. Jangan sampai kita menjawab, “gue ga tau untuk apa gue berbisnis.”

What’s Your Value Proposition?

Setelah kita memiliki alasan yang kuat, sekarang saatnya kita memikirkan ‘nilai’ apa yang bisa kita tukarkan dengan uang dan keuntungan. Pertanyaan wajib untuk nilai/produk/jasa yang kita tawarkan sebenarnya sederhana saja: apakah memang apa yang kita tawarkan itu bermanfaat, mampu memecahkan masalah, dan menghindarkan orang dari ketakutan? Find your hot stuff! Pastikan apa yang kita berikan memiliki nilai tambah, berbeda dari yang lainnya, baru ada pertama kalinya, dan terbaik di kelasnya (solve problems, first, different, best).

Is the Business Fit to You?

Apakah bisnis yang akan Anda pilih itu cocok untuk Anda? Khususnya bagi yang masih mahasiswa, di tengah tugas dan ujian menumpuk, kalau bisa bisnis dijadikan ajang untuk ‘bersenang-senang’. Caranya? Cari yang memang sesuai dengan apa minat kita. Cari yang sesuai passion, keterampilan yang kita punya, serta wawasan yang kita kuasai. Banyak orang bilang pebisnis tidak perlu tahu detil karena semua dikerjakan karyawan. Hei, bisnis yang dibangun dari nol adalah mempekerjakan diri sendiri, bukan? Kalau memang kita ga sreg dengan bidang komputer, kenapa harus membuka bisnis di bidang komputer? Kalau kita suka bidang masak, dengan sedikit kreativitas kita bisa membuka berbagai outlet makanan-makanan enak. Berawal karena kita suka makan. ^^

Who is Your Customer?

Siapa target konsumen yang akan kita layani? Saat ini zaman sudah terlalu dinamis dan kita tidak dapat menyatakan bahwa setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama. Secara singkat kita bisa mengatakan bahwa kita tidak bisa memenuhi keinginan semua orang. Maka, jalan paling bijaksana adalah dengan memilih segmen pelanggan tertentu dan membiarkan segmen sisanya diurus oleh yang lain. Untuk memandu Anda menentukan target pelanggan, silakan baca Menentukan Segmen Pasar pada Business Model Canvas.

Have You Tried to Build Broader Networking?

Ternyata, memang benar networking itu menjadi salah satu kunci pengembangan bisnis yang paling oke. Walaupun kadang semakin luas koneksi yang kita punya semakin memperlemah hubungan dengan koneksi lain, tetapi semakin luas silaturahim kita, akan semakin banyak hal yang kita dapatkan. Sudahkah kita mencoba untuk memperluas silaturahim kita? Jika belum, khusus untuk Anda yang masih mahasiswa, saya sarankan bergabung ke Komunitas TDA Kampus, atau Komunitas TDA bagi yang non-mahasiswa.

Kelima pertanyaan tadi bisa Anda coba untuk ditanyakan kepada diri sendiri seandainya memang usaha kita sudah jenuh atau stuck. Apakah kita memiliki alasan yang kuat? Apakah kita memang memberikan produk terbaik? Apakah memang bisnis ini cocok untuk diri kita secara personal? Apakah memang target pasar sudah jelas? Dan apakah kita sudah membangun persaudaraan dan silaturahim dengan luas?

Kelima kunci di atas itulah yang menurut saya juga membedakan seorang pengusaha dan pedagang biasa. Kelima jawaban dari pertanyaan di atas, dapat membantu kita untuk selalu berinovasi dan mengembangkan usaha kita. Jika belum nemu jawabannya, cobalah merenung sejanak dan mencari jawabannya dalam ketenangan. Hehe..

Bagaimana menurut Anda? Apakah ada kunci kekuatan lainnya?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!