Could create table version :No database selected 5 Tips Bagaimana Membuat Tulisan Anda Menghasilkan Uang | Arry Rahmawan
Uncategorized

5 Tips Bagaimana Membuat Tulisan Anda Menghasilkan Uang

Banyak orang tidak percaya bahwa kita bisa menghasilkan uang dengan tulisan-tulisan yang kita hasilkan. Selama ini, yang ada di benak banyak orang adalah aktivitas menulis hanya untuk orang yang berbakat atau memang hobi menulis. Itu pun sedikit dari mereka yang bisa kaya karena harus memastikan bahwa tulisan mereka diterbitkan menjadi sebuah buku dan mendapat predikat best seller.

Namun haruskah kita menerbitkan buku dulu baru kita bisa menghasilkan uang dari tulisan kita? Ternyata ada cara lain untuk membuat tulisan-tulisan yang Anda buat bisa menghasilkan uang untuk Anda. Saya pun awalnya tidak percaya bahwa menulis ternyata bisa menghasilkan uang yang cukup banyak dan menyumbang 20% dari pendapatan saya. Saya menamakan orang yang ingin menghasilkan uang dari tulisan mereka sebagai seorang writerpreneur. Berikut ini adalah 5 tips bagaimana membuat tulisan Anda menghasilkan uang.

Menulis di Media Massa, adalah salah satu cara paling sering dilakukan untuk membuat tulisan Anda mendatangkan uang untuk Anda. Anda bisa menembak rubrik opini atau suara mahasiswa di setiap media cetak tersebut. Atau jika Anda penulis fiksi, Anda bisa mencoba mengirimkan cerita-cerita Anda ke majalah-majalah yang ada. Sekali muat umumnya bisa mendapat honor Rp200.000 – Rp1.000.000. Lumayan kan?

Self Publishing, adalah teknik yang saya pakai sewaktu menerbitkan 3 naskah awal buku saya. Maksud self publishing adalah menerbitkan buku secara mandiri. Jadi, kita punya naskah, kita buat cover, layout, dan jilid sendiri, kemudian dijual. Waktu itu saya ingat untuk membuat satu eksemplar buku (buku 5 kunci siswa hebat) membutuhkan biaya Rp12.000 yang kemudian saya jual sebesar Rp40.000 dan setiap buku terjual saya mendapat keuntungan Rp28.000. Mantap! Terkesan repot? Tidak juga. Sekarang kamu bisa menggunakan jasa self publishing seperti nulisbuku, dapur buku, atau leutikaprio.

Membuat Tulisan Review, biasanya bisa berupa ulasan suatu produk atau juga resensi sebuah buku. Cocok banget nih buat kamu yang gemar membaca dan juga ingin menghasilkan uang lewat tulisan. Setelah kamu selesai membaca buku baru, cobalah untuk meresensi sebuah buku dan mengirimnya ke media cetak. Biasanya, kamu akan mendapatkan ‘bonus’ buku tambahan dari penerbit dan juga uang saku tambahan sebagai ucapan terima kasih! Asyik kan?

Membuat blog keren, biasanya digunakan oleh penulis yang memang rutin untuk terus-menerus menulis. Saya misalnya, hampir tidak percaya kalau berawal dari blog, kemudian diajak oleh sebuah penerbit besar untuk menulis buku dengan topik studentpreneur (tips-tips berbisnis sekaligus kuliah). Blog arryrahmawan.net ini juga alhamdulillah pernah memenangkan beberapa award blog yang juga mendapatkan penghasilan. Meneruskan poin ketiga, kamu juga bisa menjadikan blog kamu sebagai media ulasan produk atau buku terpercaya sehingga orang akan sangat terbantu untuk memilih produk yang sesuai dengan mereka.

Membuat Ebook Berkualitas, juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan pasif yang luar biasa. Caranya seperti ini, buat sebuah blog yang memberikan banyak manfaat untuk orang dalam memecahkan masalah. Tetapi batasi bahwa blog itu hanya memberikan tips-tips secara umum dan tidak menyangkut aspek teknis. Nah, cara-cara praktis dan detil untuk menuntaskan masalah itulah yang kemudian dijual terpisah di blog kamu dalam bentuk ebook. Harga ebook berkualitas itu bisa sangat mahal sekali tergantung dari isi dan cara memasarkannya. Rata-rata harga ebook yang berbayar berkisar Rp70.000 – Rp300.000.

Nah, mana kira-kira cara yang akan Anda pilih nantinya? Menulis bukan lagi sekedar hobi. Menulis bukan lagi hanya untuk dibaca sendiri. Saatnya dunia tahu akan tulisan Anda, dan di saat itu pula Anda bisa menjadi semakin kaya.

Ingin berkomunikasi dengan saya? Follow saja @ArryRahmawan

Salam,
Arry Rahmawan
Passionate Educator

Silakan temukan inspirasi lainnya dari saya melalui:

Free Online Course di YouTube : Channel Arry Rahmawan
Free Kultwit di : Twitter @ArryRahmawan
Free Inspirational Quotes : Instagram @ArryRahmawan
Free Inspirational Notes : Grup Facebook

Anda juga bisa mengikuti pelatihan hidup lebih produktif secara online dari saya dalam program ProductiveME! Academy Online secara GRATIS!

Opt In Image

Download Ebook SimplyProductive Gratis!

Saatnya MELIPATGANDAKAN Produktivitas Hidup dengan CEPAT dan MUDAH

Pelajari bagaimana saya dapat MELIPATGANDAKAN PRODUKTIVITAS hidup hanya dengan MELAKUKAN BEBERAPA HAL SEDERHANA. Cukup masukkan nama dan alamat email Anda untuk mendapatkan ebook nya. 100% gratis dan langsung download! Berminat? Masukkan Email Anda Sekarang!

100% Aman. Link Download akan Dikirim Via Email.

About the author

Arry Rahmawan

Arry Rahmawan adalah dosen milenial di Departemen Teknik Industri, Universitas Indonesia. Selain beraktivitas sebagai pengajar dan peneliti, Arry juga senang membagikan tips dan informasi seputar akademik, entrepreneurship, dan pengembangan diri melalui blog nya di arryrahmawan.net.

Arry berpengalaman sebagai narasumber pengembangan diri di berbagai macam instansi pemerintah, kementerian, BUMN, dan institusi pendidikan. Apabila berminat untuk mengundang Arry sebagai narasumber, dosen tamu, atau juri di institusi Anda, dengan sangat senang kami akan berusaha menyanggupinya. Silakan hubungi 0813 1844 2750 (Melinda) atau email ke arry.rahmawan(at)eng.ui.ac.id

Untuk informasi lebih lengkap, silakan klik halaman berikut ini.

4 Comments

Leave a Comment

Ingin Mempelajari Ilmu Pengembangan Diri Lebih Mendalam?
Join dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia!
Jadilah satu dari sedikit orang yang mendapatkan tips berkualitas untuk membuat hidup lebih bermakna, bertumbuh, dan berdampak
Saya Gabung!
*Klub Pengembangan Diri Indonesia adalah sebuah klub online di Facebook yang berisi berbagai arsip, artikel, serta training pengembangan diri online gratis!
Dapatkan ebook "SimplyProductive" untuk melipatgandakan produktivitas Anda
Saya Mau!

Ingin Hidup Anda Bertumbuh?

Segera bergabung dengan Klub Pengembangan Diri Indonesia untuk mendapatkan tips dan online course tentang bagaimana mewujudkan hidup yang lebih baik
Saya Mau!