Life Skills

5 Prinsip Meningkatkan Keterampilan Public Speaking

Written by Arry Rahmawan

Menjadi trainer dalam 4 tahun terakhir menuntut diri saya secara pribadi untuk terus mempelajari berbagai materi terkait salah satu keahlian yang diperlukan: public speaking. Semua orang sebenarnya bisa untuk berbicara di depan umum. Hanya saja, akan selalu ada mereka yang bisa berbicara dengan menarik namun ada juga yang saat berbicara di depan umum akan sangat membosankan.

Saya belajar dari berbagai macam seminar dan forum-forum pelatihan bagaimana cara terbaik untuk bisa berbicara di depan umum. Jika saat ini profesi Anda membutuhkan keahlian berbicara di depan umum di atas rata-rata, berikut adalah 5 prinsip yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan keterampilan public speaking Anda.

Mengurangi Suara-Suara Jeda. Saya belajar bagaimana para public speaker yang efektif akan selalu mengurangi suara jeda mereka seperti yang biasa dilakukan oleh banyak orang saat kehabisan kata-kata, “Hmmm… Uhh…. Engg….” dan lain sebagainya. Suara-suara jeda ini, jika bisa sebaiknya diganti dengan jeda hening, daripada membuat suara-suara tersebut. Berbicara dengan lebih perlahan juga bisa membuat cara menyampaikan informasi lebih rileks.

Pehatikan Intonasi Suara. Dalam public speaking, intonasi suara memegang peranan yang sangat penting untuk bisa mengetahui intensitas pentingnya materi atau hal yang akan kita bawakan. Intonasi suara yang datar akan membuat penonton menjadi jenuh karena merasa bahwa materi yang disampaikan tidak ada yang penting sama sekali.

Pertahankan Kontak Mata  Seperti yang sudah sedikit saya singgung dalam artikel tentang seni kontak mata, saat kita berbicara di depan umum pun kontak menjadi sebuah cara untuk meningkatkan kedekatan antara pembicara dengan audience. Kita bisa merasakan saat kita dulu duduk di bangku sekolah, beberapa dari kita bisa jadi tersanjung saat guru memberikan kontak mata yang lebih banyak kepada kita. Ya, dalam public speaking kontak mata dapat menciptakan intimacy. Pastikan semua audience mendapatkan kontak mata Anda secara konsisten.

Menggunakan Ekspresi dan Bahasa Tubuh. Jika ingin mengetahui presentasi yang paling membosankan adalah pada saat presenter berdiri tegak dengan tangan di samping kanan-kiri tanpa adanya ekspresi sama sekali. Gerakkan badan Anda untuk menguatkan apa yang Anda sampaikan. Jika memiliki ruang lebih untuk bergerak, manfaatkan juga sebagai ruang gerak Anda dengan sedikit berjalan atau berpindah-pindah tempat. Jika memerlukan mimik wajah dan peragaan tangan yang unik untuk menekankan apa yang Anda sampaikan, itu jauh lebih baik. Dengan begitu, orang akan menerima informasi bukan hanya dari suara Anda saja, tetapi juga dari gerak-gerik tubuh Anda.

Berlatih Hingga Mantap. Jika Anda memiliki idola dalam bidang public speaking, dan mempelajari bagaimana cara mereka membawakan materi di depan umum maka Anda akan menyadari bahwa 90% dari mereka berlatih dengan keras mengulang-ulang apa yang akan diucapkan nantinya. Bahkan diatur pula timing nya agar materi yang disampaikan bisa lebih pas. Sama juga dengan kita. Apabila kita sudah memiliki materi untuk disampaikan, tidak ada salahnya untuk berlatih membawakannya sambil melakukan visualisasi bahwa materi yang Anda bawakan sukses besar dan mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton.

Yap, itulah 5 prinsip meningkatkan keterampilan public speaking. Semoga bisa membantu Anda untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilan Anda sebagai seorang pembicara publik. Apakah Anda memiliki tips-tips berbicara di depan umum lainnya? Silakan saja di share melalui kotak komentar di bawah.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

2 Comments

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!