Keilmuan

5 Teknik Offline Marketing agar Bisnis Cepat Dikenal Orang

Saat ini Anda sudah memiliki sebuah produk yang bagus, bernilai tambah, dibutuhkan orang, serta orang ingin membeli produk Anda tersebut. Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya?

Sebagai pelaku usaha baru atau di ranah usaha kecil dan menengah, dengan budget yang cukup terbatas umumnya tidak ada alokasi khusus dan besar untuk bagian pemasaran. Sementara teknik pemasaran yang paling sering digunakan karena identik dengan kemudahan dan kemurahannya adalah dengan online marketing, yang umumnya menggunakan internet.

Tetapi apakah hanya online saja sementara offline tidak bisa dilakukan karena mahal? Belum tentu. Banyak orang berpikir bahwa offline marketing identik dengan memasang iklan di papan reklame, memasang iklan di TV atau media massa yang biayanya cukup fantastis.

Berikut ini akan saya bocorkan 5 teknik offline marketing agar bisnis cepat dikenal orang dengan biaya yang terjangkau – bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

Networking

Offline Marketing untuk pelaku usaha kecil-menengah bisa dimulai dengan memperbanyak jaringan menjadi lebih luas. Mengikuti beberapa komunitas bisnis bisa menjadi pilihan karena berpeluang mempertemukan kita dengan orang yang kelak bisa berpartner untuk mempromosikan produk-produk kita. Misalnya saya awal bisnis bergabung dengan Komunitas TDA Kampus, di mana komunitas ini sangat membantu untuk menyebarkan produk kita dari mulut ke mulut. Komunitas ini juga membantu kita untuk melakukan promosi bisnis, misalnya saja dengan Direktori Member TDA Kampusnya, dan program #UrDay nya di Twitter setiap rabu di mana setiap orang boleh mempromosikan bisnis. Bisnis kita pun lebih cepat dikenal, karena setiap member suatu komunitas atau perkumpulan tertentu akan mengutamakan gerakan ‘saling beli’ di kalangan internal mereka masing-masing.

Buzzer Contact

Apa yang dimaksud dengan buzzer contact? Buzzer adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Maka dalam offline marketing ini kita mencoba untuk mengontak mereka, memberikan mereka sampel produk kita, dan meminta testimoni atau pendapat mereka. Beberapa kategori buzzer:

  • Selebriti TV dan Radio (aktor, musisi, penyiar, broadcaster, reporter)
  • Marekting Expert (mereka yang ahli dalam marketing)
  • Selebriti Social Media dan Blog (Facebook, Twitter, Youtube, dengan follower yang banyak dan berpengaruh)
  • Sesama business owners atau bisa juga pejabat pemerintah yang dikenal publik

Buzzer Contact ini lebih membutuhkan keberanian mental dibandingkan biaya. Banyak dari kita biasanya sudah takut duluan dengan orang-orang yang kita anggap ‘besar’. Namun ternyata jika kita tulus ingin menjalin pertemanan, maka buzzer contact bisa dilakukan dengan mudah.

Business Card

Buat Anda yang baru memiliki usaha jangan sungkan untuk segera membuat kartu nama atau business card. Business Card ini sangat penting dalam offline marketing, di mana secara tidak langsung juga mempromosikan siapa Anda dan apa bisnis yang Anda punya. Saya pernah punya pengalaman hanya berdasarkan dari pertukaran business card, terjadi percakapan yang menyenangkan seputar bisnis masing-masing dan terjadi sebuah kerjasama setelahnya. Buat desain yang profesional dan menarik agar menjadi nilai tambah Anda.

Mass Media Contact

Dulu untuk bisa beriklan atau memasang promosi di media massa walaupun cuma setengah halaman bisa memakan banyak sekali biaya, mulai dari jutaan hingga ratusan juta. Namun seiring perkembangan zaman dan bertumbuhnya media massa di Indonesia, justru sekarang merekalah yang berusaha untuk approach ke beberapa pelaku usaha agar bisa dijadikan berita. Maka peka-pekalah dengan media massa di sekitar kita, kalau perlu tawarkan bahwa diri kita siap untuk menuliskan artikel tentang bisnis, menuliskan berita, siap diwawancara, siap menjadi narasumber, dan sebagainya karena itu akan membantu promosi usaha kita dengan lebih masif dengan biaya terjangkau. Saya bahkan pernah menjadi narasumber di sebuah radio di Jakarta, gratis (bahkan dibayar), untuk menceritakan bisnis saya dan tips-tips bagaimana membangunnya.

Event

Membuat event yang meriah tidak perlu dengan biaya mahal, asalkan memang acaranya menarik. Sebagai contoh misalnya teman saya @yoraanastasha dengan bisnis Zaida Hejab nya seirngkali mengadakan berbagai event yang mendongkrak popularitas brand nya seperti misalkan mengadakan Hijab Photo Contest, mengadakan workshop hijab, dan sebagainya yang membuat orang menjadi aware terhadap Zaida ini. Nah, biayanya darimana? Jika acara kita nantinya bagus, tentu sponsor yang akan menawarkan diri untuk bisa menjadi bagian dari acara kita.

Yapm itulah 5 teknik offline marketing yang bisa Anda coba untuk membuat bisnis atau brand Anda lebih dikenal orang. Semoga bermanfaat!

Apakah Anda memiliki tips dan trik yang lain?

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

*Anda ingin request tips dan trik bisnis untuk memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi? Silakan tinggalkan komentar Anda. Temukan artikel berkualitas seputar tips pengembangan bisnis, karier dan pencapaian hidup di ArryRahmawan.net setiap harinya.Klik di sini untuk mendapat kiriman artikel langsung ke email Anda. Gratis!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen Kewirausahaan dan Manajemen Teknologi (Technology Entrepreneurship & Management) di Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia. Selain menjadi dosen, Arry juga merupakan trainer Business Model Canvas dan Business Model Innovation di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis, Universitas Indonesia. Arry juga aktif membagikan ilmu dan inspirasi di berbagai kampus, perusahaan, dan juga beberapa kementerian di Indonesia tentang inovasi dan kewirausahaan teknologi.

Apabila Anda berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!